#BusinessStory: Kisah Inspiratif KEKOPE, Online Coffee Shop Profesional Yang Sangat Mengapresiasi Kopi Indonesia!

Ralali Business Story: KeKoPe

0

KeKoPe

Ralali Business Story

 

Halo! Kami ingin tahu, siapa Anda dan bisnis yang Anda jalankan?

KeKoPe~ Yes, We Sell Great Quality Coffee! Halo, saya Nugradzia Nursamsy, biasa dipanggil Nugie, pemilik KeKoPe.

Saya memulai KeKoPe pada September 2017, awalnya KeKoPe adalah usaha rumahan berbasis online, sistem pengiriman pun masih dibantu oleh aplikasi ojek online. Produk yang ditawarkan saat ini adalah kopi susu KeKoPe dan Honey Cold Brew KeKoPe. Tentunya KeKoPe akan terus menambah menu yang inovatif.

Kopi susu kami mempunyai rasa earthy caramel chocolate dan orange note, serta memiliki rasa smooth-after-taste. Menu Honey Cold Brew adalah kopi dicampur dengan susu segar dan madu, dibuat menggunakan manual cold brew (metode penyeduhan kopi menggunakan air dingin dan didiamkan selama 1 hari untuk mengekstrak kafeinnya)

Ke adalah kata preposisi ‘ke’ dalam bahasa Indonesia. Ko-Pe artinya adalah kopi dalam bahasa Hawaii. Filosopi merek Ke Ko-Pe bermaksud sebagai ajakan untuk ngopi dari produk KeKoPe.

Cold Brew khas KeKoPe | Sumber Ralali Business Story: KeKoPe
Apa yang menginspirasi Anda dalam menciptakan KeKoPe?

Sejak kecil saya ingin punya Coffee and Bakery Shop mungil. Kemudian pengaruh tren gerakan Thrid Wave Coffee, yang dimana kita sebagai konsumen kopi tertarik dengan asal usul kopi yang diminum, mulai dari petani, proses, dan lainnya.

Hal ini membuat saya merasa bahwa dunia kopi makin menarik, sehingga semakin menjadi inspirasi dan motivasi saya untuk berinteraksi secara mendalam di dunia kopi. Ditambah lagi saya memang hobi ngopi dan istri juga gemar mengunjungi coffee shop di Jakarta.

 

Bagaimana proses memulai dan peluncuran KeKoPe?

Pada September 2017, investasi awal KeKoPe sekitar 50 juta rupiah dengan investasi yang lebih ke arah mesin espresso dan toolsnya.

Saya tidak ingin buka usaha tanpa paham betul soal seluk beluknya, maka saya pun melengkapi kemampuan dan pengetahuan saya tentang kopi. Saya mengikuti kelas dari kelas apresiasi kopi, cupping, dan barista. Bahkan sampai saat ini saya terus belajar dan bercita-cita jadi Q Grader sehingga dapat memberikan nilai lebih dari usaha saya juga.

 

[ Dapatkan aneka produk Coffee Makers seperti Kekope di RALALI.
KLIK DI SINI ]

 

Apa saja tantangan dalam menjalani atau mengembangkan KeKoPe?

Tantangan dalam membangun usaha pasti ada, apalagi industri kopi Indonesia selalu berkembang dan banyak pesaingnya. Selain persaingan, banyak tantangan lain, seperti mencari supplier biji kopi lokal yang tepat dan sesuai, packaging, membangun merek, menjaga hubungan baik dengan customer, dan lain-lain.

Tantangan untuk usaha baru menurut kami adalah bagaimana kemampuan kita membuat calon customer itu tahu kalau kami itu ‘ada’ dan bagaimana membuat produk kami dikenal dan dibutuhkan oleh customer. Sekarang tools media sosial juga sangat membantu sekali untuk memasarkan produk dan beriklan dengan biaya yang terjangkau.

 

Siapa target pasar Anda? Dan bagaimana cara Anda menarik perhatian customer Anda?

Segmentasi secara geografis adalah masyarakat yang tinggal di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Secara demografis, segmen dan target kami untuk semua gender, umumnya customer kami berada pada rentang usia 20 tahun keatas yang menyukai kopi, yang ingin coffee-to-go atau ingin menikmati kopi tetapi tidak ingin keluar rumah/kantor.

Oleh karena itu kami memposisikan usaha kami sebagai coffee shop yang dapat mengantar kopi via aplikasi transportasi online ke lokasi pemesan dengan harga terjangkau. Cara kami yang lain adalah kami selalu aktif memposting foto/video di media sosial. Hal ini harus banget dilakukan supaya customer memiliki pembekalan tentang produk. Kami juga selalu memberikan promo seperti Paket Big Order untuk event.

 

Bagaimana harapan dan rencana bisnis Anda?

Rencana untuk ke depannya, KeKoPe punya cita-cita tidak hanya bergerak di usaha rumahan berbasis online coffee shop, tetapi akan berusaha menjadi one stop solution untuk pecinta, penggiat, dan pebisnis kopi.

KeKoPe ingin dapat memberikan mulai dari jasa konsultasi kopi, coffee shop fisik (offline), menjual biji kopi berkualitas, distributor mesin espresso, manual brew, packaging, training dan sharing tentang kopi (appreciation, cupping, barista, roasting, dan lainnya.),

Ada juga ingin menyelenggarakan ekowisata untuk mengunjungi petani kopi Indonesia. Ada pepatah jika tidak kenal maka tak sayang. Pepatah itu juga berlaku untuk kopi Indonesia. Jika kita lebih mengenal kopi Indonesia dan karakteristiknya maka pasti akan lebih mencintai dan menghargai kopi Indonesia

kekope
Sumber | Ralali Business Story KeKoPe
Saran atau nasihat yang ingin Anda sampaikan untuk rekan yang baru ingin atau baru saja memulai bisnis?

Untuk teman-teman yang ingin memulai atau baru saja memulai usaha, jangan lupa untuk selalu berusaha, berdoa, dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Memulai usaha itu pasti tidak mudah dan jalan ke depannya juga pasti menemukan banyak tantangan.

Consistent and persistent. Konsisten dan gigih, itu penting sekali untuk membesarkan bisnis. Terkadang jika kita menemukan tantangan dan gagal, kita harus bangun kembali untuk usaha dan pantang menyerah, di situlah dilihat keseriusan kita dalam berusaha atau hanya main-main. Jangan lupa; Inovasi! Buat lah produk kalian punya keunggulan yang tak dimiliki dari yang lain.

Terakhir adalah Mulai. Jika kalian mempunyai niat dan ide cemerlang tetapi tidak mulai-mulai, maka akan sia-sia saja.

Akhir kata, semangat terus!

 

[ Dapatkan aneka produk Coffee Makers seperti Kekope di RALALI.

KLIK DI SINI ]

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.