Mengukur Tekanan Darah Dirumah Ternyata Hasilnya Lebih Akurat

0
Mengukur Tekanan Darah Dirumah Ternyata Hasilnya Lebih Akurat
Mengukur Tekanan Darah Dirumah Ternyata Hasilnya Lebih Akurat

Ketika terkena penyakit hipertensi kita tidak akan mengalami gejala apapun mengenai adanya penyakit tersebut. Hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya, sehingga sangat penting untuk melakukan pengukuran tekanan darah untuk mendeteksi adanya penyakit tersebut.

Untuk mengukur tekan darah, diperlukan sebuah alat bernama tensimeter. Alat ini dilengkapi lilitan atau manset, dan digunakan bersama stetoskop. Tensimeter terdapat dua macam, jenis konvensional dan digital. Tensimeter digital lebih mudah pengoperasiannya dari pada jenis konvensional, dan hasilnya pun lebih akurat.

Pengukuran tekanan darah biasanya dilakukan di tempat kesehatan seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, dan lainnya. Konon memeriksa atau mengukur tekanan darah di tempat tersebut lebih akurat daripada mengukur sendiri di rumah, sebab ditangani oleh ahlinya.

Dilansir dari situs Beritasatu.com, mengukur tekanan darah di rumah ternyata hasilnya lebih akurat jika dilakukan dengan benar dan dilakukan secara rutin. Pengukuran tekanan darah di rumah dengan benar dan rutin akan lebih menggambarkan tekanan darah yang sesungguhnya ketimbang mengukur tekanan darah yang hanya dilakukan sekali ketika berobat di tempat kesehatan.

Baca: Penting ! Cek Tekanan Darah Jangan Hanya Pada Satu Lengan Saja

Pengukuran tekanan darah di tempat kesehatan sering menunjukkan hasil yang tidak akurat, hal tersebut akibat “white coat effect”, yakni kondisi di mana tekanan darah yang diukur oleh ahli kesehatan hasilnya lebih tinggi ketika diukur sendiri di rumah. Hal ini terjadi karena adanya rasa takut pasien sewaktu melihat tenaga medis.

Untuk memperoleh hasil tekanan darah yang akurat, pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan selama tujuh hari pada pagi atau malam hari. Ketika diperiksa, posisi tubuh mesti dalam kondisi tidur atau duduk. Selain itu, istirahatlah setidaknya lima menit sebelum pemeriksaan dan hindarilah makanan serta minuman yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Jika hasil pengukuran tekanan darah menunjukkan angka di atas 140/90 mmHG, maka bisa dikatakan mengalami hipertensi. Untuk melihat bermacam tensimeter, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual tensimeter dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar