Cara Tepat Menggunakan Termometer Pada Anak

0

Cara Menggunakan Termometer Pada Anak

Cara Tepat Menggunakan Termometer Pada Anak – Sewaktu suhu tubuh anak hangat, mungkin ini merupakan waktu yang pas untuk mengukur suhu anak. Sekilas terdengar mudah, namun pasti banyak sekali muncul pertanyaan dalam pikiran Anda. Salah satunya ialah apa jenis termometer yang terbaik? Apakah dalam menggunakan termometer untuk bayi serta anak terdapat panduan ? Berikut ini merupakan hal-hal yang mesti diketahui untuk memakaikan termometer pada anak.

– Pilihan termometer terbaik.

Termometer raksa merupakan termometer yang paling banyak dipergunakan serta tersedia di rumah. Akan tetapi sekarang ini, lebih direkomendasikan untuk menggunakan termometer digital daripada termometer raksa. Sebab termometer raksa bisa pecah, dan mengakibatkan raksa menguap serta terhirup.

Cara kerja termometer digital ialah mengukur suhu tubuh menggunakan sensor panas elektronik guna merekam suhu tubuh. Termometer jenis ini bisa dipergunakan pada mulut, ketiak, ataupun anus. Termometer digital memberikan pengukuran yang lebih akurat.

Baca: Cara Mudah Merawat Termometer Setelah Digunakan

Jika Anda menginginkan pemakaian satu termometer untuk semua anggota keluarga, maka termometer digital merupakan pilihan yang terbaik. Akan tetapi, jika Anda memakai termometer digital untuk digunakan pada anus, sebaiknya sediakanlah dua termometer di rumah. Tandai termometer tersebut, yang satu untuk anus dan yang satunya lagi untuk mulut.

Cara menggunakan termometer dengan benar

Cara yang terbaik memakai termometer ialah tergantung pada usia anak. Berikut ini penjelasannya.

– Anak baru lahir – 3 bulan.

Untuk anak baru lahir, pergunakanlah termometer digital guna mengukur suhu tubuhnya melalui anus. Hidupkan termometer digital serta berilah pelumas pada bagian ujung termometer tersebut dengan vaselin. Selanjutnya baringkanlah bayi Anda, kemudian angkat pahanya, serta masukkan termometer yang sudah dilumasi sedalam 1,3 – 2,5 cm ke dalam anus bayi. Hentikan jika Anda merasakan ada halangan. Biarkanlah termometer sekitar 1 menit atau sampai termometer memberi sinyal selesai. Ambillah termometer serta baca suhunya.

– Anak usia 3 bulan – 4 tahun.

Mengukur suhu anak usia 3 bulan – 4 tahun bisa dilakukan melalui anus serta ketiak. Untuk mengukur suhu tubuh anak melalui ketiak, pastikanlah termometer menyentuh kulit dan tak menyentuh baju. Biarkanlah termometer dihimpit ketiak sekitar 1 menit ataupun sampai termometer memberi tanda selesai. Ambil termometer, kemudian baca suhunya.

– Anak usia 4 tahun serta lebih.

Anak berusia 4tahun mulai bisa mempertahankan termometer di bawah lidah namun untuk sementara. Hidupkanlah termometer digital serta masukkan ujung termometer di bawah lidah sang anak serta mintalah anak untuk menutup mulutnya. Setelah itu ambil termometer ketika termometer sudah memberi tanda selesai. Apabila anak baru saja selesai makan ataupun minum, tunggulah sekitar 15 menit untuk mengukur temperatur suhunya melalui mulut. Apabila anak Anda terlalu sulit untuk bernafas melalui hidung, Anda bisa mengukur suhu tubuh anak Anda melalui ketiak atau melalui anus.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.