Test Pen, Alat Mungil Mempunyai Fungsi Penting

0
Cara menggunakan Test Pen
Image: es.hxlstore.com

Test Pen, Alat Mungil Mempunyai Fungsi Penting – Test Pen merupakan sebuah perangkat kerja yang amat dibutuhkan oleh setiap teknik listrik. Walaupun ukurannya mungil serta terkesan seperti pena, namun alat ini mempunyai banyak sekali manfaat. Tak jarang setiap kali bertemu teknik listrik mereka selalu membawanya entah itu di dalam tas ataupun di saku. Bagi orang awam mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa fungsi dari Test Pen ini ?

Biasanya Test Pen dipergunakan untuk memeriksa daya listrik yang mengalir ke instalasi meskipun memeriksa daya listrik bisa menggunakan multimeter, namun menggunakan Test Pen lebih mudah serta praktis. Test Pen akan menyala jika arus yang di test beraliran arus positif, begitu pula dengan sebaliknya Test Pen tak akan menyala apabila arus yang di periksa beraliran negatif.

Cara menggunakan Test Pen

Dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Test Pen supaya aman dari sengatan listrik ketika digunakan, sebagai contoh akan mengecek arus listrik pada stop kontak.

Untuk menggunakan test pen silahkan pegang test pen sedemikian rupa.

Masukan bagian ujung Test Pen ke dalam lubang stop kontan,  dan tempelkan jari telunjuk ke pangkal Test Pen.

Apabila test pen menyala, itu berarti arus positif, namun apabila Test Pen tak menyala itu berarti arus negatif.

Sangat simpel serta praktis bukan ? Nah yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa arus positif bisa menyala sedangkan arus negatif tak menyala ?

Lihatlah pangkal test pen, pada pangkal Test Pen terdapat karbon berwarna hitam. Karbon tersebut menjadikan tubuh kita menjadi arus negatif, jadi setiap kali Anda mengecek arus listrik bermuatan negatif maka secara otomatis jari telunjuk Anda pun menjadi arus negatif.

Test Pen ternyata mempunyai beragam jenis bentuk serta cara pemakaiannya, akan tetapi prinsip dasarnya tetap sama ialah untuk mengetahui arus listrik. Test Pen yang kerap kali dipakai biasanya Test Pen berbentuk obeng, Test Pen ini memakai karbon. Selain Test Pen berbentuk obeng, ada pula Test Pen yang menggunakan baterai.

Itulah penjelasan mengenai test pen, semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.