Inilah Beberapa Jenis Alat Keselamatan Kerja Listrik

0
alat keselamatan kerja listrik
sumber gambar : imstraining.co.id

Alat keselamatan kerja listrik sangat diperlukan oleh setiap pekerja yang bekerja di sektor kelistrikan yang bertugas melayani, menyediakan serta memakai daya listrik. Sejumlah perlengkapan yang digerakkan oleh listrik menimbulkan tegangan, putaran ataupun tekanan berkapasitas besar sehingga bisa berisiko kecelakaan, oleh sebab itu keselamatan kerja untuk pekerja listrik amatlah penting.

Peralatan keselamatan untuk kerja listrik bisa melindungi setiap pekerja dari berbagai macam bahaya peralatan listrik, sebab hampir 95 persen kecelakaan listrik yang terjadi berujung kematian. Sumber paling besar dari kecelakaan listrik kerap kali disebabkan karena ketidaktahuan serta ketidak sengajaan.

Baca Juga : Menerapkan Keselamatan Kerja di Bengkel Otomotif

Peralatan keselamatan kerja dalam instalasi listrik amatlah penting untuk keamanan gedung dan isinya terhadap kebakaran yang diakibatkan instalasi listrik. Keamanan dalam instalasi listrik beserta dengan perlengkapannya, dan keselamatan manusia guna melindungi terhadap bahaya sentuhan dan kejutan arus listrik pun sangat penting.

Prinsip-prinsip dalam keselamatan kerja terhadap alat-alat listrik mesti dipenuhi oleh pihak perusahaan kepada para pekerjanya dalam bentuk jamsostek atau jaminan sosial tenaga kerja dan pihak perusahaan mesti menyediakan peralatan atau fasilitas yang bisa menjamin kesehatan serta keselamatan para pekerjanya

Jenis Alat Keselamatan Kerja Listrik

Jenis-jenis peralatan keselamatan kerja listrik serta fasilitas kerja yang mesti tersedia yaitu:

Alat Pemadam Kebakaran

Alat pemadam Kebakaran mempunyai peran yang sangat penting sebab kebakaran merupakan masalah yang sering terjadi sewaktu melakukan instalasi listrik ataupun sewaktu bekerja dengan peralatan listrik, sehingga resik terjadinya kebakaran bisa diminimalkan.

Baca Juga : Beberapa Aspek Keselamatan dalam Bekerja

Kotak P3K lengkap

P3K ditunjukkan untuk memberikan pertolongan pertama terhadap kecelakaan sebagai upaya pertolongan awal terhadap penanggulangan kecelakaan, sehingga menangkal serta meminimalkan keparahan atau kerusakan yang terjadi karena kecelakaan kerja.

Pakaian kerja serta peralatan keselamatan kerja yang lengkap.

Para pekerja yang berada di lokasi serta yang akan bekerja mesti memakai pakaian kerja serta memakai Alat Pelindung Diri (APD) semisal helm, sepatu listrik atau Safety shoes, kacamata Safety (goggles), Sarung tangan Safety (Safety Gloves), selimut api, detektor gas (gas detector) serta tabung pemadam kebakaran.

Baca Juga : Berbagai Jenis Alat Keselamatan Kerja

Penulis : Vei

Editor : Angga

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar