Bagaimana Produk Dana Pensiun dan Secara Spesifiknya? Yuk kita pahami!

0

Setelah kita membahas awalan bagaimana pentingnya dana pensiun, seberapa manfaat dana pensiun, hingga mengulik pengertian dana pensiun itu sendiri. Anda pasti penasaran kan apa saja dan bagaimana produk dana pensiun itu? Nah itulah yang jadi fokus pembahasan lanjutan kita pada artikel ini. Ini semua agar Anda tau dan memahami dana pensiun seperti apa yang akan Anda lakukan. Namun sebelum memahami produk dana pensiun beserta contoh dana pensiun nya, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai jenis dana pensiun yang wajib Anda ketahui! Untuk itu, yuk kita bahas sampai tuntas!

Apa Saja Jenis Dana Pensiun yang Anda Harus Pahami?

Sebetulnya jenis dana pensiun mengacu pada suatu hal yang sama, yaitu program pensiun berdasarkan lembaga penyelenggaraannya. Akan tetapi, istilah jenis dana pensiun ini lebih menitikberatkan pada kategorisasi berdasarkan penyelenggaraannya.

1. Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

DPPK merupakan jenis program pensiun yang dibentuk serta dikelola secara khusus oleh perusahaan tertentu guna menjadi manfaat tambahan bagi para karyawannya di masa depan. DPPK didirikan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan pesertanya terdiri dari karyawan dan pegawai suatu perusahaan tertentu.

2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) 

DPLK adalah jenis program dana pensiun yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi atau lembaga keuangan lain seperti bank. DPLK dapat diikuti oleh individu pekerja profesional dengan iuran mandiri. DPLK dibentuk berdasarkan persetujuan otoritas jasa keuangan dengan tujuan untuk menyediakan manfaat pensiun bagi masyarakat pekerja umum di luar karyawan suatu perusahaan tertentu.

Nah, itulah jenis dana pensiun yang mimin jelaskan dari sudut pandang penyelenggaraanya. Lalu apa saja fitur atau produk dana pensiun nya? Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

produk dana pensiun
asuransiku.id

Produk dana pensiun? Seperti apa?

Produk dana pensiun merupakan instrumen atau layanan program kepesertaan dana pensiun yang dikelola suatu perusahaan atau lembaga keuangan untuk diikuti pekerja guna mendapatkan manfaat tabungan pensiun. Peserta  dana pensiun wajib membayar iuran rutin bulanan atau tahunan ke produk dana pensiun yang dipilihnya. Nah itulah mengenai pemahaman soal produk dana pensiun. Trus, produknya apa saja sih? Yuk kita perhatikan!

Produk Dana Pensiun Apa Saja?

Mungkin setelah kita memahami jenis dana pensiun, yaitu siapa saja penyelenggara yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan dana pensiun tersebut. Inilah beberapa nama produk dana pensiun secara spesifik yang merupakan turunan dari setiap DPPK ataupun DPLK.

Produk Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK):

1. Dana Pensiun Bank BRI

Produk dana pensiun khusus karyawan BRI ini menawarkan beragam pilihan investasi mulai dari instrumen pasar uang, obligasi, reksa dana, saham, hingga properti. Fiturnya antara lain perlindungan risiko meninggal dunia dan cacat total tetap. 

Syarat untuk produk DPPK BRI ini tentu harus menjadi pegawai aktif bank BRI. Setiap bulan, iuran sebesar 4% – 8% dari gaji wajib dibayarkan pegawai.

2. Dana Pensiun Bank Danamon

Produk Bank Danamon menawarkan pilihan investasi yang konservatif ke instrumen pasar uang dan obligasi. Terdapat asuransi jiwa dan perlindungan health insurance bagi pesertanya.

Persyaratannya sama, wajib menjadi pegawai bank Danamon dengan iuran 3% – 5% dari gaji setiap bulan.

Produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK): 

1. Bringin Sejahtera DPLK

Fitur unggulan produk Bringin ini terletak pada pilihan investasinya yang fleksibel, mulai instrumen reksa dana, saham, emas batangan, hingga properti. Juga terdapat manfaat asuransi kecelakaan diri bagi pesertanya. Syarat mengikuti produk DPLK Bringin ini terbuka umum dengan minimal iuran Rp 100.000 per bulan. 

Kesimpulan!

Dari sini kita dapat pahami bahwa sebetulnya jenis dana pensiun itu sederhana sehingga tidak mungkin kita tidak dapat memahaminya. Terlebih lagi, saat ini sudah disertai dengan kemudahan digital yang tinggal didorong oleh kesadaran kita akan pentingnya dana pensiun. Mengenai produk dana pensiun yang mimin bahas secara spesifik, itu dapat menjadi informasi yang Anda pegang saat nanti akan mengajukan dana pensiun. Okayy, mungkin itu dulu dari admin sebagai lanjutan dari pembahasan dana pensiun sebelumnya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.