Kenapa Olahragawan Perlu Menggunakan Alat Ukur Detak Jantung ?

Image: gadgetsin.com

Kenapa Olahragawan Perlu Menggunakan Alat Ukur Detak Jantung atau Heart Rate Monitor  ? – Heart Rate Monitor atau HRM ialah sebuah alat pribadi yang berguna untuk memonitori detak jantung secara langsung ataupun secara real Time. Alat ini akan menampilkan jumlah detak jantung pengguna setiap menitnya secara langsung. Alat ini berbentuk seperti jam tangan olahraga yang dilengkapi dengan trap atau sabuk yang dipasangi sensor detak jantung. Tidak hanya menghitung detak jantung saja, namun ada pula HRM yang bisa menghitung jumlah kalori, menghitung jarak untuk berlari atau bersepeda, serta pengatur program latihan.

HRM digunakan biasanya oleh olahragawan atau atlet, tujuannya untuk mengetahui kondisi denyut jantung selama beraktivitas jasmani, apakah kita sudah masuk ke dalam zona latihan atau belum.

Mengapa penting mengetahui kondisi denyut jantung selama berolahraga?

Karena indikator utama apakah kita sudah mengeluarkan energi maksimal atau belum terletak pada laju denyut jantung. Semakin cepat denyut jantung kita selama satu menit, semakin tinggi kita mengeluarkan energi. Karena jantung harus berpacu berdenyut untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh selama berolahraga. Masalahnya, tubuh manusia memiliki ambang batas tertentu dalam mengeluarkan energi. Tergantung usia dan kebugaran jasmani, semua orang punya ambang batas “pengeluaran energi” yang aman. Bagaimana cara mengetahuinya? Antara lain dengan memonitor laju denyut jantung. Cara lama untuk mengetahui denyut ialah meraba denyut nadi untuk menghitung denyut jantung, cara tersebut benar-benar tidak praktis. HRM akan memunculkan laju denyut jantung anda secara real-time, sehingga anda tidak perlu lagi meraba nadi di leher untuk mengetahui laju denyut.

Kenapa olahragawan atau atlet harus memakai Heart Rate Monitor ?

Karena intensitas berolahraga untuk orang biasa, olahragawan dan atlet berbeda. Kalau untuk menjaga kebugaran jasmani, laju denyut harus dijaga pada laju 60% – 80% Denyut Nadi Maksimal (DNM). Sedangkan untuk atlet, zona latihan yang disarankan adalah di atas 85% DNM, namun bisa berbeda juga tergantung pada jenis olahraganya. Pada olahraga Pencak Silat yang sifatnya anaerobik dan mengutamakan daya ledak dan kecepatan, DNM yang disarankan ialah 90%.

Untuk melihat berbagai alat ukur detak jantung dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual alat ukur detak jantung dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ayo Saling Membantu

Heart Rate MonitorMenggunakan Alat Ukur Detak Jantung
Comments (0)
Add Comment