Jajanan Pasar Kekinian untuk Anda dan 7 Resep Jajanan Pasar Seribuan!

0

Pada era saat ini, perkembangan sosial media mengalami pertumbuhan pesat. Perkembangan itu ditandai dengan hadirnya aplikasi yang mengundang banyak orang di dalamnya, dan membawa suatu hal sampai viral. Itulah mengapa Anda saat ini mudah sekali untuk mendapatkan referensi, dalam hal apapun itu, termasuk mengenai makanan. Para content creator di reels Instagram ataupun For Your Page (FYP) Tiktok sering menyajikan konten makanan, salah satunya jajanan pasar kekinian, di masing-masing daerah di Indonesia hingga boom! Konten mereka viral dan banyak referensi jajanan pasar kekinian yang muncul. Dapat disebut juga, mereka telah mempromosikan UMKM, dengan macam macam jajanan pasar. 

Sangat sulit untuk menyebutkan jajanan kekinian untuk jualan dari para pedagang. Itu terjadi karena makanan yang dikontenkan sangat banyak dan bermacam-macam jenisnya. Saat ini, segala jajanan pasar kekinian seiring waktu digandrungi masyarakat karena konten sosial media tadi. Efeknya sangat cepat, karena viewer konten tadi pun memang banyak sehingga menyebabkan UMKM menjadi terbantu. 

Mengapa Macam Macam Jajanan Pasar ini Menjadi Penting?

Bila berbicara mengenai pentingnya, jelas bahwa dengan adanya macam macam jajanan pasar, telah menunjukkan bahwa kuliner Indonesia beragam dan punya keunikan tersendiri. Yang kedua, kita harus paham bahwa macam macam jajanan pasar ini dapat menjadi suatu jajanan kekinian untuk jualan, dalam arti sebagai ide bisnis Anda dalam berjualan sendiri dan membangun produk UMKM yang baru. Apa efek kedepannya? Jelas sekali, ekonomi mikro Indonesia akan tumbuh dengan banyaknya jajanan pasar kekinian, terlebih jajanan pasar ini diperkontenkan istilahnya sehingga akan banyak membantu UMKM. Salah satu outputnya, masyarakat akan lebih menghargai kuliner Indonesia, dan melawan arus westernisasi dengan hadirnya macam macam jajanan pasar ini.

Apa Awal Mula Jajanan Pasar Kekinian ini? Dan Bagaimana Asal Usulnya?

Jajanan pasar memang tidak pernah ada matinya di Indonesia. Seiring perkembangan jaman, banyak jajanan pasar tradisional yang kini mengalami inovasi sehingga menjadi kekinian dan digemari lagi oleh masyarakat. Keberadaan jajanan pasar di Indonesia sendiri tidak lepas dari sejarahnya. Dahulu pasar merupakan pusat perdagangan dan aktivitas masyarakat. Berbagai penjaja makanan dan minuman bermunculan di sekitar pasar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung pasar. Itulah awal mula terbentuknya ragam jajanan pasar di tanah air.

Macam macam jajanan pasar yang kini mengalami reinventasi dan kembali populer antara lain tahu bulat, bakpao, siomay, batagor, cilok, cireng, gehu, comro, pukis, lumpia, bakwan, nagasari, putu ayu, roti maryam, dan masih banyak lagi. Cara penyajian dan varian rasanya dibuat lebih kekinian agar menarik generasi muda. Selain rasanya yang tak lekang oleh jaman, kreativitas para penjual jajanan pasar dalam mengemas produknya juga makin aestethic dan instagramable. Mereka juga rajin mempromosikan dagangannya lewat social media agar makin dikenal banyak orang. 

Dengan inovasi jajanan pasar ini, banyak UMKM yang mendapatkan peluang usaha. Jajanan pasar kekinian kini tak hanya populer di pasar saja, tapi juga dijajakan di cafe dan resto hits. Ini membuka peluang bisnis dan usaha baru yang menjanjikan untuk Anda. Maka dari itu beberapa resep jajanan kekinian untuk jualan Anda akan kami berikan, sebagai pertimbangan, ataupun untuk nantinya dapat dilakukan sebagai peluang bisnis baru Anda!

7 Resep Jajanan Pasar Kekinian untuk Jualan

Bila berbicara mengenai ide jajanan kekinian, zaman sekarang banyak orang yang menyepelekan uang seribuan karena nilainya yang terbilang kecil. Jangankan belanja, Bayar parkir-pun tidak cukup, tapi jangan salah, uang seribu mu masih bisa dibelanjakan beberapa jajanan pasar loh! 

Nah, sebagai salah satu informasi utama, kami akan menyajikan jajanan kekinian untuk jualan yang bisa jadi referensi Anda, baik untuk Anda beli nantinya sehingga ini menjadi informasi yang bermanfaat, ataupun menjadi tips atau resep bagi Anda yang ingin mulai berjualan. Sekali lagi ditegaskan, jajanan pasar seribuan seperti ini bahkan bukan cuma ramah dikantong, tapi juga bisa menjadi ide bisnis yang bikin pundi pundi penghasilan kamu meningkat. Yuk, intip 7 resep jajanan pasar seribuan yang mudah dan anti gagal!

1. Es Krim Biskuit

jajanan pasar kekinian
Source: Youtube

Biskuit bukan cuma menjadi makanan ringan pengganjal lapar, tapi juga asyik menjadi paduan untuk minuman kekinian, hingga topping untuk ice cream. Untuk membuat dessert ini kamu hanya membutuhkan modal puluhan ribu rupiah dan menjualnya dengan harga murah. Berikut adalah persiapan membuat es krim biskuit. 

Bahan membuat Es Krim Biskuit

  • 10 bungkus Biskuit ukuran single
  • 2 sachet Susu kental manis
  • 700 ml Air dingin
  • 150 gr Gula pasir (kadar manis bisa disesuaikan sendiri)
  • 10 Stik Es krim

Cara membuat Es Krim Biskuit

1. Cairkan susu kental manis terlebih dahulu, lalu kemudian campurkan dengan air dingin, kemudian aduk rata. Sesuaikan rasanya. Jika suka manis bisa ditambahkan gula. Lalu sisihkan.

2. Remuk biskuit, gunting ujung kemasan untuk memasukan stik es krim.

3. Terakhir masukan larutan susu ke dalam kemasan biskuit dan masukkan ke freezer selama minimal 5 jam.

4. Es krim biskuit siap dinikmati.

2. Es Lilin

Kangen nggak sih sama makanan masa kecil? Jajanan seribuan yang suka dijual di depan sekolah, dan selalu jadi teman di kala panas. Meskipun terbilang sudah menjadi makanan zaman old, es lilin selalu menjadi jajanan pasar kekinian yang laku di mana pun dan punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Cara buatnya juga mudah, kayak yang di bawah ini

Bahan Membuat Es Lilin

  • 1 sachet Susu kental manis
  • 650 ml Air
  • 1 sdt Tepung maizena 
  • 85 gr Gula putih
  • 1 sachet Pop ice dengan rasa favorit

Cara Membuat Es Lilin

  1. Masukan bahan-bahan seperti tepung maizena, gula, air, dan pop ice dalam satu wadah yang sama. 
  2. Masak hingga mendidih, lalu angkat.
  3. Campurkan susu ke dalam cairan yang sudah disisihkan sebelumnya, aduk rata, dan tunggu hingga dingin.
  4. Setelah campuran sudah dingin, masukkan ke dalam plastik es lilin, jangan sampai penuh agar bisa diikat tanpa karet.
  5. Bila sudah selesai semua masukkan dalam freezer dan tunggu hingga keras.

3. Kue Manja

jajanan pasar kekinian
Source: Pinterest

Makanan ringan yang merupakan salah satu jajanan pasar kekinian di Indonesia saat ini mempunyai daerah asalnya. Kue Manja jika ditelisik sejarahnya merupakan kue khas Selandia Baru, yang biasanya selalu dijadikan makanan penutup dengan cita rasa manis dan gurih yang bersatu di mulut. Penasaran rasanya seperti apa? Nggak perlu jauh-jauh karena sekarang kamu bisa jadikan ini sebagai jajanan kekinian untuk jualan dengan membuatnya sendiri di rumah.

Bahan Membuat Kue Manja Kekinian

  • 150 gr Terigu serbaguna
  • 2 sdm Gula pasir
  • 1 butir Telur
  • 1 sdt Baking powder
  • 1 sdt Baking soda
  • Sejumput garam
  • 1 sachet Susu kental manis
  • 250 ml Air matang
  • Pewarna makanan (optional)
  • Topping sesuai selera (bisa meses atau parutan keju)

Cara Membuat Kue Manja

  1. Ayak terigu baking soda, baking powder dan susu bubuk.
  2. Di mangkuk lain kocok telur sampai berbusa dan tambahkan air 250ml.
  3. Masukan telur ke adonan tepung lalu tambah gula pasir aduk rata. Tutup adonan dengan lap bersih selama 10 menit.
  4. Panaskan teflon dengan api sedang.  
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian lalu beri pewarna makanan.  
  6. Dadar adonan pakai sendok makan sampai matang dan bersarang menggunakan teflon anti lengket. 
  7. Angkat kue yg sudah matang menggunakan spatula, lalu beri susu kental manis putih sedikit saja lalu berikan topping, kemudian cubit bagian atasnya selagi hangat.  
  8. Kue manja siap disajikan.

4. Kue Lekker

leker
Pinterest

Kue legendaris generasi 90-an yang bisa dibeli dengan koin 500 rupiah atau gopek saja istilahnya. Mungkin dari ber macam macam jajanan pasar, kue lekker menjadi salah satu yang terus bertahan dan mudah ditemui di mana saja. Anda dapat menemukannya di stasiun, pinggir jalan, bahkan di sekolah-sekolahan anak-anak. Wajar jika banyak kalangan masyarakat suka dengan kue ini karena rasanya memang enak makanya jadi salah satu jajanan pasar kekinian sampai sekarang ini! 

Cemilan ringan ini punya rasa manis yang eksistensinya nggak tergeserkan sampai hari ini. Bedanya, di era modern saat ini, makanan dari tepung terigu ini sudah dipadukan dengan aneka topping yang bikin tampilan maupun rasanya makin menarik. Meski sudah terdapat inovasinya, tetap saja kue lekker dapat Anda buat sebagai jajanan kekinian untuk jualan.

Bahan Membuat Kue Lekker

  • 8 sdm Tepung beras
  • 4 sdm Tepung maezena
  • 3 sdm Tepung terigu
  • 2 sachet Kopi instant @20gr (hanya 1 sachet)
  • 4 sdm Gula halus
  • 1 butir Telur
  • 150 ml Air
  • Topping, yaitu Pisang, Meises, Keju, Selai stroberi, dengan susu kental manis

Cara Membuat lekker

  1. Campur semua bahan kering, tambahkan telur lalu aduk rata menggunakan whisk.
  2. Tambahkan air lalu aduk terus sampai adonan tercampur rata dan menjadi halus.
  3. Panaskan teflon, setelah panas kecilkan api lalu tuang satu sendok adonan di tengah teflon lalu putar-putar agar adonan menyebar (lakukan dengan cepat), dan adonan lebih baik tipis.
  4. Setelah adonan berwarna agak kecoklatan, beri toping sesuka hati, lalu lipat jadi dua (sesuaikan dengan besarnya teflon, jika teflon besar bisa dibagi menjadi 3 bagian).
  5. Angkat dan sajikan.

5. Pisang Cokelat

jajanan pasar kekinian
source: cookpad

Perpaduan manisnya pisang dan cokelat paling nggak bisa ditolak. Dari macam macam jajanan pasar, yang satu inilah yang cocok jadi cemilan sore maupun ide kuliner yang akan disukai banyak kalangan. Mudah dibuat dan harganya sangat terjangkau. Biar makin afdol cari tahu resepnya di bawah sini!

Bahan untuk Membuat Pisang Cokelat

  • 5 buah Pisang kapok kuning
  • 5 buah Kulit lumpia
  • 1/2 sachet Susu kental manis cokelat
  • Meses sebagai topping
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Pisang Cokelat

  1. Pertama kupas pisang, lalu ambil satu kulit lumpia terus taruh pisang diatas lumpia lalu tuangkan susu cokelat secukupnya,kemudian digulung-gulung samping kulitnya dilipat biar ga lepas. Lakukan cara ini sampai kulit lumpia abis.
  2. Siapkan minyak goreng di wajan dan tunggu hingga panas, kemudian goreng kulit lumpia yang sudah diisi pisang hingga berwarna kuning kecoklatan.  
  3. Setelah matang, tiriskan. Letakkan di atas wadah dan jangan lupa di bagian atasnya beri susu cokelat dan taburi meses sesuai selera (boleh tambahkan keju)  
  4. Pisang cokelat siap disajikan.

6. Kue Putu

Teksturnya yang lembut, dan gula yang lumer di setiap gigitannya pasti membuatmu ketagihan. Ya, makanan tradisional yang satu ini nggak ada matinya, dan pastinya bisa Anda jadikan jajanan kekinian untuk jualan dengan dibuat sendiri di rumah! Mau tahu gimana caranya dan bahan yang diperlukan? Ini dia ulasannya.

Bahan Membuat Kue Putu

  • 100 gr tepung beras
  • 50 ml air hangat
  • 25 ml endapan pandan suji
  • Sejumput garam
  • 1 bulatan kecil gula jawa
  • 1/8 buah kelapa parut
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Kue Putu

  1. Didihkan air hingga hangat. Lalu, campur dengan endapan pandan dan tuang ke tepung beras secara perlahan sambil diremas2 tepungnya.
  2. Setelah tepung beras tercampur air, hasilnya akan bergumpal kecil-kecil.
  3. Ayak dan siapkan gula jawa yang sudah dicincang halus. Siapkan cetakan kue talam. Isi dengan tepung beras, lubangi tengahnya, isi dengan gula jawa. Tutupi dengan tepung beras sampai penuh. Tidak boleh ditekan agar tidak keras.
  4. Kukus dalam kukusan hingga mendidih selama kurang lebih 20 menit. Bagian tutup dibungkus kain.
  5. Sajikan dengan parutan kelapa yg sudah dikukus 10 menit dan dicampur garam.

7. Kue Lumpur 

jajanan pasar kekinian
Source: Pinterest

Kue yang satu ini mungkin termasuk sebagai panganan tradisional yang terbuat dari santan yang diekstrak dari parutan kelapa segar, kentang, tepung terigu, dan telur. Meskipun tradisional, kue lumpur masih eksis sebagai jajanan pasar kekinian saat ini. Itu karena kue lumpur sering dijadikan sarapan dan diperjualbelikan di pagi hari. Kue lumpu punya rasa yang nikmat, apabila disajikan saat hangat, dan cocok menemani secangkir teh panas di pagi hari, ataupun sore Anda. Teksturnya yang lembut dan lumer di mulut membuat siapapun jatuh hati! Yuk langsung cek resepnya!

Bahan Membuat Kue Lumpur

  • 250 gr kentang (kukus)
  • 75 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur utuh
  • 1 butir kuning telur
  • 125 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt vanilla bubuk
  • 150 ml santan kental (dari kelapa tua)
  • 50 gr margarin (lelehkan)
  • Kismis rendam dahulu
  • Minyak sayur untuk olesan

Cara Membuat Kue Lumpur

  1. Haluskan kentang, tambahkan telur, gula, garam, dan vanilla bubuk. Mixer sebentar hingga tercampur rata. Lalu tambahkan santan, mixer lagi hingga rata dan terakhir tambahkan margarin yang telah dilelehkan, kemudian aduk rata.
  2. Panaskan loyang kue lumpur, tunggu sekitar 5 menit hingga panas kemudian olesi dengan minyak.
  3. Lalu tuang adonan kedalam cetakan, beri topping kismis. Panggang pada api kecil hingga dasar kue lumpur berwarna kecoklatan dan permukaanya terlihat kesat.

Yap itu dia 7 resep jajanan pasar seribuan. Bila Anda melihat dan berkaca lagi, seharusnya tidak ada alasan untuk Anda agar tidak memulai beli kuliner jajanan pasar kekinian, yang Indonesia banget ini! Apalagi, Anda bisa mengkreasikannya di rumah dan Anda buat sebagai bisnis sendiri. Referensi udah ada, tips juga udah ada, skill juga sudah ada. Pasti yang belum ada niat nya kan? Nahh makanya untuk melakukan bisnis jajanan kekinian untuk jualan ini emang harus niat dan harus dimulai dari sekarang juga! Hehe

Kesimpulan!

Okee, mungkin itu dari mimin karena mimin rasa informasi ini sudah lengkap banget. Tinggal niatnya saja kan? Hehe jika macam macam jajanan pasar ini memang kurang relevan untuk Anda, Anda dapat mencarinya di sumber yang lain. Namun yang pasti, mimin udah kasih tau nih jajanan pasar kekinian buat tahun 2023, ataupun buat 2024 nanti. Pastinya, semua jajanan kekinian untuk jualan ini akan terus eksis dan udah mulai bisa dipikirin deh dari sekarang! Gimana? Aman kan? Okee ada satu info lagi dari mimin nih.

Peluang Bisnis untuk Anda dari kami!

Nah, mungkin kita sudah bicara soal jajanan pasar nih, tapi ada juga nih yang lagi trend, khususnya makanan juga yang asli Indonesia. Apa itu min? Nihh coba deh produk Kokikit sebagai instant rice yang menggunakan Food Technology, dan menunya yang bisa dikustomisasi. Tertarik buat lihat produknya kayak gimana kan? Langsung aja chat kontak ataupun sosmednya di Instagram Kokikit. Okee mungkin itu ajaa, semisal kalian mau lihat soal usaha sampingan, coba cek di Ralali.com aja deh!

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.