Menghindari Bahaya Dengan Cara Mencegah Kebocoran Gas Pengelasan

0

Menghindari Bahaya Dengan Cara Mencegah Kebocoran Gas Pengelasan

Menghindari Bahaya Dengan Cara Mencegah Kebocoran Gas Pengelasan – Kebocoran gas yang terjadi ketika pengelasan bisa berakibat kebakaran ataupun ledakan, acetylene serta oxygen adalah gas yang sangat mudah terbakar serta cepat meledak apabila proses dari oksidasi terjadi dengan cepat. Sekecil apapun kebocoran bisa sangat membahayakan apabila terjadi di dalam ruangan yang tertutup atau ruangan yang kurang ventilasi. Pada ruangan tersebut, gas akan terakumulasi jika terdapat pemicu walaupun hanya sedikit saja, maka kebakaran ataupun ledakan akan terjadi.

Kebocoran gas yang kerap terjadi bisa karena pekerja lupa untuk menutup kembali valve sesudah dipergunakan, kurangnya pengecekan terhadap alat las serta kurang tertutup rapatnya ketika menutup valve.

Apapun itu alasannya, kebocoran gas sangat membahayakan keselamatan pekerja. Sejumlah kasus kecelakaan yang diakibatkan karena ledakan gas berakibat parah terhadap sejumlah pekerja. Guna menghindari adanya korban di area kerja, maka terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kebocoran terhadap gas untuk pengelasan, antara lain:

  • Pastikanlah valve sudah ditutup ketika pekerjaan telah usai ataupun ketika hendak meninggalkan pekerjaan yang lain ataupun ketika hendak beristirahat. Selain itu, jika hendak memindahkan tabung gas, pastikan valve sudah tertutup.
  • Lakukan isolasi terhadap valve ketika meninggalkan pekerjaan serta lepaslah selang apabila meninggalkan pekerjaan las pada ruangan yang tertutup atau pada ruang kurang ventilasi.
  • Jauhkanlah selang terhadap benda-benda tajam, jalur lalu lintas supaya tidak terlindas serta permukaan yang kasar.
  • Jangan sampai membiarkan besi panas ataupun percikan api mengenai selang.
  • Selalu periksa valve, selang serta torch secara berkala guna mengetahui kebocoran dini serta pastikan semua peralatan selalu siap untuk dipergunakan.

Lantas bagaimana cara memeriksa kebocoran gas ?

Lakukanlah pemeriksaan secara berkala, tanamkanlah di dalam diri setiap pegawai untuk mempunyai sikap inisiatif untuk terus melakukan pemeriksaan terhadap alat las yang digunakan. Harap di ingat, peralatan las dipergunakan untuk pekerjaan dengan frekuensi tinggi serta untuk pekerjaan yang lumayan berat semisal pembongkaran dengan pemotongan atau untuk pengelasan yang sifatnya berat semisal pembuatan gedung, bongkar pasang unit produksi serta baja ataupun konstruksi jalan. Sudah sepantasnya peralatan las sering dilakukan pengecekan guna memastikan keadaannya layak dipergunakan atau tidaknya.

Baca: Pada Saat Mengelas, Inilah Yang Anda Butuhkan !

Berikut ini adalah cara mencegah kebocoran gas pengelasan.

  • Pakailah cairan khusus yang tak membahayakan atau tidak beraksi terhadap acetylene serta oksigen, lebih baik gunakan sistem semprot sebab pemakaiannya sangat mudah.
  • Jangan menggunakan larutan yang mengandung sabun ataupun oli atau minyak pada gas oksigen sebab bisa memicu terjadinya ledakan.
  • Jangan sesekali mengecek kebocoran gas dengan api terbuka semisal korek api ataupun pematik las.
  • Segera ganti atau perbaiki pada bagian yang bocor.
  • Jangan sesekali memperbaiki selang bocor dengan cara mengikat ataupun membalutnya cara tersebut bukanlah solusinya. Potonglah bagian selang yang bocor atau ganti selang yang bocor dengan selang yang baru.
  • Apabila kebocoran terjadi dan valve sudah tertutup, bisa jadi bagian tabungnya yang mengalami kebocoran. Apabila tabung gas bocor, maka yang mesti dilakukan ialah menjauhkan tabung yang bocor tersebut dari segala macam sumber api, taruhlah tabung yang bocor di ruangan yang terbuka atau di luar rumah supaya gasnya bisa cepat ke udara bebas dan jangan sampai memberi izin kepada arang lain untuk mendekatinya, segeralah hubungi suplier gas untuk dilakukan pergantian.

Demikianlah sejumlah cara mencegah kebocoran gas yang bisa diterapkan. Kesalahan serta ketidaktahuan walaupun itu hanya sedikit saja bisa membahayakan pekerja serta orang-orang yang berada di sekitarnya.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar