Berjalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Memberi Banyak Manfaat

0
Berjalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Memberi Banyak Manfaat
Berjalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Memberi Banyak Manfaat

Berjalan kali sering dianggap sepel, dan tidak sedikit pula yang meninggalkannya terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Di tambah adanya banyak faktor salah satunya seperti adanya kendaraan sehingga membuat aktivitas berjalan kaki kian diabaikan.

Berjalan kaki adalah jenis olahraga yang sederhana dan gampang dilakukan, meskipun sederhana, namun berjalan kaki mempunyai begitu banyak manfaat untuk kesehatan antara lain meningkatkan stamina, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung dan masih banyak lagi.

Berjalan kaki sudah banyak disarankan oleh ahli kesehatan, salah satunya kampanye 10.000 langkah setiap harinya. Jumlah ideal kegiatan berjalan kaki yakni 10.000 langkah per hari. Akan tetapi, untuk bisa mencapai target tersebut, tidak harus langsung sebanyak itu, kita bisa memulainya dari 3.000 – 4.000 langkah per hari, setelah itu menambah sebanyak 500 langkah setiap minggunya hingga mencapai target 10.000 langkah tersebut.

Dengan langkah sebanyak itu, lantas bagaimana cara mengetahui berapa jumlah langkah yang sudah di lakukan? Solusinya dengan menggunakan pedometer.

Pedometer adalah alat berukuran kecil yang digunakan untuk menghitung jumlah langkah yang sudah kita tempuh sewaktu berjalan kali. Tidak hanya itu saja, dengan alat ini kita dapat mengetahui jarak tempuh, informasi kalori dan lemak yang terbakar.

Cara kerja pedometer ini cukup sederhana, alat ini bekerja dengan cara menghitung berapa kali pinggul kita bergerak naik serta turun. Pada beberapa jenis pedometer mampu mengukur jarak tempuh yang sudah kita lalui dan berapa jumlah kalori yang sudah kita bakar dengan berjalan kaki tersebut.

Sebelum menggunakan pedometer, sebaiknya mengetes akurasinya terlebih dahulu. Cara yang bisa dilakukan seperi yang disarankan dalam situs www.physicalactivityline.com ialah dengan memasang pada bagian pinggang, setelah itu berjalanlah 20 langkah sembari menghitungnya secara manual. Apabila angka yang tertera dalam alat ini tidak berada pada angka 20 maka pindahkan kepagian pinggang yang berbeda serta lakukanlah uji coba kembali hingga hitungan pada pedometer tersebut menunjukkan angka yang tepat.

Untuk melihat bermacam pedometer, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual pedometer dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.