Cara Mudah Mengukur Arus Listrik Dengan Tang Amper

0

cara Mengukur Arus Listrik Dengan Tang Amper

Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Tang Amper – Kian berkembangnya elektronik hingga teknologi nano, alat ukur pun kian banyak tipe model yang sesuai dengan fungsi serta kegunaannya salah satunya ialah Tang Amper atau Clamp Meter. Tang Amper adalah alat ukur praktis yang dapat di pakai dengan mudah ketika pengukuran kuat arus tanpa mesti memutus ataupun membuat kabel jumper untuk mengetahui seberapa besar kuat arus yang mengalir pada beban rangkaian elektronik ataupun listrik.

Cara mengukur kuat arus menggunakan tang amper sangatlah mudah, pada tang amper ada bagian bernama switch selector, bagian ini digunakan untuk mengukur kuat arus yang hendak diukur, serta bisa pula dipakai untuk mengukur besaran tegangan dengan cara memutar switch selector ke arah volt. Untuk mengukur kuat arus menggunakan tang amper ini tinggal masukan saja kabel sumber ke beban.

Baca: Ketahui Prinsip Kerja Tang Ampere Disini Yuk!

Jika kabel sudah masuk ke dalam lubang tang amper, maka langkah selanjutnya ialah melihat tampilan hasil dari pengukuran kuat arus yang melintas pada kabel tersebut. Terdapat bermacam alat yang bisa dipakai untuk mengukur seberapa besarnya arus listrik, namun alat yang paling mudah digunakan ialah memakai tang amper seba tak perlu melakukan pengkabelan serta tang amper sangat fleksibel yang bisa di pergunakan di mana saja.

Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Tang Amper

Berikut ini adalah cara mengukur arus listrik dengan tang amper

  • Posisikan switch pada Amper (A), tak hanya untuk mengukur arus saja, tang amper pun bisa di gunakan untuk mengukur tahanan serta tegangan.
  • Selanjutnya adjust tang ampere hingga menunjukan angka nol.
  • Pilihlah terlebih dahulu skala yang paling besar. Jika hasil pengukuran lebih kecil, maka pindahkanlah ke skala yang lebih kecil guna mendapatkan hasil pengukuran yang lebih akurat.
  • Pilih jenis pengukuran yang hendak dilakukan, arus AC atau arus DC. Namun ada pula tang amper yang hanya digunakan untuk mengukur AC saja, umumnya tang amper berjenis analog.
  • Lingkarkan tang amper ke salah satu kabel. Maka hasil pengukuran tersebut akan segera terlihat.
  • Geserlah tombol hold guna menahan hasil pengukuran tersebut.
  • Untuk melakukan pengukuran kembali, maka matikanlah posisi hold.

Untuk melihat berbagai Tang Amper atau Clamp Meter dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat anda cek di website Ralali. Ralali jual Tang Amper dengan varian merk dan tipe yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.