Cara Membeli Franchise dan Tips Memilih Bisnis Franchise yang Bagus

0

Bisnis franchise memang terdengar sangat menjanjikan. Franchise atau lebih dikenal di Indonesia adalah waralaba ini adalah bisnis di mana kita menjual sebuah produk atau jasa dengan merk dagang yang sudah terbukti besar namanya. 

Meskipun terdengar menjanjikan, jika tidak Anda lakukan dengan benar maka tujuan Anda mendapatkan kesuksesan bisa jauh daripada itu.

memilih franchise
imagesource : corporatevision-news

Maka dari itu, jika Anda tertarik dengan bisnis franchise, mari cari tahu sekrang bagaimana cara membeli franchise dan bagaimana juga tips untuk memilih bisnis franchise yang bagus agar Anda bisa mendapatkan goals tentunya adalah kesuksesan.

Tentukan Dahulu Bidang Usaha Franchise yang Diinginkan

Salah satu hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah bagaimana Anda untuk menentukan dahulu apa saja bidang usaha franchise yang diinginkan. 

Mengapa langkah ini menjadi langkah pertama? Tentu saja adalah karena jika Anda ingin memulai sebuah bisnis Anda harus mengerti terlebih dahulu apa passion yang sekiranya Anda inginkan untuk berbisnis.

Hal ini sangat penting mengingat pastinya jika Anda melakukan sesuai dengan keinginan Anda maka Anda melakukannya dengan sepenuh hati.

Lakukan Riset Mengenai Brand Franchise yang Ada

Setelah Anda memang sudah tahu bagaimana Anda memilih bisnis yang akan Anda lakukan, Langkah selanjutnya adalah melakukan riset mengenai brand franchise yang ada. 

Misalkan saja Anda sudah menentukan ingin berbisnis franchise produk makanan seperti fried chicken, pastinya akan ada banyak pilihan bukan. Lakukanlah riset satu persatu dimana nantinya Anda akan mendapati mana brand terbaik.

Lakukan seperti riset apakah brand tersebut memiliki keuntungan berapa, bagaimana cara kerja waralabanya, dan tanyakan juga kepada pewaralaba lain apakah memang bagus franchisornya dalam merangkul para mitranya.

Hubungi Brand Franchise yang Ditentukan

Oke, sekarang Anda sesudah menentukan brand yang sekiranya memang sudah memenuhi dua kriteria diatas. Sekarang adalah waktunya untuk menghubungi brand franchise yang Anda inginkan tersebut.

Namun, bagaimana caranya? Anda tentu saja bisa jika ingin mengehtahuinya adalah dengan Anda mencari informasinya di internet. Pasti memang ada contact personnya entah itu dari Whatsapp atau dari email.

Anda juga bisa menanyakan kepada pihak yang sudah bekerjasama dengan brand tersebut mengenai kontraknya.

Tanyakanlah beberapa hal berikut setelah terhubung dengan franchise yang ditentukan:

  • Apakah perusahaan atau individual?
  • Apa visi dari Franchisor?
  • Dimana waralaba atau franchise Anda akan ditempatkan?
  • Dimana saja lokasi cabang mereka yang sudah berjalan baik atau tidak baik saat ini?

Sebagai referensi brand, lihat dulu bisnis franchise dibawah 10 juta yang laris ini!

Siapkan Modal dan Lokasi yang Strategis

Tentunya hal setelah Anda tahu mengenai brand tersebut dan sudah setuju dengan berbagai hal yang ada diatas Langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal dan juga lokasi yang strategis.

Modal tentunya Anda sudah tahu dari keterangan franchisor bagaimana rinciannya setelah Anda menghubungi franchisor.

Namun untuk lokasi, ini adalah inti dari kesuksesan franchise Anda. Dengan lokasi yang strategis maka akan memungkinkan Anda bertemu banyak pembeli. Apapun jenis Anda, selama lokasi usaha yang Anda pilih tepat. Maka memungkinkan usaha Anda akan laris manis menjadi besar.

Tips Memilih Franchise yang Bagus

Sip, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membeli sebuah franchise dan apa saja yang harus Anda siapkan.

Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih franhcise yang bagus? Mungkin ini akan sulit ketika Anda memang suka bisnis franchise jasa laundry ternyata disekitar lokasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan jasa laundry, bingung bukan?

Oke, mari simak beberapa point dibawah bagaimana tips untuk memilih franchise yang bagus.

Pilih Franchise yang Dibutuhkan Masyarakat

yang pertama adalah bagaimana Anda bisa memilih franchise yang tepat untuk masyarakat. Anda dapat mengambil franchise yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang bersifat mendesak, seperti swalayan atau minimarket, bengkel, atau toko obat. Kedua, Anda juga dapat melirik franchise yang bidang usahanya mempunyai kesempatan untuk dipertimbangkan, walau banyak sekali saingannya seperti kios pakaian, makanan, dan minuman.

Cari Brand yang Sudah Dikenal dan Kredibel

Memulai franchise tentunya adalah bagaimana kekuatan dari brand franchise tersebut bukan? Ketika Anda memilih franchise yang memiliki brand kredibel, bukan tidak mungkin jika franchise tersebut akan mudah dikenal dan dipilih oleh banyak konsumen.

Kepuasan pelanggan tersebut adalah hal yang utama, jadi setelah Anda tahu brand tersebut kredibel jangan sampai kecewakan costumer Anda!

Lakukan Perhitungan dan Tentukan Risiko

Lakukanlah perhitungan tentang bagaimana jika toko tersebut sukses dan bagaimana resikonya. Sebaliknya juga ketika toko tersebut tidak terlalu laku dan bagaimana resikonya. Ini harus Anda kulik lebih dalam.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.