Omicron Siluman Lebih Berbahaya? Ini Gejala dan Cara Penularannya

Dilansir dari Detik.com, Omicron Siluman merupakan turunan dari varian Omicron asli (BA.1) yang kini telah diselidiki oleh sejumlah pakar termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Omicron Siluman Lebih Berbahaya? Ini Gejala Dan Cara Penularannya. (*dok: Ralali.com)

dr Nadia mengatakan bahwa sub varian Omicron dikhawatirkan memicu gejala berat daripada strain aslinya (BA.1). Sejauh ini, pemerintah belum memaparkan adanya perbedaan yang signifikan dari gejala kedua Omicron tersebut.

“Memang ada asumsi bahwa BA.2 Omicron lebih cepat menular dan meningkatkan keparahan,” kata dr Nadia.

Gejala Umum Pasien Terinfeksi Omicron Siluman (BA.2)

Sesuai hasil studi yang dilakukan ZOE COVID Study, gejala umum pasien terinfeksi omicron siluman yaitu pilek, sakit kepala, sakit tenggorokan, bersin, batuk terus menerus, suara serak, nyeri sendi/otot tak biasa, demam menggigil, pusing, sakit mata, kabut otak (brain fog), kurangnya nafsu makan, sakit dada, hingga sakit telinga. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala hilang indera penciuman (anosmia) dan perasa yang merupakan gejala klasik Covid-19 tidak ditemukan dalam sub varian ini.

Cara Penularan Omicron Siluman (BA.2)


Dikutip dari laman resmi WHO, berikut cara penularan Omicron Siluman yang tak jauh beda dengan Omicron biasa.

1. Antarmanusia secara langsung
2. Antarmanusia secara tidak langsung melalui benda atau permukaan yang terkontaminasi virus (meja, gagang pintu, pegangan, dan lainnya)

3. Menyentuh indera mata, hidung, atau mulut setelah memegang benda yang terkontaminasi oleh virus COVID-19
4. Terinfeksi dari sekresi yang dikeluarkan melalui mulut dan hidung pasien positif COVID-19, seperti air liur, sekresi pernapasan, droplet ( percikan) akibat batuk, bersin, berbicara, atau bernyanyi
5. Kontak erat dengan orang yang positif COVID-19


Melihat perkembangan virus Covid-19 yang masih mengkawatirkan dengan munculnya berbagai varian ataupun sub varian, hal ini menjadikan Ralali.com berupaya berikan solusi kesehatan melalui Ralali Healthcare.

Ralali.com mengembangkan NeoClinic, klinik kesehatan berbasis digital yang menyediakan layanan swab test home service, swab drive thru/walk in, vaksinasi Covid-19, layanan korporasi, paket isoman atau paket swab test.

NeoClinic memiliki tenaga kesehatan yang bersertifikat serta didukung oleh dokter dan partner instansi kesehatan resmi, sehingga dapat dipastikan layanan yang diberikan memenuhi standar prosedur kesehatan. Kini, NeoClinic tersedia untuk wilayah Jabodetabek, Surabaya, dan segera hadir di 5 kota besar lainnya di Indonesia. 

Dalam mengadapi serangan Omicron, diperlukan deteksi diri sejak dini yakni dengan melakukan test Covid-19 secara rutin. NeoClinic berikan kemudahan dengan tawarkan layanan swab test yang mudah, cepat, dan aman. Lakukan tes Covid-19 hanya di NeoClinic dengan harga terbaik Swab PCR Rp 275.000 dan Swab Antigen Rp 95.000 di seluruh cabang NeoClinic (Jakarta & Surabaya). Dapatkan harga khusus bagi korporasi yang memerlukan jasa swab test Covid-19.

Bersama NeoClinic. Cegah Omicron, lakukan tes sekarang hanya di NeoClinic. Book jadwal tes Anda disini!

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment