Cara Menggunakan Alat Pelindung Pernafasan (Respirator) yang Benar

0

Cara Memakai Alat Perlindungan Pernafasan (Respirator) yang Tepat

Cara Menggunakan Alat Pelindung Pernafasan (Respirator) yang Benar – Respirator atau lebih dikenal dengan sebutan masker merupakan alat yang dipakai untuk perlindungan pernapasan akan udara yang terkontaminasi. Istilah masker sebenarnya kurang tepat dipergunakan untuk resonator, sebab pada umumnya masker dipergunakan untuk melindungi lingkungan terhadap kontaminasi dari pemakai masker, contohnya pekerja industri makanan, mereka memakai masker bertujuan untuk melindungi makanan supaya tak terkontaminasi air liur mereka, ataupun contoh lainnya ialah suster di rumah sakit, suster memakai masker bertujuan untuk melindungi pasien dari kontaminasi dokter maupun suster itu sendiri ditambah istilah masker kurang tepat ialah sebab masker tak fit ke wajah sehingga tak dapat dipergunakan untuk melindungi si pengguna. Sementara itu respirator fit ke wajah sehingga dapat melindungi pengguna dari kontaminasi lingkungan.

Baca: Mengenal Fungsi Alat Keselamatan Kerja Lebih Dalam

Respirator terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Powered Air-Purifying Respirator (PAPR).
  • Nonpower Air Purifying Respirator (NAPR).
  • Self Contained Breathing Apparatus (SCBA).
  • Supplied-Air Respirator (SAR).

Cara menggunakan alat pelindung pernafasan

Berikut ini cara menggunakan alat pelindung pernafasan dengan benar.

  • Sebelum dipergunakan, pastikan bahwa respirator serta elemennya dalam kondisi baik, katup saluran pembuangan pernafasannya sudah pada tempatnya.
  • Pasanglah respirator dengan cara memegang bagian depan dengan satu tangan serta tangan yang satunya memegang tali respirator ke atas kepala.
  • Selanjutnya letakkanlah tali bagian atas dengan cara menumpangkannya di atas kepala, sehingga tali bagian atas berada di atas telinga serta tali bagian bawah berada di bawah telinga.
  • Kaitkanlah tali bawah di belakang leher lalu kencangkan sehingga pas di muka serta nyaman.
  • Demikian juga dengan tali bagian atas. Kencangkan dengan cara menarik tali di kedua sisi sampai respirator benar benar menutupi hidung, jangan terlalu kencang sebab akan mengakibatkan hidung tertekan.
  • Kencangkanlah tali bawah dengan cara menarik tali di kedua sisi, sampai respirator benar – benar pas menutupi pipi.

Sebelum melakukan pekerjaan, sebaiknya uji resonator terlebih dahulu dengan cara berikut:

  • Periksalah tekanan negatifnya yaitu dengan cara menutup kedua filter menggunakan telapak tangan, kemudian tarik nafas serta tahan selama 5 detik. Apabila udara dari luar terhambat masuk serta tak ada udara bocor itu berarti respirator pas serta terpasang dengan benar.
  • Periksalah tekanan positifnya yaitu dengan cara menutup katup saluran pembuangan menggunakan telapak tangan, apabila respirator mengembung serta tak bocor itu berarti respirator terpasang dengan benar.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.