Tips Jualan Online Bagi Pemula dari Ralali.com

Berbisnis online semakin menjamur, bisnis ini dianggap susah-susah gampang. Hal ini karena, berjualan online melalui social media atau e-commerce terlihat mudah, namun tanpa perencanaan yang matang semuanya sia-sia.

Mulai jualan online dengan tips dari Ralali.com yuk! (*dok: Ralali.com)

Dalam berbisnis online terdapat banyak peluang yang dapat menjadi pilihan. Jika telah memiliki ide bisnis apa yang akan dijual secara online, maka langkah selanjutnya adalah Anda perlu Menyusun strategi untuk memulainya. Berikut tips jualan online bagi pemula dari Ralali.com.

1. Lakukan Riset
Meskipun terkesan sederhana, berjualan online dalam kategori apapun tetap membutuhkan riset awal. Dilansir dari Forbes, ada tiga hal utama dalam melakukan riset bisnis. Pertama, riset primer, yaitu pengetahuan mengenai apa yang diinginkan oleh konsumen. Kedua, riset sekunder, yaitu informasi yang memuat data sensus seperti usia, tempat tinggal, jenis kelamin, dan beberapa hal lainnya dari target jualan Anda. Ketiga, analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threats).

2. Membuat perencanaan bisnis

Setelah melakukan riset, Anda perlu membuat perencanaan bisnis dengan baik. Perencanaan bisnis ibaratkan peta perjalanan. Perencanaan bisnis dapat membantu dalam penyempurnaan ide usaha. Dalam perencanaan perlu meliputi ringkasan perencanaan, deskripsi perusahaan, hasil analisis pasar, produk atau layanan diberikan, rencana pemasaran, dan rencana keuangan.

3. Belajar digital marketing

Dalam berjualan online, Anda perlu memahami sedikit banyak tentang digital marketing. Kemampuan digital marketing yang baik dapat meningkatkan penjualan, mengembangkan usaha, serta mempertahankan reputasi bisnis Anda.

Ralali.com sebagai pionir B2B marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia yang memiliki misi utama dalam mengembangkan serta mendigitalisasi industry UKM Indonesia melakukan ragam kolaborasi yang sering mengadakan webinar bisnis atau seminar nasional yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. Tak jarang, Ralali.com menggelar webinar bisnis terkait digital marketing untuk usaha. Temukan event-event terupdate dari Ralali.com hanya disini.

4. Maksimalkan foto dan branding produk

Tak dapat dipungkiri, saat melakukan belanja online, foto produk menjadi hal pertama yang dapat memikat hati konsumen. Semakin baik foto produk maka semakin banyak juga konsumen yang tertarik untuk membelinya.

Selain foto produk, Anda juga perlu memaksimalkan branding usaha dengan cermat. Kreatifitas dalam memilih tema tertentu yang cocok dengan produk yang Anda jual juga menjadi kunci suksesnya penjualan produk.

5. Manfaatkan e-commerce

Hal terpenting dalam berjualan online adalah memanfaatkan e-commerce dengan maksimal. Melalui e-commerce Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, mempermudah pasar dalam melakukan pembelian, menghemat biaya, bahkan mempermudah proses pengiriman.

Sebagai pionir B2B marketplace di Indonesia Ralali.com memberikan solusi bagi para pebisnis dengan ragam fitur unggulan. Dimulai dengan fitur unggulan RFQ atau Request For Quotation untuk pemilik bisnis yang memiliki request atau permintaan khusus terkait TV atau barang tertentu lainnya. Request for Quotation (RFQ) merupakan salah satu layanan yang memudahkan para penjual untuk bertemu dengan pembeli yang tepat. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk mengajukan kebutuhan usaha sesuai budget tertentu. Penjual produk dapat memberikan penawaran harga yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Melalui fitur RFQ dari Ralali.com, kami siap membantu Anda memenuhi kebutuhan bisnis dengan seller-seller terpercaya kami. Berbagai barang dan kebutuhan usaha Anda kini siap tersedia kapan saja. Ajukan penawaran Anda sekarang disini. Dapatkan harga grosir terbaik untuk setiap pembelian produk dalam jumlah banyak.

Tak hanya itu, Ralali.com baru saja meluncurkan fitur unggulan terbarunya yakni Ralali Plus, sebagai solusi pengembangan usaha dengan cepat dan terkendali. Ralali Plus diperuntukkan bagi pegiat usaha yang telah bergabung dalam Ralali.com untuk mendapatkan kemudahan pembayaran dalam penuhi kebutuhan berbisnis. Ralali Plus menawarkan berbagai keunggulan, dimulai dari penawaran kemudahan pembayaran dengan single payment, proses approval yang mudah,  transaksi yang transparan dan terekam secara digital, tanpa collateral, tanpa potongan dan biaya tambahan, hingga pemberian promo menarik dan harga yang kompetitif yang dapat memberikan nilai Plus dalam menjalankan bisnis.

Ralali Plus juga dapat digunakan langsung di dalam platform www.ralali.com untuk pemenuhan kebutuhan maupun  pembayaran dan top up tagihan utilitas usaha anda seperti pembayaran BPJS, PDAM, PLN, Pulsa, bahan baku, angsuran, ATK, Alat pendukung kerja, komponen, spareparts, serta berbagai kategori lainnya. Gunakan Ralali Plus di Ralali.com sekarang juga. Kembangkan bisnis Anda dengan mudah dan cepat hanya DISINI. Kunjungi Ralali.com sekarang juga!

Berbagai pertanyaan terkait dapat menghubungi lewat hotline Hello Ralali 1500 465 atau kirim email ke hello@ralali.com untuk info lebih lanjut.

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment