Tips Cara Aman Menghindari Setrum Listrik yang Berbahaya

0
Tips Cara Aman Menghindari Setrum Listrik Yang Berbahaya
Image: blog.dormsmart.com

Tips Cara Aman Menghindari Setrum Listrik Yang Berbahaya – Listrik merupakan energi yang bisa dengan mudah untuk diubah menjadi energi lain semisal energi panas, energi cahaya, energi gerak dan yang lainnya. Sekarang ini listrik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sebab hampir seluruh alat serta perlengkapan yang terdapat di rumah mesti dijalankan dengan arus listrik.

Dibalik kemudahan penggunaannya, ternyata listrik bisa membahayakan makhluk hidup yang berurusan dengannya. Bahaya mengancam bagi siapa saja yang tidak berhati-hati dan tidak waspada terhadap arus listrik yang bertegangan tinggi.

Baca: Cara Aman Menggunakan Listrik Untuk Menghindari Kecelakaan Di Rumah

Di bawah ini ada beberapa tips bagi anda mengenai cara aman menghindari setrum listrik yang berbahaya dan supaya tidak terjadinya korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran.

  • Putuskan sambungan ataupun matikan listrik sewaktu hendak memperbaiki jaringan listrik, melakukan renovasi rumah, melakukan perbaikan alat dan yang lainnya.
  • Jangan menumpuk stop kontak listrik serta pakailah satu stop kontak saja untuk setiap satu lubang colokan guna menghindari terjadinya korsleting yang bisa membakar plastik peralatan listrik.
  • Apabila menemukan kabel listrik yang terkelupas ataupun terbuka, maka segeralah untuk mengganti kabelnya ataupun menutup bagian kabel yang terkelupas tersebut menggunakan isolator yang tidak mengantarkan listrik semisal isolasi, lakban dan yang lainnya.
  • Hindari bagian listrik dai anak-anak semisal dengan cara menjauhkan stop kontak listrik, kabel, sambungan dan yang lainnya.
  • Jaringan listrik jangan dipasang terlalu rendah supaya sewaktu banjir tidak akan mengancam jiwa penghuni rumah.
  • Jangan mengutak-atik perangkat jaringan listrik apabila tidak mempunyai pengetahuan serta pengalaman kelistrikan.
  • Pakai peralatan, komponen, material listrik yang berkualitas baik dan sudah mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI) atau Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK) ataupun Standar PLN (SPLN).

Waspada terhadap sumber listrik ataupun kabel listrik yang berada dekat dengan tiang antena tv, pohon, tiang telepon, tiang radio dan yang lainnya. Pangkas ranting serta daun pohon yang kering jika ada yang mengenai kabel. Periksalah tiang yang mengenai kabel listrik, apabila terdapat aliran listrik, hubungilah petugas perbaikan PLN guna memperbaikinya supaya anda tidak terkena setrum listrik yang sangat membahayakan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.