Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

Cara Mengukur Kualitas Trafo Menggunakan Tang Ampere

0

Cara Mengukur Kualitas Trafo Menggunakan Tang Ampere

Cara Mengukur Kualitas Trafo Menggunakan Tang Ampere – Untuk mengetahui seberapa besar kualitas trafo, cara paling mudah ialah memakai tang ampere. Sekarang ini sangat mudah untuk menemukan tang ampere. Harganya cukup murah bahkan bisa hanya kisaran ratusan ribu rupiah.

Untuk mengetahui berapa jumlah kerugian daya pada kondisi trafo yang belum diberikan beban ialah cukup menggunakan tang ampere. Caranya ialah trafo yang akan diuji dijepit menggunakan tang ampere pada sebelah kabelnya. Dengan demikian akan terbaca besaran arus yang mengaliri trafo tersebut.

Untuk trafo yang bagus, mesti mempunyai arus yang amat kecil sebelum trafo diberikan beban, dan bisa menunjukkan angka sebesar mungkin ketika dibebankan dengan beban maksimum tanpa mesti merusak trafo tersebut.

Apabila trafo yang diukur memakai tang ampere tersebut menunjukkan angka semisal 0.3 ampere, maka cukup dikalikan saja, hal ini menunjukkan bahwa trafo tersebut sudah mempunyai kerugian sebesar 0.3 x 220 Volt, bahkan sebelum diberikan beban. Apabila trafo tersebut hanya mempunyai daya sebesar 1000 watt, berarti menunjukkan bahwa trafo mengalami kerugian sekitar 10%, bahkan sebelum trafo diberikan beban. Alhasil, trafo tersebut akan cepat panas.

Baca: Cara Mudah Mengukur Arus Listrik Dengan Tang Amper

Besarnya angka tak menentukan bagus atau tidaknya trafo, melainkan mesti memperhatikan daya maksimum trafo. Apabila daya maksimumnya 10.000 watt maka kerugian sebesar 60 watt mungkin masih dianggap sedang, namun sebaliknya apabila daya maksimum trafo hanya sebesar 300 watt, dan trafo sudah mengalami beban yang sedemikian besar sebelum trafo dibebankan, maka bisa dipastikan bahwa trafo tersebut tak akan bertahan lama apabila digunakan.

Cara lain yang bisa dipakai untuk mengetahui kualitas trafo ialah suhu trafo tersebut. Untuk trafo yang bagus maka bisa melepaskan panas tepat pada waktunya, sehingga tak semakin panas seiring dengan waktu. Malahan pada sebagian jenis trafo, suhu trafonya bisa berada beberapa derajat lebih tinggi dari suhu ruang meskipun dibebankan pada beban maksimum.

Cara mengukur kualitas trafo dengan tang ampere hanyalah merupakan salah satu pengetesan untuk mengetahui kualitas trafo. Masih ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan untuk bisa menilai trafo baik atau tidaknya antara lain yaitu dengan voltage dropnya, suhu, serta efisiensinya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.