Tata Tertib Keselamatan Kerja di Laboratorium

0
Tata Tertib Keselamatan Kerja di Laboratorium
Image: phitagoras.co.id

Tata Tertib Keselamatan Kerja di Laboratorium – Semua orang mesti menyadari bahwa setiap jenis pekerjaan yang dilakukan tentunya mempunyai risiko, besaran risikonya pun bermacam-macam, entah itu kecil, sedang hingga risiko besar. Salah satu alasan mengapa laboratorium dianggap sangat berbahaya ialah sebab terdapatnya bahan-bahan berbahaya. Kita mesti berhati-hati dalam menjalankan aktivitas di laboratorium.

Banyak sekali bahaya yang bisa terjadi di laboratorium, benda-benda yang terdapat di dalamnya bisa menimbulkan bahaya, oleh karena itu kita mesti mengetahui bahaya yang ditimbulkan olah benda yang ada di laboratorium. Tidak hanya mengetahui bahaya yang ditimbulkan saja, kita juga mesti mengetahui langkah-langkah apa saja yang dapat kita lakukan guna mencegah terjadinya bahaya kebakaran atau bahaya lainnya di laboratorium.

Baca: Menghindari Risiko Kebakaran di Laboratorium

Sebelum bekerja ataupun melakukan praktek di laboratorium, lebih baik untuk mengetahui jenis bahaya apa saja yang bisa terjadi di laboratorium. Salah satu bahaya yang terjadi bisa karena pemakaian alat serta bahan yang salah, antara lain bahaya radioaktif, bahaya biologi, bahaya api, bahaya mekanis, bahaya listrik dan bahaya yang lainnya. Supaya terhindar dari bahaya tersebut, upaya terhadap keselamatan sangat diperlukan untuk meminimalkan bahaya yang terjadi.

Dengan mengetahui serta memahami keselamatan di Laboratorium, kita akan mengetahui langkah keselamatan bekerja ketika melakukan aktivitas di laboratorium. Salah satu hal yang wajib diperhatikan supaya terhindar dari bahaya di dalam laboratorium ialah Tata Tertib, hal ini sangat penting guna menjaga kelancaran serta keselamatan pekerjaan ataupun praktek di dalam laboratorium.

Tata Tertib Keselamatan Kerja di Laboratorium

Berikut ini adalah contoh tata tertib di laboratorium.

  • Dilarang mengambil ataupun membawa keluar peralatan dan bahan yang ada di dalam laboratorium tanpa adanya izin dari pihak yang terkait.
  • Pergunakanlah alat serta bahan yang sesuai dengan petunjuk.
  • Bertanyalah kepada yang lebih ahli apabila anda merasa ragu ataupun belum mengerti ketika melakukan percobaan.
  • Pakailah jas laboratorium ketika bekerja di laboratorium.
  • Apabila peralatan laboratorium terjadi kerusakan, maka segeralah untuk melaporkannya kepada pihak yang terkait.
  • Jagalah kebersihan serta kerapian laboratorium.
  • Jangan merokok, makan serta minum di dalam laboratorium.

Masih banyak tata tertib yang mesti diperhatikan, 7 hal tersebut merupakan contoh dasar yang mesti di perhatikan.

Untuk melihat berbagai Alat Laboratorium dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual Alat Laboratorium dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.