Jenis Gergaji – Gergaji dibedakan dari Matanya

0

Jenis Gergaji - Gergaji dibedakan dari Matanya

Jenis gergaji – Membedakan gergaji sangat mudah, gergaji dibedakan dari matanya. Gergaji yang berfungsi untuk memotong kayu mempunyai mata yang kasar serta jarak antar mata gergaji renggang. Sedangkan pada gergaji pemotong besi mempunyai mata lebih halus serta jarak antar matanya lebih rapat.

Banyak sekali jenis gergaji yang dijual di pasaran, akan tetapi tidak semua orang dapat memilih gergaji sesuai dengan kebutuhan. Salah dalam memilih gergaji, dapat membuat gergaji menjadi cepat tumpul, macet maupun mata gergaji patah.

Baca: Jangan Lupa Mengenakan Peralatan Keamanan Ini Saat Bekerja di Bengkel Kayu

Berikut ini adalah jenis gergaji

Coping Saw

Coping Saw merupakan jenis gergaji yang bisa dipakai untuk memotong bentuk rumit terhadap bagian yang sempit semisal tripleks ataupun papan. Tampilan gergaji seperti huruf “U” sangat mempermudah memotong dalam lengingan ataupun lekukan. Mata gergaji pada Gergaji Coping Saw berbentuk kecil, tipis serta tajam. Dan bisa diganti apabila sudah tumpul ataupun patah.

Handsaw

Gergaji jenis Handsaw dipakai untuk memotong serta membelah balok kayu. Mata gergaji Handaw ini terlihat besar seperti alat pahat yang berguna untuk mengikis serta kayu. Gergaji kayu ini didesain untuk memotong kayu dengan jalur urat searah. Mata gergaji pada gergaji Handsaw tidak bisa diganti, apabila sudah tidak lagi tajam maka mesti di asah menggunakan kikir khusus.

Crosscut Saw

Gergaji jenis Crosscut Saw dipakai untuk memotong kayu dengan cara melintang. Gergaji jenis ini memiliki gigi penyeimbang yang lebih kecil. Dalam berbagai pekerjaan, biasanya para tukang memakai Crosscut bernomor delapan.

Backsaw

Gergaji jenis backsaw mempunyai ukuran kecil dan sangat cocok apabila digunakan untuk membuat potongan diagonal semisal membuat sambungan lemari ataupun bingkai foto.

Keyhole Saw

Gergaji jenis Keyhole Saw mempunyai ukuran kecil serta dibentuk khusus guna memotong bagian sempit.

Hacksaw

Gergaji jenis Hacksaw merupakan gergaji khusus untuk memotong logam serta digunakan untuk memotong plastik maupun memotong pipa keras. Mata gergaji pada gergaji Hacksaw sangat halus serta jarak pada mata gergajinya pun begitu rapat. Bahannya dibuat dari besi baja serta Carbon Steel. Apabila mata gergajinya tidak lagi tajam maka harus segera diganti.

Untuk melihat berbagai gergaji kayu dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat anda cek di website Ralali. Ralali jual gergaji kayu dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.