#BusinessStory Dari Dekorator Kecil, Sekarang Charis Decoration Beromzet 100 Juta!

Charis Decoration

0

Charis Decoration

Ralali Business Story

 

Halo! Kami ingin tahu, siapa Anda dan bisnis yang Anda jalankan?

Hai, saya Angelia Kartika Tjandra, co-founder Charis Decoration

Charis Decoration berfokus pada jasa dekorasi dan konsultasi khususnya acara ulang tahun, tunangan, dekorasi meja di acara-acara bridal shower, baby shower, anniversary, dan lain sebagainya.

Nama Charis Decoration diambil dari kata Charis yang berarti Kasih dalam bahasa Yunani. Pemilihan nama ini dipilih karena didasari kecintaan saya dalam melakukan dekorasi detail di acara teman-teman dan keluarga, hingga akhirnya menjadi pekerjaan yang saya tekuni dan berdiri secara resmi pada 17 Februari 2016, berlokasi di Surabaya.

Charis Decoration memberikan konsultasi gratis sebelum memesan dekorasi, untuk harga jasa dekorasi yang kami patok sangatlah bersaing. Tiap tahunnya harga pesaing naik setiap tahun, sedangkan kami mampu mempertahankan harga yang sama dengan servis yang lebih baik. Kami sangat mengutamakan budget konsumen!

Charis Decoration
Sumber Foto Charis Decoration
Apa yang menginspirasi Anda dalam menciptakan Charis Decoration?

Awal sebelum terbentuknya Charis Decoration, belum begitu banyak jasa sejenis yang berkembang atau mengarah di detailed decoration. Saya mulai mencoba menghias dekorasi teman pada Juni 2013 silam. Saat itu belum banyak jasa dekorasi kecil-kecilan seperti ini.

Kegemaran saya mengitari Pinterest membuat saya masuk ke dalam tren dekorasi minimalis dari luar negeri!

 

Bagaimana proses memulai dan peluncuran Charis Decoration?

Modal awal yang didapatkan adalah melalui dari jasa dekorasi sebelumnya yang pernah dikumpulkan sebelum membangun Charis Decoration ini. Sebelum menjadi Charis Decoration, saya mengalami banyak lika-liku. Awalnya, saya membangun bisnis ini dengan nama Just For Fun. Saya memiliki partner, kemudian karena adanya perbedaan visi misi serta tujuan ke depan, maka saya pun memutuskan berjalan sendiri pada tahun 2016. Untungnya Charis Decoration berkembang cukup lebih cepat dibanding yang sebelumnya.

 

Apa saja tantangan dalam menjalani atau mengembangkan Charis Decoration?

Tidak selamanya bisnis itu berjalan mulus.

Banyak sekali tantangan dalam menjalani usaha ini. Entah dari tukang yang bekerja seenaknya, supplier yang membatalkan pesanan secara dadakan, klien yang tidak percaya, dan masih banyak lagi. Jujur saja menjalani bisnis jasa seperti ini itu sulit.

Saya ingin bercerita sedikit.

Waktu itu Maret 2017, klien saya adalah seorang yang berusia sekitar 40-50 tahun. Sejak awal klien ini terus membandingkan Charis dengan yang lain, baik dari sisi dekorasi, pelayanan, dan harga. Lumayan menyebalkan bagi saya, karena setiap dekorasi punya ciri khas dan servis yang berbeda pula.

Sampailah pada H-1 minggu acara, yang dimana sudah tertera di dalam perjanjian bahwa pembayaran harus dilunasi. Klien ini mengatakan bahwa mereka pasti akan membayar di hari H. Tentu kami bilang tidak bisa karena ini merupakan prosedur yang telah diinformasikan sejak awal dealing. Akhirnya, klien ini membayar, namun beberapa hari kemudian, ia kembali meminta tambahan ini itu dengan gratis. Dan bahkan sangat tidak sopan, klien ini terus membombardir telepon saya dan tidak peduli ketika saya sedang menyetir.

Kemudian ibu dari klien tersebut yang kira-kira berusia 65-70 tahun mulai turun tangan dalam urusan dekorasi dan permintaan yang diajukan mulai jauh dari kesepakatan. Akhirnya pada hari H kami mendekorasi sesuai permintaan klien. Dan ketika mereka melihat hasilnya, mereka menelepon dan memaki saya dengan kata-kata kasar yang sangat tidak berpendidikkan.

Tak lama, sang Ibu klien menelepon dan mengatakan bahwa table setting terlalu penuh, sedangkan klien sendiri mengatakan meja kurang penuh. Saya hanya bisa diam di telepon mendengar pendapat mereka yang bertolak belakang, bahkan makian mereka bersifat sangat kasar dan menjatuhkan.

Itu kali pertamanya sampai saya tidak bisa lupa. Saya menangis di telepon dan tidak bisa berkata-kata karena sesenggukan. Mereka tetap marah dan meminta hal yang tidak masuk akal untuk dilakukan. Saya hanya bisa berdoa dan meminta maaf karena terus terang saya tidak mengerti mengapa mereka begitu marah. Dekorasi yang kami berikan sudah sesuai tema yang disepakati.

Sepertinya, ekspektasi dan ketidaksamaan pendapat mereka buat semua jadi runyam. Itu adalah saat terendah saya, saya sampai takut ketika bersama tim membereskan dekorasi yang ada. Untung pihak restoran membantu menjaga dekorasi kami karena pihak klien ingin membawa pulang semuanya. Rangkaian bunga yang awalnya mereka hina-hina di telepon, juga mereka bawa pulang. Saya bersyukur karena keluarga banyak menghibur dan memberikan dukungan untuk terus maju.

Akhirnya bisa merelakan kejadian itu meskipun masih saya ingat. Saya percaya karena hal-hal berat lah yang akan membawa Charis Decoration ke level yang lebih tinggi. Saya belajar dari kejadian pahit tersebut dan berusaha untuk mengampuni orang yang menyakiti saya.

Namun di sisi lain juga ada sukacita saat bekerja sebagai dekorator ini, kami sangat senang ketika klien kami puas hingga merekomendasikan kami tanpa diminta, kami begitu senang ketika klien memperhatikan jasa tambahan yang kami berikan di luar perjanjian, kami juga senang ketika mereka bilang bahwa mereka puas dan dekorasi kami membuat acara menjadi menyenangkan. Kami begitu senang melihat senyum yang mereka tunjukkan, kata-kata positif, serta semangat yang mereka berikan kepada kami. Kami sangat bersyukur karena mayoritas klien kami merupakan klien setia dan sangat baik kepada kami. Mereka memberikan semangat lebih kepada kami untuk terus berinovasi dan berkarya lebih baik.

 

Siapa target pasar Anda? Dan bagaimana cara Anda menarik perhatian customer Anda?

Target customer kami biasanya lebih banyak kepada wanita dan ibu muda berusia antara 22-35 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan banyak juga anak-anak muda 15 tahun ke atas yang mulai memesan dekorasi untuk acara ulang tahun, menembak pacar, melamar dan lain sebagainya.

Kami menarik perhatian customer lama kami biasanya dengan memberikan bonus untuk klien-klien langganan kami. Sedangkan untuk klien baru biasanya kami melakukan promosi melalui iklan di instagram dan facebook. Pada umumnya klien-klien yang merayakan bridal shower menggunakan jasa kami akan merekomendasi ketika ada teman lainnya yang juga mau bridal shower maupun baby shower.

 

Bagaimana harapan dan rencana bisnis Anda?

Kami akan membangun tim yang lebih besar dengan perluasan jasa di bidang penyedia jasa fotografi, hampers, undangan, dan lainnya. Karena saat ini Charis Decoration hanya ada di Surabaya saja, doakan supaya bisa berkembang ke kota lain seperti Bali, Semarang, Bandung dan lainnya, ya!

 Charis Decoration
Sumber Foto Charis Decoration

 

Saran atau nasihat yang ingin Anda sampaikan untuk rekan yang baru ingin atau baru saja memulai bisnis?

Pertama, tetap tekun dan konsistensi dengan usaha yang Anda jalankan karena usaha tidak akan sia-sia.

Kedua, terus belajar dan membangun koneksi dan hubungan baik dengan klien. Karena mungkin suatu hari ketika kita mengembangkan sayap ke bisnis lain, bisa jadi klien menjadi partner kerja kita nantinya.

Ketiga, tetap rendah hati dan sabar ketika banyak ujian yang datang. Jangan berusaha terus menjadi superman (bekerja sendirian), buatlah superteam yang mampu bekerja sama dan saling mendukung secara positif.

Terakhir, “Be confident with your vision, be adaptive to change, quit complaining and start learning by doing”

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.