Sebenarnya Nol Derajat Kompas Menunjukkan Arah Mana ?

Image:

Nol derajat kompas menunjukkan ke arah mana ? Pertanyaan tersebut kerap dilontarkan oleh seseorang yang baru pertama kali memulai penjelajahan. Umumnya pada kompas hanya sebatas menunjukkan arah delapan arah mata angin yang ke delapan arah tersebut di tunjukkan dengan huruf singkatan ataupun inisial dari masing-masing arah mata angin tersebut.

Baca: Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas

Dari situ banyak pertanyaan “ Sebenarnya Nol derajat pada kompas menujukan karah mata angin mana ? Bukankah arah mata angin kompas menunjukkan arah mata angin dengan  huruf ?

Pengertian Kompas

Kompas merupakan sebuah alat yang dipergunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas sederhana memakai magnet yang dipakai sebagai jarum, di mana magnet tersebut hanya menunjukkan ke arah utara serta selatan saja sesuai dengan arah magnet pada bumi yaitu kutub utara serta kutub selatan. Dengan mengetahui kedua arah tersebut, maka arah timur serta arah barat akan mudah diketahui dan dengan demikian maka akan diketahui pula ke empat arah mata angin yang lainnya yaitu tenggara, barat daya, barat laut serta timur laut. Maka dari itulah kompas banyak dipergunakan oleh penjelajah supaya tak tersesat sewaktu berada di tengah-tengah hutan maupun berada di tempat-tempat asing yang lainnya.

Sekarang ini, semakin berkembangnya zaman teknologi pada kompas pun semakin modern. Tentunya kompas modern lebih canggih, kompas ini dilengkapi dengan fitur tambahan yang kian memudahkan setiap penggunanya ketika melakukan penjelajahan. Pada kompas biasa tak terdapat angka, melainkan hanya terdapat huruf U/N yang berarti Utara atau North, dan S yang berarti menunjukkan Selatan atau South. Sangat berbeda dengan kompas modern yang mempunyai banyak fitur untuk memudahkan penggunanya. Kompas modern bisa juga disebut kompas digital, pada kompas modern ini huruf U serta S diganti dengan angka yang menunjukkan derajat mata angin. Angka tersebut yaitu:

  • 0 derajat menunjukkan arah utara
  • 90 derajat menunjukkan arah timur
  • 180 derajat menunjukkan arah selatan
  • 270 derajat menunjukkan arah barat

Entah itu kompas tradisional atau kompas biasa yang hanya memakai jarum magnet yang mengambang maupun kompas analog yang lebih canggih dan kompas digital semuanya mempunyai fungsi utama yang sama.

Untuk melihat berbagai kompas dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual kompas dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ayo Saling Membantu

Nol Derajat Kompas
Comments (0)
Add Comment