Harga Kedelai Melonjak Tajam, Kemendag Perlu Turun Tangan

Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR RI meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk segera turun tangan dalam mengatasi perlonjakan harga kedelai. Diperlukan campur tangan Kemendag untuk menstabilkan harga kedelai demi memberi ketenangan kepada masyarakat ataupun perajin tahu dan tempe yang sudah mulai khawatir.

“Tugas Kementerian Perdagangan memang seperti itu. Tidak bisa membiarkan masyarakat bertarung sendiri,” jelas Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR RI pada Senin (14/2/2022).

Harga Kedelai Melonjak Tajam, Kemendag Perlu Turun Tangan. (*dok: Ralali.com)

Melansir data dari Chicago Board of Trade (CBOT),harga kedelai di minggu kedua Februari 2022 mencapai USD15,77 per bushels.Harga ini diprediksi akan terus melonjak hingga Mei dapat mencapai USD15,7 per bushels dan baru mulai menurun pada Juli sebesar USD15,74 per bushels.

Kenaikan ini disebabkan terjadinya fluktuasi harga internasional di beberapa negara produsen, seperti Amerika Serikat, Brazil, Argentina, dan China. Pada 2021 lalu harga kedelai dibanderol mulai dari Rp 9.000 – Rp 10.000 per kilogram, kini harga kacang kedelai sudah melonjak tajam hingga melebihi Rp 11.000 harga per kilogramnya.

Kenaikan harga kedelai yang terus terjadi, membuat sejumlah perajin tahu dan tempe terancam lakukan mogok produksi, terlebih perajin kecil terus berkurang. Rachmat Gobel menyampaikan bahwa fluktuasi harga dan kenaikan harga kedelai ini dapat berdampak pada lapangan kerja dan usaha.

“Di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini, semua pihak, khususnya pemerintah untuk bekerja lebih sungguh-sungguh agar kemiskinan tak terus naik,” ungkap Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR RI.

Ralali.com, B2B marketplace pertama dan terbesar di Indonesia telah memiliki 12 kategori produk, salah satunya adalah Agriculture & Food. Mulai dari bahan baku makanan dan minuman, berbagai bumbu dapur, sayur dan buah segar, hingga peralatan dan perlengkapan makanan serta alat pertanian juga tersedia dalam kategori Agriculture & Food di Ralali.com.

Ralali.com menyediakan beragam pilihan kacang kedelai berkualitas terbaik dari distributor ternama. Mulai dari kacang kedelai organik dan jenis kedelai lainnya dapat Anda temukan disini. Bagi para pelaku bisnis yang membutuhkan kacang kedelai dalam jumlah banyak, dapatkan penawaran harga grosir terbaik di Ralali.com. Tak hanya bahan baku, berbagai kebutuhan alat atau perlengkapan seperti alat pengupas kulit ari kedelai, mesin penggiling kacang kedelai, dan kebutuhan peralatan lainnya dapat Anda temukan di Ralali.com. Kunjungi Ralali.com sekarang juga!

Daftar Harga Kedelai Paling Populer di Ralali.com

  1. Keripik kulit tahu kedelai 200gr Rp 25.000
  2. Kacang Kedelai 1 kg Rp 39.000
  3. Kedelai Hitam Organik 1 Kg Rp 42.000
  4. Kecap manis kedelai hitam 350 ml Rp 42.500
  5. Kacang Kedelai (100 kg) Rp 3.400.000
  6. Getra MFS-100 Mesin Penggiling Kacang Kedelai untuk membuat susu kacang kedelai Rp 4.165.000
  7. Getra MFS-150 Mesin penggiling kacang kedelai untuk membuat susu kacang kedelai Rp 6.460.000
  8. Getra ET-YL9 Mesin pembuat susu kacang kedelai otomatis/mesin susu kacang kedelai Rp 16.150.000

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment