Langkah-langkah Keselamatan Kerja Listrik

0
Langkah-langkah Keselamatan Kerja Listrik
Image: www.educa.net

Langkah-langkah Keselamatan Kerja Listrik – Langkah keselamatan kerja listrik sangat memerlukan perhatian entah itu dari pihak perusahaan ataupun dari orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Sengatan listrik di kantor tergolong ke dalam kategori kecelakaan di area kerja, sehingga pihak perusahaan mesti menanggung seluruh biaya pengobatan yang diperlukan oleh karyawan tersebut.

Dalam upaya menghindari atau mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang diakibatkan sengatan listrik maka setiap pekerja mesti diberi bekal pengetahuan terhadap keselamatan kerja listrik.

Sengatan listrik digolongkan atas tingkatan besar serta kecilnya arus listrik yang mengenai tubuh, yaitu:

Baca: Tips Cara Aman Menghindari Setrum Listrik yang Berbahaya

  • Apabila seseorang yang terkena sengatan arus listrik sebesar 1 mill amper maka orang tersebut hanya merasa geli ataupun kesemutan saja di sekitar tubuhnya yang terkena kabel ataupun listrik tersebut.
  • Apabila seseorang yang terkena sengatan arus listrik sebesar 10 mill amper maka akan mengakibatkan nyeri otot. Rasa nyeri yang di rasakan lumayan parah sehingga seseorang yang tersengat listrik dengan besaran 10 mill amper akan sulit melepaskan konduktor ataupun benda penghantar listrik tersebut karena kejang otot yang dialaminya.
  • Apabila seseorang yang terkena sengatan arus listrik sekitar 100 hingga 200 mill amper maka otot jantungnya akan mengalami fibrilasi ventrikel yang bisa berdampak kematian. Hal ini pada umumnya terjadi pada perusahaan yang membutuhkan perawatan serta pemeliharaan alat elektronik semisal PLN maupun Broadcasting

Langkah-langkah Keselamatan Kerja Listrik.

  • Terdapat sejumlah langkah yang dapat dilakukan oleh pekerja yang pada sekitar area kerjanya terdapat tegangan listrik, yaitu:
  • Sangat penting untuk mengetahui semua simbol listrik, sebab ketidaktahuan terhadap simbol ataupun gambar tegangan lirik, akibat fatal akan terjadi.
  • Bagi yang bekerja di area yang bertegangan tinggi, sebelum memulai bekerja mesti memeriksa arus listriknya. Arus listrik mesti dimatikan sewaktu terdapat pekerja yang bekerja di area bertegangan tinggi tersebut.
  • Disarankan untuk tidak berada di sekitar area yang dialiri arus listrik bertegangan tinggi semisal peralatan besar, sehingga perusahaan mesti tegas dalam melakukan peraturan untuk tak mengizinkan pegawainya untuk berada di sekitar mesin sewaktu mesin menyala. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan pekerja ketika bekerja.
  • Tindakan keselamatan kerja lirik sewaktu terdapat teman ataupun seorang yang tersengat listrik ialah jangan sesekali mencoba untuk mendekati korban yang masih tersengat, sebab anda pun bisa ikut tersengat malah hasilnya akan lebih fatal. Tindakan yang disarankan yaitu padamkan sumber listriknya.

Jangan lupa untuk selalu mengenakan alat keselamatan kerja listrik sewaktu bekerja. Gunakanlah alat pelindung diri (APD) kerja listrik yang sesuai standar.

Baca: Inilah Beberapa Jenis Alat Keselamatan Kerja Listrik

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.