Inilah Pentingnya Tanda Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja

0
Inilah Pentingnya Tanda Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja
Image: www.stfi.ac.id

Pentingnya Tanda Keselamatan Kerja – Lingkungan kerja merupakan tempat untuk kita melakukan aktivitas kerja. Banyak sekali hal yang kita lakukan di tempat tersebut. Karena dijadikan tempat untuk bekerja, maka tempat tersebut mesti terpasang tanda-tanda keselamatan kerja. Dengan adanya tanda tersebut, maka terjadinya kecelakaan akan sangat kecil.

Tanda keselamatan kerja mempunyai beragam jenis warna yang dipergunakan dalam tanda ataupun simbol yang ada. Umumnya tanda tersebut memakai warna yang terang agar mudah dilihat.

Baca: Begitu Pentingnya Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan

Pada umumnya tanda keselamatan kerja terbagi menjadi empat macam. Berikut ini merupakan sejumlah tanda keselamatan kerja yang ada.

Inilah Pentingnya Tanda Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja

Tanda larangan

Tanda larangan menunjukkan semua perbuatan yang tidak boleh dilakukan di dalam area atau wilayah yang terdapat tanda ini. Pada umumnya tanda larangan ini memakai garis merah tebal yang menyilang yang menunjukkan bahwa hal itu tidak boleh untuk dilakukan.

Contohnya ialah dilarang merokok di dalam tempat tersebut sebab kondisi dari tempat tersebut mudah untuk terbakar. Ataupun larangan untuk melakukan percakapan dengan memakai telepon genggam dan yang lainnya.

Tanda Perintah

Tanda perintah merupakan tanda yang menunjukkan terhadap suatu kondisi yang ada ataupun mesti ada oleh siapa pun yang berada di area sekitar tanda perintah tersebut berada. Contohnya merupakan tanda diharuskannya menggunakan sarung tangan (Safety Gloves) atau yang lainnya.

Tanda bahaya

Tanda bahaya merupakan tanda yang menunjukkan keadaan bahaya yang bisa terjadi di tempat tersebut. Sehingga mesti dilakukan tindakan dalam menjaga tempat tersebut dari semua penyebab yang bisa menyebabkan bahaya serta membahayakan semua pihak.

Tanda Keselamatan

Tanda keselamatan merupakan tanda yang menunjukkan kita mesti mengutamakan keselamatan dalam bekerja.

Tanda api

Tanda api merupakan tanda yang menunjukkan bahwa terdapat api di sekitar area tanda tersebut. Sehingga diperlukan perhatian ataupun kehati-hatian yang maksimal terhadap setiap tindakan supaya tidak sampai menyulut api.

Terdapat banyak sekali tanda api ini, semisal tanda api merah, api putih dan api biru. Seluruhnya wajib untuk disadari keberadaannya supaya tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa Tanda Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja. Supaya pekerja lebih aman dalam bekerja, gunakanlah alat pelindung diri (APD) sesuai standar yang berlaku semisal memakai helm safety, sepatu safety, kacamata safety, alat pelindung telinga dan perlengkapan keselamatan lainnya yang sesuai dengan jenis pekerjaannya masing-masing.

Untuk melihat berbagai Safety Equipment atau peralatan safety dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual Safety Equipment dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.