Bangga! Anak Bangsa Ciptakan Vaksin Merah Putih, Peneliti Optimis Dapat Tangkal Varian Omicron.

0

Penny Lukito, selaku Kepala BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan menyampaikan bahwa vaksin Merah Putih merupakan vaksin yang 100% karya anak bangsa Indonesia. Mulai dari penemuan bibit vaksin, formulasi, serta penelitian dan pengembangan vaksin Merah Putih ini dilakukan oleh peneliti dan klinisi Indonesia.

Anak Bangsa Ciptakan Vaksin Merah Putih, Peneliti Optimis Dapat Tangkal Varian Omicron. (*dok: Ralali.com)

Vaksin Merah Putih ini dikembangkan oleh Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang akan memasuki uji klinik fase 1 dan 2.

“BPOM telah menerbitkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh peneliti Unair dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia,” jelas Penny Lukito, Kepala BPOM dalam konferensi pers virtual, Senin lalu (7/2/2022).

Prof. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Koordinator Produk Riset Covid-19 Universitas Airlangga optimis bahwa vaksin Merah Putih ini dapat menangkal virus Covid-19 varian Omicron.

“Kami sangat optimistis vaksin Merah Putih ini dapat menangkan Omicron. Karena dari hasil pre klinis yang telah dilakukan tim peneliti Unair terhadap hewan makaka, tingkat efikasi vaksin menunjukkan hasil bagus yakni 98%,” ungkap Prof. Ni Nyoman Tri Puspaningsih.

Sebelumnya, vaksin Merah Putih telah diuji dengan virus Covid-19 varian Delta, varian yang dianggap memiliki tingkat penyebarang paling tinggi dibanding varian lainnya. Beliau mengungkapkan saat kasus COVID-19 varian Delta, efikasi yang terdapat pada vaksin jenis lain sempat menurun 10 persen hingga 15 persen, namun masih di angka 65 persen sampai 75 persen.

“Kalau analoginya jika (vaksin) lain turun (efikasinya) di Delta tapi masih (dinilai bagus) efiksinya. Apalagi kami sudah uji tantang di varian Delta,” tambahnya.

Dengan begitu, ia optimistis kalau Delta saja dapat diatasi dengan vaksin ini, maka kemungkinan varian Omicron juga bisa karena Omicron menular cepat, namun keparahannya tidak separah Delta.

NeoClinic, klinik kesehatan berbasis teknologi yang dikembangkan oleh Ralali.com tanggapi penyebaran Omicron Indonesia dengan meluncurkan immune booster untuk tingkatkan imunitas tubuh. NeoClinic hadirkan dua varian immune booster, yakni Immune Booster Vitamin C 500mg dan Immune Booster Multivitamin. Segera dapatkan layanan immune booster dan jasa NeoClinic dengan harga terbaik hanya di https://www.ralali.com/v/neoclinic.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.