Cara Merawat PH Meter Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

0

Cara Merawat PH Meter Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat PH Meter Yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak – PH Meter ialah alat elektronik yang dipakai untuk mengetahui kadar keasaman maupun kadar basa cairan. Tidak hanya dipakai untuk mengukur air saja, PH Meter pun bisa digunakan untuk mengetahui kadar pH pada tanah. Supaya alat PH Meter tetap awet serta bisa digunakan dalam tempo waktu yang lama serta bisa dipakai terus menerus maka mesti dilakukan perawatan yang rutin  serta baik.

Baca: Seperti ini Cara Menggunakan PH Meter yang Benar

Setelah membeli alat PH Meter, perhatikanlah beberapa hal ini supaya alat tersebut selalu bagus serta tidak mudah rusak. Berikut ini adalah cara merawatnya.

Cucilah menggunakan air khusus pembersih alat PH meter sebelum ataupun sesudah digunakan. Jika tidak ada air khusus pembersih bisa menggunakan air bisa yang mempunyai PH nol. Mengapa menggunakan air dengan Mh nol ? sebab alat ini sering dipakai pada cairan kimia keras. Untuk cara membersihkannya ialah dengan mencelupkannya ke dalam air selanjutnya putar beberapa kali.

Apabila dirasa sudah bersih, tutuplah alat tersebut. Hati hati ketika menutupnya, jangan sampai meleset sebab jika meleset maka sensor yang ada pada alat pH akan pecah dan yang terjadi alat tersebut tidak dapat membaca hasil ukuran dengan tepat serta tidak bisa digunakan lagi.

Selalu simpan alat PH Meter pada tempat Box plastiknya, sebab Box tersebut telah dibuat khusus guna menyimpan alat PH Meter supaya selalu rapi serta aman. Box tersebut akan melindungi PH Meter apabila terjadi sesuatu yang tidak disengaja semisal terjatuh. Pada umumnya produsen yang menjual PH Meter telah menjual lengkap beserta boxnya.

Jangan sampai salah menggunakannya semisal digital ph meter khusus digunakan untuk mengukur cairan saja. Jangan dipakai untuk mengukur tanah bersifat keras. Walaupun dapat mengukur tanah tetapi apabila dipaksakan, maka PH Meter akan cepat rusak.

Intinya, masa ketahanan alat ph tergantung dari cara pemakaiannya. Apabila hati-hati dalam menggunakannya maka kualitasnya akan selalu terjaga serta tidak mudah rusak. Dengan demikian anda tidak akan merasa rugi terhadap harga jual PH Meter yang terbilang lumayan mahal. Sangat disayangkan apabila membeli mahal tetapi mudah rusak. Semoga informasi ini bisa berguna serta bermanfaat bagi pembaca.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.