Apa itu Rangkaian Paralel ?

0

Rangkaian Paralel

Tentunya rangkaian listrik paralel bukanlah hal yang baru di telinga kita. Rangkaian listrik paralel merupakan rangkaian listrik yang susunannya tidak sebaris, di mana pada input setiap komponennya berasal dari sumber yang serupa. Hal tersebutlah yang menjadi alasan rangkaian paralel menjadi lebih mahal dibandingkan dengan rangkaian seri. Namun, hal ini bukanlah menjadi kekurangan. Rangkaian paralel masih mempunyai kelebihan dibandingkan dengan rangkaian seri. Salah satu kelebihan rangkaian paralel ialah apabila terdapat komponen yang rusak, maka komponen lainnya masih akan tetap dalam kondisi baik tanpa adanya gangguan sama sekali.

Rangkaian paralel dapat digabungkan dengan rangkaian listrik seri serta dikenal dengan sebutan rangkaian listrik seri-paralel. Pada rangkaian paralel, aliran listrik yang berasal dari Power suply dapat berjalan ke setiap lampu yang ada. Pada sejumlah rangkaian, terdapat sejumlah jalan yang berbeda, namun pada akhirnya dapat dialiri arus listrik dengan mudah. Di dalam bagan rangkaian paralel, terdapat 2 buah resistor yang susunannya ialah paralel. Sumber tegangan kedua resistor dapat melakukan hubungan dengan ujung resistor. Karena hal itulah arus listrik dapat mengalir melalui dua jalan yang berbeda sampai mencapai setiap resistor yang ada.

Contoh yang paling populer dari rangkaian listrik ialah lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas mempunyai prinsip kerja dari rangkaian paralel, di mana pada setiap lampunya saling terhubung satu sama lain. Rangkaian paralel pun bisa pula di sebut dengan rangkaian berderet. Sebab pembagian bebannya sama, antara lampu satu dengan lampu lainnya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar