6 Syarat Sebuah Bisnis Bisa Disebut Franchise

0

Berbisnis franchise menjadi daya tarik sendiri khususnya bagi pebisnis pemula yang memang memiliki minat dalam membuka bisnis baru. Lalu apa syarat franchise yang harus dipenuhi? Dan apa saja yang perlu dilakukan untuk membuka sebuah bisnis franchise? Bagaimana aturan franchise?

syarat bisnis franchise
imagesource : franchisedirect

Mari kita simak penjelasan tentang syarat franchise menurut PP no 42 tahun 2007 berikut ini.

Bisnis yang Dijalankan Memiliki Ciri Khas

Syarat franchise yang pertama yakni adalah yang mana sebuah produk harus memiliki ciri khas tersendiri. Dengan produk yang memiliki ciri khas sendiri ini maka franchise yang ada miliki pasti beda dari franchise lainnya. 

Apalagi jika produk yang dimiliki sejenis dengan franchise lainnya dan cepat sekali disalin dengan orang lain. Untuk mendominasi pasar maka Anda harus pencipta produk baru dan unik. 

Usaha yang Dilakukan Terbukti Menguntungkan

Anda bebas memilih bisnis franchise, namun Anda harus mengetahui bisnis apa yang jelas terbukti menguntungkan dulu. Sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari. Pertama Anda lakukan beberapa perhitungan secara rutin walaupun bisnis tersebut belum besar. Maka dengan begitu Anda dapat memantau perkembangan bisnis nantinya.

Anda dapat cepat menyadari jika Anda sedang mengalami kerugian ataupun keuntungan di bisnis franchise Anda. Buatlah pembukuan secara detail yang mana catatan ini bisa dijadikan syarat franchise yang memiliki badan hukum.a

Memiliki Peraturan/Standar Operasional Prosedur(SOP) yang Jelas

Standar Operasional Prosedur atau SOP adalah dokumen yang dijadikan sebagai aturan untuk dapat membantu setiap individu dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Maka dengan adanya SOP yang jelas Anda dapat meningkatkan standar kualitas yang lebih baik antara franchise dengan bisnis lainnya dari segi produk serta layanan kepada konsumen.

Tidak hanya SOP yang jelas saja, Anda juga bisa membuat SOP yang sesuai dan mudah untuk diaplikasikan kepada para pekerja Anda.

Dalam menentukan SOP ada beberapa aturan yang perlu dilakukan antara lain:

  • Membentuk tim dalam menentukan aturan dalam SOP.
  • Melakukan pembagian tugas pada setiap anggota tim.
  • Mencatat dan mendokumentasikan setiap jenis kegiatan.
  • Melakukan penyusunan alur kerja, aturan kerja, dan beberapa lampiran pendukung.
  • Diskusi dengan tim.
  • Melibatkan pelaksana SOP dalam pembahasan. 
  • Melakukan test terhadap SOP.
  • Melakukan evaluasi serta pengembangan SOP.

Walaupun SOP terlihat sederhana, maka semua elemen yang terlibat dalam bisnis pasti akan lebih mudah diajarkan yang diaplikasikannya dalam bisnis.

Bisnis Mudah Diajarkan dan Diaplikasikan

Dalam bekerja dengan aturan yang memberatkan pasti tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Tentu hal ini juga berlaku dengan pembuatan SOP yang tentu harus membutuhkan banyak sekali diskusi. 

Anda juga harus menyampaikan serta menjelaskan SOP yang akan Anda buat kepada seluruh karyawan. Sehingga pastikan Anda membuat SOP yang mudah untuk diajarkan serta diaplikasikan.

Didukung Secara Berkesinambungan

Sebagai pembeli waralaba Anda biasanya akan mendapatkan bantuan dari sipemilik waralaba berupa pelatihan mitra yang telah bergabung sesuai dengan franchise yang dipilih. Dengan melakukan pelatihan, maka sebagai mitra bisnis maka Anda bisa mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan dengan bisnis yang dijalankan.

Selain mendapatkan pelatihan, sebagai mitra kita akan mendapatkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis waralaba yang diikutinya seperti misalnya tempat jualan, bahan baku, perlengkapan jualan, sewa tempat, seragam karyawan, dan lain sebagainya.

Sudah Terdaftar dan Memiliki HAKI(Hak Kekayaan Intelektual)

HAKI atau singkatan dari Hak Kekayaan Intelektual adalah sebuah pemikiran seseorang dari sebuah produk baru yang memiliki manfaat untuk banyak orang dan produk ini adalah ciptaan sendiri yang belum pernah ada yang menciptakan sebelumnya.

HAKI ini bisa berupa Hak Cipta, Hak Merk, dan Hak Paten. Sehingga menjadi sebuah nilai tambahan apabila produk yang Anda jual itu unik dan tidak ada yang memilikinya sebelumnya. Apabila ada yang mencontek produk Anda tanpa melakukan ijin terlebih dahulu maka Anda berhak mengguatnya secara hukum.

Sudah paham mengenai syarat franchise, jangan lupa cek cara kerja franchise ini juga ya!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.