Cara Aman Menggunakan Listrik Untuk Menghindari Kecelakaan Di Rumah

0

Seringnya diberitakan tentang terjadi kecelakaan dirumah seperti kebakaran yang di akibatkan karena kecerobahan pemilik rumah. oleh karenanya setiap penghuni rumah untuk selalu berhati – hati agar hal – hal yang tidak di ingikan terjadi di dalam rumah. salah satu faktor yang diperhatikan adalah penggunaan alat  yang terhubung dengan listrik, karena banyak sekali kebaran di dalam rumah dikarenakan adanya kesalahan dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan listrik. oleh karena itu penting bagi kita semua memahami cara aman menggunakan listrik untuk menghindari kecelakaan di rumah.

cara aman menggunakan listrik
Sumber gambar : lensaindonesia.com

Sekarang ini perlengkapan serta peralatan tangga sudah bergantung pada listrik. Listrik mempunyai peran yang sangat penting untuk melakukan aktivitas di rumah. Akan tetapi pemakaiannya mesti diperhatikan dan selalu berhati-hati apabila tak ingin celaka pada diri Anda.

Baca Juga : Inilah Beberapa Jenis Alat Keselamatan Kerja Listrik

Berikut ini merupakan hal penting atau cara aman menggunakan listrik.

  • Ikuti buku petunjuk penggunaan.

Pelajari serta pahamilah cara pemakaian peralatan serta perlengkapan listrik pada buku panduannya supaya terhindar dari hal yang tak diinginkan.

  • Perhatikan daya listrik.

Dalam pemakaian peralatan listrik mesti memperhatikan daya yang tetap atau sesuai terhadap daya listrik rumah kita, sebab pemakaian listrik yang melampaui kapasitas akan berpotensi mengakibatkan kebakaran. Untuk mengetahui daya yang dipakai pada setup peralatan, bisa dilihat di bodi alat ataupun di kardus tempat penyimpanan alat tersebut.

  • Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik.

Perhatikan kondisi stopkontak saat akan mencabut atau mematikan peralatan listrik dan jangan mendahului mematikan peralatan listrik dari stopkontak langsung sebelum alat listrik itu dimatikan sebelumnya. Hal ini untuk mencegah munculnya bunga api yang mungkin berpotensi dapat menyebabkan kebakaran.

  • Beri sedikit ruang di sekitar alat listrik.

Setiap alat listrik yang kita gunakan bisa menimbulkan energi panas di sekitarnya, maka dari itu janganlah meletakkan alat listrik di area yang tertutup, sebab komponen yang ada di dalamnya mengeluarkan energi panas yang bisa mengakibatkan alat listrik terbakar malahan tidak bisa dipergunakan lagi.

  • Jangan menyentuh peralatan listrik apabila tangan basah.

Apabila tangan basah, jangan sesekali mencoba untuk menyentuh ataupun memegang alat listrik yang tengah menyala sebab tangan dalam keadaan basah mengandung air, dan air merupakan penghantar listrik yang bisa menghantarkan arus listrik.

  • Jangan meletakkan alat listrik dekat bahan kimia.

Jangan sesekali meletakkan bahan kimia berada dekat alat listrik sebab bahan kimia bisa menimbulkan terjadinya kebakaran. Bahan kimia tersebut semisal obat nyamuk atau cairan pembasmi nyamuk serta minyak tanah.

  • Matikan alat listrik apabila sedang mati lampu.

Apabila rumah sedang mengalami mati listrik, segera matikan alat listrik yang sebelumnya menyala, di khawatirkan listrik akan menyala kembali dan otomatis alat tersebut pun akan ikut menyala, hal tersebut bisa melukai pemakainya apabila menyala secara tiba-tiba.

Baca Juga : Tips Mencegah Korsleting Listrik Pada Rumah

Penulis : Vei

Editor  : Angga

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar