Mengelola Cash Flow adalah kewajiban untuk Bisnis Anda

0

Sulit untuk jujur bahwa sebetulnya masih banyak dari kita yang masih belum paham cara mengelola pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis kita. Terlebih kita yang belum mengetahui jika cash flow adalah salah satu kunci dalam mengetahui perjalanan bisnis kita secara finansial. Mengelola laporan keuangan, dalam arti cash flow dalam bisnis memegang peranan penting dan kritis dalam perkembangan bisnis itu sendiri. Kita semua tahu bahwa bisnis tidak akan bertahan lama jika total arus kas keluar lebih banyak daripada kas masuk. Seringkali para pengusaha, khususnya yang masih dalam skala kecil, melupakan tips pemasukan yang padahal cash flow tadi adalah vital untuk kita pahami.

Mengapa Cash Flow adalah hal yang Vital bagi para pengusaha?

Cash flow adalah penentu jalan atau tidaknya bisnis Anda. Lalu mengapa arti cash flow tersebut menjadi penting sekali? Sebetulnya, cash flow adalah penting untuk kelangsungan operasional dan perkembangan sebuah perusahaan. Tanpa manajemen cash flow yang baik, banyak perusahaan bahkan yang skala besar sekalipun pada akhirnya dapat mengalami kebangkrutan. Maka dari itu deh, nih mimin bantu kasih tau beberapa alasan utama mengapa cash flow atau arus kas ini sangat penting yang antara lain adalah:

1. Membayar pengeluaran dan kewajiban perusahaan

Cash flow diperlukan perusahaan guna membayar berbagai pengeluaran rutin seperti gaji pegawai, sewa gedung, bunga pinjaman, tagihan listrik, dan lain sebagainya.

2. Menjaga operasional perusahaan berjalan lancar

Ketersediaan cash flow adalah keperluan utama untuk cukup memastikan roda bisnis dan operasional perusahaan sehari-hari dapat berjalan tanpa gangguan. 

3. Mengembangkan ekspansi bisnis 

Cash flow yang sehat diperlukan sebagai investasi ekspansi perusahaan seperti membuka cabang baru, ekspor produk, atau diversifikasi bisnis.

4. Meningkatkan kredibilitas di mata investor maupun kreditur

Cash flow yang tertata rapi dan stabil menunjukkan prospek perusahaan yang menjanjikan sehingga meningkatkan kepercayaan investor maupun kreditur. Akhirnya, arti cash flow bukan sekadar mengatur uang saja kan? Tetapi ada tujuan yang lebih jangka panjang di balik kita yang harus berperan di dalamnya.

Oleh karena itu, arti cash flow menyebabkan seluruh perusahaan tanpa terkecuali wajib menerapkan manajemen arus kas mereka secara optimal agar usaha tetap sehat dan berkelanjutan. Nah, untuk memaksimalkan hal tersebut, mimin kasih nih tips yang bisa bantu kalian dalam mengelola dan mengoptimalkan arus kas.

Tips yang dapat membantu Anda dalam mengelola cash flow dalam bisnis

1. Menentukan Budget

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mampu memperkirakan arti cash flow mengenai arus kas masuk dan kas keluar. Dalam melakukan hal tersebut, Anda harus memperhatikan beberapa faktor-faktor lain yang sekiranya dapat mempengaruhi masuknya kas dan mengestimasi berbagai pengeluaran.

2. Amati Aktivitas Kas

Setelah menentukan budget, kini saatnya Anda melakukan pengamatan terhadap aktivitas arus kas. Sebaiknya, Anda melakukan hal ini minimal sekali dalam sebulan. Bandingkan kas yang ada dengan budget. Apabila kas masuk memiliki jumlah yang kurang dari perkiraan, Anda harus segera menemukan penyebabnya. Begitu juga sebaliknya.

Anda juga bisa meminimalkan stok dan mengutamakan sistem uang diterima di muka, karena tidak semua pembeli dapat melakukan cicilan dengan tepat waktu. Hal ini diperlukan dalam cash flow adalah supaya tidak ada ketimpangan jumlah dana pada nantinya.

3. Pastikan Kas Masuk Lebih Besar Daripada Kas Keluar

Anda bisa memperbesar jumlah kas masuk dengan cara menawarkan diskon yang bisa meningkatkan penjualan. Namun, jangan hanya meningkatkan saldo dalam rekening (penjualan secara kredit), saldo harus bertambah secara tunai demi kelancaran arus kas. Nah itulah mengapa cash flow adalah pertimbangan dalam masuk atau keluarnya saldo.

4. Alokasi

Alokasikan pendapatan Anda agar lebih terstruktur, misalnya dari 100% pendapatan Anda; 30% untuk cadangan, 70% untuk operasional. Hal ini dilakukan supaya budget Anda tidak berserakan tanpa tujuan. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar dari pemasukan Anda. Anda pasti berharap bahwa bisnis Anda dapat membawa keuntungan yang besar, bukan? Maka dari itu, alokasikan pendapatan agar keuangan Anda menjadi efisien dan selalu tanamkan bahwa cash flow adalah sesuatu yang vital untuk dijalani! Nah, agar Anda paham arti cash flow lebih lagi, nih mimin kasih tantangan-tangan yang biasa dihadapi oleh pebisnis mengenai arus kas mereka.

Tantangan Pebisnis Dalam Pengelolaan Cash Flow!

Berikut ini adalah beberapa tantangan pengelolaan arus kas (cash flow) yang kerap dihadapi oleh para pebisnis:

1. Arus Kas Tidak Lancar

Seringkali terjadi fluktuasi signifikan penerimaan kas bulanan akibat penjualan yang naik turun. Hal ini menyulitkan perencanaan dan pengelolaan cash flow perusahaan.

2. Piutang Dagang yang Macet

Banyak pelanggan korporasi yang pembayaran tagihannya tersendat hingga berbulan-bulan. Kondisi ini membuat arus kas (cash flow) perusahaan ikut terhambat. 

3. Saldo Kas yang Terbatas

Banyak perusahaan mengalokasikan sebagian besar dananya ke aset tidak lancar seperti gedung, tanah, mesin, dan inventori. Akibatnya saldo kas mengendur untuk operasional sehari-hari.

4. Investasi Berisiko Tinggi

Sejumlah pelaku bisnis terjebak investasi aktiva lancar berisiko tinggi dengan imbal hasil yang menggiurkan namun fluktuatif dan sulit diprediksi. Hal ini mengancam stabilitas arus kas (cash flow) jangka panjang.

5. Minimnya Data dan Analisis

Banyak pengusaha yang masih mengelola laporan arus kas perusahaan secara konvensional dan manual. Minimnya data serta analisis mendalam menyulitkan pengambilan keputusan yang tepat. 

Nah tantangan-tantangan inilah yang sering muncul dalam pengelolaan bagi pengusaha. Anda akan lebih baik melihat cash flow adalah jika Anda bisa berkonsultasi para pakar keuangan agar dapat mengatasi persoalan keuangan Anda.

[ Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Rumahan Dan UKM ]

Kesimpulan! 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengelola kas pada bisnis. Kondisi cash flow adalah hal yang penting dan sangat berpengaruh dalam kelangsungan bisnis Anda. Itu pula membuat arti cash flow akhirnya beragam dan mimin coba rangkum dalam tulisan ini, secara sederhana agar Anda bisa peduli dan memberikan strategi terhadap keuangan Anda. Arus kas yang baik tentu akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Jangan lupa lakukan pengamatan setiap bulan untuk mengetahui apakah semua berjalan sesuai prediksi. Nah, jika Anda butuh bantuan, coba deh cek Ralali Plus yang bisa bantu bisnis Anda. Semoga sukses selalu!

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.