#BusinessStory: Bikin Usaha Itu Seperti Jodoh. Jalani Dulu, Siapa Tahu Cocok Seperti Kisah Pemilik Insomniak!

Ralali Business Story Insomniak

0

Ralali Business Story | Insomniak

Insomniak

Ralali Business Story

 

Halo! Kami ingin tahu, siapa Anda dan bisnis yang Anda jalankan?

Halo, saya Fariduddin Attar, Product & Operasional Manager sekaligus pemilik Insomniak.

Insomniak adalah kafe berkonsep komunitas. Harapannya, kafe ini dapat menjadi tempat para komunitas berkreasi dan menghasilkan kegiatan positif.

Nama Insomniak merupakan singkatan dari Insomnia Maniak. Filosifinya,  bahwa para orang yang mempunyai gangguan tidur dapat menghabiskan waktu  malamnya di Insomniak. Nama ini dicetuskan karena pada awalnya Insomniak ingin beroperasi sampai dengan pukul 04.00 subuh.

Menu original kami adalah Donat Bakar, untuk minuman yaitu Insominiak Cooler dan Insomniak Frozen. Kami juga menjual banyak makanan dan minuman siap saji seperti kedai makanan pada umumnya. Minuman best seller kami adalah Kopi Susu Sidikalang.

Ralali Business Story | Insomniak
(Foto Kopi Susu Sidikalang Insomniak | Sumber: Ralali Business Story)

 

Apa yang menginspirasi Anda dalam menciptakan Insomniak?

Latar belakang para owner sendiri yang aktif dalam kegiatan komunitas. Maka kami pun ingin mendirikan suatu bisnis yang bermanfaat untuk komunitas, terutama komunitas kampus.

Berawal  dari kebiasaan  nongkrong yang sering  dilakukan untuk sekedar  bertemu, diskusi, atau yang lainnya. Tapi hobi nongkrong merupakan hobi yang lumayan konsumtif. Maka muncul lah Insomniak sebagai tempat nongkrong yang tidak konsumtif.

Bagaimana proses memulai dan peluncuran Insomniak?

Insomniak dirintis oleh  4 orang, Zulfadly, Fudholi,  Fauzan dan saya sendiri, Attar.   Mulai berjalan tepatnya pada tanggal 24  Februari 2017. Seperti yang tadi saya sebut, awalnya  Insomniak ingin beroperasi sampai dengan pukul 04.00  subuh. Akan tetapi, belum dapat direalisasikan karena beberapa pertimbangan.

 

Apa saja tantangan dalam menjalani atau mengembangkan Insomniak?

Tantangan dalam membangun bisnis bersama teman adalah perbedaan jalan untuk mencapai  tujuan. Kami memiliki tujuan yang sama, namun terkadang gaya dan cara kami berbeda.  Namun kami menjawab tantangan tersebut dengan motto; “untung rugi ditanggung bersama.”

 

Siapa target pasar Insomniak? Dan bagaimana cara Anda menarik perhatian customer Anda?

Karakteristik target pasar kami  adalah baik pria/wanita yang aktif   dalam organisasi atau komunitas, menyukai kegiatan hang out dan kuliner, dan tentunya penyuka kopi. Rentang usia terbuka dari 19 sampai 50 tahun. Biasanya yang berkunjung ke kafe kami adalah pelajar atau karyawan.

Untuk mempromosikan dan menarik perhatian publik, kami membaginya ke 3 bagian.

Yang pertama membangun relasi dengan komunitas aktif dengan harapan agar member komunitas menjadikan Insomniak sebagai basecamp (tempat nongkrong) mereka.

Kami juga mengadakan event-event seru yang biasanya merupakan kegiatan rutin mingguan atau dwi mingguan, seperti Stand-up comedy, musik akustik, diskusi politik, dan lain-lain. Kami juga memfasilitasi komunitas/non-komunitas yang ingin melaksanakan aktivitas internal.

Metode terakhir tentunya adalah promoyaitu dengan memberikan diskon pada momen tertentu, misalnya launching produk baru, memperingati hari-hari besar, dan semacamnya.

 

Bagaimana harapan dan rencana bisnis Insomniak?

Rencana untuk ke depannya, kami dapat melakukan  standarisasi di setiap lini perusahaan. Sehingga  diharapkan proses monitoring dapat dilakukan secara auto-pilot.

 

Saran atau nasihat yang ingin Anda sampaikan untuk rekan yang baru ingin atau baru saja memulai bisnis?

Jangan  ragu, karena  segala resiko yang  terpikirkan belum tentu  seperti yang ditakutkan. Miliki  perencanaan dan konsep usaha yang  tepat, karena ‘ideal’ dalam konsep usaha  saja belum cukup jika bertemu situasi yang  sesungguhnya.

Karena usaha itu seperti jodoh, jalani saja dulu siapa tahu cocok.

Ralali Business Story | Insomniak

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.