Waspada Risiko Naik Pesawat dan Kereta Tak Lagi Perlu PCR

Waspada Risiko Naik Pesawat Dan Kereta Tak Lagi Perlu PCR. (*dok: Ralali.com)

Pemerintah baru saja menetapkan kebijakan transisi dari pandemi menjadi endemi dengan tidak lagi mewajibkan swab test PCR ataupun antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri dalam menggunakan pesawat atau kereta. Kebijakan ini berlaku teruntuk masyarakat yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 hingga dosis kedua maupun booster.

Sementara itu, sejumlah pakar berpendapat bahwa ancaman Covid-19 di Indonesia sebenarnya masih tinggi, walaupun pemerintah mengklaim jumlah kasus sudah turun. 

Tri Yunis Miko Wahyono, seorang pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menegaskan bahwa yang terpenting bukanlah jumlah kasus, melainkan positivity rate,yaitu perbandingan jumlah kasus positif dengan jumlah tes yang dilakukan.

Beliau khawatir akan angka kasus baru yang diklaim turun dari ke hari tersebut justru sebenarnya terjadi karena rendahnya contact tracing.

Dengan melihat pro dan kontra terkait kebijakan tersebut, rendahnya tracing menjadi risiko yang perlu diwaspadai. Dalam mengantisipasi hal tersebut, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti menggunakan masker dengan baik dan benar, melakukan vaksinasi Covid-19, serta masyarakat melakukan proteksi diri dengan mendeteksi virus Covid-19 sejak dini melalui swab test secara regular.

Swab test baik PCR ataupun Antigen perlu dilakukan secara regular atau rutin, sehingga dapat membantu pemerintah dalam menekan rantai penyebaran virus Covid-19. Ralali.com berupaya mendukung program pemerintah dnegan hadirkan solusi kesehatan, yakni NeoClinic, klinik kesehatan berbasis terknologi yang yang menyediakan layanan swab test home service, swab drive thru/walk in, vaksinasi Covid-19, layanan korporasi, paket isoman atau paket swab test. 

Berbagai paket swab test dan vaksinasi Covid-19 untuk corporate atau event juga disediakan oleh Neoclinic. Dengan memiliki tenaga kesehatan yang bersertifikat serta didukung oleh dokter dan partner instansi kesehatan resmi, dapat dipastikan bahwa layanan yang diberikan oleh NeoClinic telah memenuhi standar prosedur kesehatan.

NeoClinic kini tersedia untuk wilayah Jabodetabek, Surabaya, dan segera hadir di 5 kota besar lainnya di Indonesia. Segera deteksi diri sejak dini agar terlindung dari virus Covid-19 hanya di NeoClinic. Cegah Omicron, book jadwal tes Anda disini!

Cabang NeoClinic di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya

NeoClinic Puri Kembangan

Jl. H. Mading No.126 RT.08/RW.02, Kembangan Utara, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11610

NeoClinic Kompas Gramedia Palmerah

Jl. Palmerah Barat No.33-37, RT.1/RW.2, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270

NeoClinic Fitco Gd. Panin Sudirman

Jl. Jenderal Sudirman No.Kav.1, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270

NeoClinic BSD – Pagedangan

Jalan Raya Pagedangan No.16, RT.1/RW.2 Pagedangan, Kecamatan Pagedangan Tangerang, Banten 15339

NeoClinic Serpong

Ruko Graha Boulevard,  Jl. Gading Serpong Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

NeoClinic Dyandra

Jl. Basuki Rahmat No.93 -105, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60271

NeoClinic D’Natural

Jl. Dr. Soetomo No.75, DR. Soetomo, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya 60264

 NeoClinic Flamingo

Jl. Genteng Kali Raya No. 51-53, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60275

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment