promo hari ini

Apa Saja Teknik dalam Pengelasan ?

0
Teknik dalam pengelasan
Image: paristech.com

Apa Saja Teknik dalam Pengelasan ? – Pengelasan merupakan metode penyambungan logam dengan cara mencairkan logam dengan energi panas sehingga akan menghasilkan sambungan yang kuat ataupun tak dapat dipisahkan lagi. Pengelasan sediri sering dilakukan di dalam hal yang berhubungan dengan pembangunan maupun di dalam kegiatan industri.

Baca: Ingin membeli Mesin Las ? Lakukan Tips Ini

Apabila melihat orang yang mengelas secara sekilas, terlihat prosesnya sangat mudah. Namun sebenarnya memerlukan pengetahuan, pengetahuan di sini tak hanya sekedar cara maupun teknik mengelas saja, namun memerlukan wawasan terhadap bahan las dan jenis las apa yang mesti digunakan.

Teknik dalam Pengelasan

Pengelasan terbagi ke dalam 2 macam yaitu berdasarkan cara kerja serta berdasarkan energi yang dipergunakan ketika pengelasan. Cara yang paling banyak digunakan ialah berdasarkan cara kerja. Pengelasan berdasarkan cara kerja terbagi menjadi 4 macam, yaitu pengelasan cair, pengelasan tekan, pematrian dan Las Tungsten Inert Gas.

Pengelasan cair

Pengelasan cair merupakan teknik mengelas dengan cara memanfaatkan sumber panas busur listrik maupun sumber api gas yang berguna untuk memanaskan sekaligus untuk mencairkan sambungan logam.

Pengelasan tekan

Pada pengelasan tekan sambungannya tak dicairkan seperti pengelasan cair, namun sambungannya cukup dipanaskan saja. Kemudian ditekan secara kuat sampai menjadi satu. Adapun contoh dari pengelasan tekan yaitu las busur tekan, las tumpul tekan, las resistensi serta las ultrasonik.

Pematrian

Berbeda dengan pengelasan biar serta pengelasan tekan, pengelasan pematrian merupakan teknik menyambungkan logam dengan cara sambungannya diikat serta disatukan dengan logam yang bertitik cairkan rendah.

Las Tungsten Inert Gas (TIG)

Las TIG merupakan cara mengelas menggunakan elektrode wolfram. Teknik ini memerlukan sejumlah peralatan. Contohnya mesin las AC atau DC, kabel elektrode serta selang, tabung gas pelindung atau argon beserta regulator serta flowmeter, kawat las, beling torch serta elektrode tungsten.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.