promo hari ini

Cara Mengajukan Izin Bekerja di Atas Ketinggian

0

Cara Mengajukan Izin Bekerja di Atas KetinggianCara Mengajukan Izin Bekerja di Atas Ketinggian – Bekerja di atas ketinggian memiliki risiko bahaya yang tinggi, maka dari itu menjalankan pekerjaan ini beberapa perusahaan menetapkan izin khusus.

Izin untuk bekerja di ketinggian merupakan syarat yang mesti dipenuhi oleh setiap pemilik proses pekerjaan jika pekerjaan tersebut dikerjakan pada area dengan ketinggian lebih dari 4 meter.

Akan tetapi terdapat ada pula perusahaan yang menerapkan semua pekerjaan di atas ketinggian mesti mempunyai izin, hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh persyaratan yang berhubungan dengan keselamatan pekerjaan dipenuhi.

Baca: Seberapa Penting kah Pakaian Pelindung Kerja ketika Bekerja ?

Berikut ini cara mengajukan izin bekerja di atas ketinggian.

Menentukan Peralatan apa yang dipergunakan

Jenis alat pelindung ataupun alat pencegah jatuh akan mempengaruhi potensi bahaya yang ada, maka dari itu sebelum melakukan pekerjaan yang dikerjakan di ketinggian lebih baik terlebih dahulu untuk menentukan peralatan apa saja yang akan dipergunakan serta yang sesuai.

Peralatan tersebut yaitu tangga portabel, elevated Works Place, crane, gondola, Scaffolding, forklift dan yang lainnya.

Membuat JSA terkait pekerjaan

Tujuan pembuatan JSA ialah sebagai acuan pekerja ketika melajukan pekerjaan yang dikerjakan di ketinggian. JSA mesti dibuat oleh pengawas sebelum kegiatan pekerjaan dilakukan serta setiap ada perubahan terhadap proses kerja yang bisa mengakibatkan risiko terjatuh.

Lakukanlah briefing kepada seluruh pekerja yang terlibat sebelum memulai pekerjaan. JSA mesti selalu tersedia di daerah pekerjaan di ketinggian serta JSA bisa dilihat sewaktu-waktu apabila diperlukan.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan mempunyai peran yang lumayan besar terhadap keselamatan setiap pekerja ketika bekerja yang dikerjakan di ketinggian. Periksalah kesehatan setiap pekerja di dokter atau di klinik perusahaan. Langkah ini bertujuan untuk memastikan kesiapan fisik si pekerja serta untuk mengantisipasi jika terdapat pekerja yang mengalami penyakit yang khusus yang membahayakan jika melakukan pekerjaan di atas ketinggian, penyakit tersebut semisal epilepsi atau ayan, vertigo, pobia ketinggian, darah rendah dan yang lainnya.

Mengisi Form Izin untuk Bekerja di Ketinggian

Jika semua langkah di atas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya ialah mengisi form izin untuk bekerja di ketinggian, mintalah tanda tangan pihak yang di tunjuk oleh perusahaan. Simpan Form yang sudah ditandatangani sebagai bukti bahwa pekerjaan sudah mendapatkan izin.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.