Bagaimana ya Cara Memilih Termometer yang Tepat untuk Bayi ?

0
Jual termometer Tips Cara Memilih Termometer yang Tepat untuk Bayi
Image: www.momjunction.com

Bagaimana ya Cara Memilih Termometer yang Tepat untuk Bayi ? – Pada intinya termometer yang bagus ialah termometer yang mudah dipakai, dapat mengukur dengan cepat serta akurat, maka dari itu lebih baik pilihlah termometer digital.

Baca: Cara Tepat Menggunakan Termometer Pada Anak

Secara khusus beberapa termometer digital didesain untuk digunakan di rektum, namun kebanyakan dapat juga digunakan di dubur, di mulut, ataupun di bawah ketiak. Ketahuilah termometer mana yang paling tepat untuk bayi sebelum membelinya sehingga pemakaiannya tak sia-sia.

Baca: Cara Mudah Merawat Termometer Setelah Digunakan

Cara Memilih Termometer yang Tepat untuk Bayi

Pengukuran melalui rektum

Pengukuran melalui rektum ini bisa memberikan hasil yang paling akurat. Pada bayi yang baru lahir hingga usia tiga bulan, pengukuran suhu tubuh yang akurat sangatlah penting.

Namun tak semua bayi akan merasa nyaman dengan termometer rektum. Tak hanya karena memasukkan termometer ke dalam dubur saja namun bisa merangsang ususnya sehingga ketika sesudah diukur suhu tubuhnya maka biasanya bayi langsung buang air besar.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian ujung termometer menggunakan alkohol ataupun sabun sebelum serta setelah digunakan. Tak hanya itu, olesi pula ujung termometer menggunakan baby oil guna memudahkan untuk memasukannya ke dubur.

Pengukuran melalui telinga.

Sebenarnya pengukuran suhu melalui telinga paling cepat serta mudah. Namun permasalahnya ialah diperlukan posisi yang pas untuk mendapatkan hasil yang akurat serta konsisten. Kotoran telinga pun dapat menyebabkan hasil bacaan tak akurat.

Termometer telinga ini tidak disarankan untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan sebab saluran telinganya sudah berkembang sehingga lebih sulit memasukkan sensor termometer dengan tepat.

Pengukuran melalui ketiak.

Sebagian besar para dokter merekomendasikan pengukuran suhu tubuh bayi melalui ketiak. Hal ini disebut pula dengan axillary temperature. Metode ini sangat mudah, nyaman, aman.

Namun kelemahan termometer yang digunakan di ketiak ialah biasanya kurang akurat. Biasanya bacaan suhunya sekitar dua derajat lebih rendah jika dibanding dengan pengukuran melaui rektum. Sebagian dokter anak tak merekomendasikan pengukuran suhu melalui ketiak untuk bayi berusia kurang dari tiga bulan. Untuk pengukuran melalui ketiak, pertama bukalah pakaian anak serta pastikan ketiaknya dalam kondisi kering. Jaga supaya posisi termometer tak berubah selama pengukuran.

Pengukuran melalui mulut.

Pengukuran melalui mulut lebih baik hanya dilakukan pada anak usia di atas 4 tahun sebab dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk pengukuran.

Untuk melihat berbagai termometer dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual termometer dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.