Cara Mengasah Gergaji Dengan Kikir

0

Cara Mengasah Gergaji Dengan Kikir

Cara Mengasah Gergaji Dengan Kikir – Apakah anda sering bekerja memakai gergaji, akan tetapi bingung bagaimana cara mengasahnya ? Bagi yang kerap bekerja menggunakan gergaji, alangkah baiknya rajin untuk melakukan perawatan terhadap gergaji. Anda bisa mengasahnya supaya mempermudah serta mempercepat pekerjaan

Jika mata gergaji tidak lagi tajam maka bisa menghambat pekerjaan serta membuat hasil dari potongan menjadi tidak rata. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan dalam mengasah gergaji memakai kikir.

Baca: Jenis Gergaji – Gergaji dibedakan dari Matanya

Langkah-langkah Mengasah Gergaji

1. Pastikan kikir yang digunakan sesuai dengan diameter gergaji

Langkah pertama yaitu mesti memperhatikan ukuran kikir yang hendak digunakan. Gunakan kikir sesuai diameter gergaji semisal 3/16, 5/32, serta 7/32 inci dari diameter gergaji.

2. Bersihkan gergaji

Setelah kikir yang hendak digunakan sudah sesuai dengan diameter gergaji, maka langkah selanjutnya yaitu membersihkan gergaji secara menyeluruh. Anda bisa memakai air maupun deterjen pembersih guna membersihkan debu maupun kotoran yang menempel pada gergaji. Akan tetapi jangan berlebihan dalam menggunakan deterjen, sebab bisa merusak komponen gergaji mesin ataupun gergaji tangan.

3. Memeriksa Mata Gergaji

Sebelum mengasah ataupun mengikir, lebih baik terlebih dahulu lakukan pengecekan guna mengetahui mata gergaji mana yang sudah berkarat, hancur, ataupun rusak. Mata gergaji yang sudah rusak sangat membahayakan anda dalam memakai gergaji tersebut. Sebaiknya buang serta ganti mata gergaji yang sudah rusak serta tidak layak untuk dipakai.

4. Apit Kencang Gergaji dengan Catok

Ketika mengasah gergaji, posisi alat gergaji harus stabil serta pisaunya mesti menahan dengan kuat bagian luar gergaji. Maka dari itu, pada bagian gergaji jepit menggunakan agun dan pada bagian gigi menahan pegangan gergaji.

5. Tandai gigi pertama yang di kikir

Untuk memastikan semua gigi gergaji sudah di kikir dengan sempurna, lebih baik tandai bagian gigi yang telah di kikir memakai spidol. Hal ini bisa memudahkan anda dalam mengetahui batas mulai serta batas akhir gigi gergaji yang telah anda kikir.

6. Atur kikir dengan bagian depan pemotong

Lengkuang kikir mesti terpasang dengan sempurna pada lengkungan pemotong depan gigi gergaji.

7. Tahan Kikir yang Digunakan

Tahanlah kikir dengan sudut sekitar 25 hingga 30 derajat, sehingga gergaji berada di bawah. Ukurlah sudut untuk menahan gergaji sesuai dengan spesifikasi gergaji.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar