Cara Pemasangan Baja Ringan yg Perlu Anda ketahui

0

Pemasangan Baja Ringan

Pernah dengar apa itu baja ringan? Baja ringan adalah salah satu jenis produk di lingkup kontruksi yang hingga kini selalu di jadikan rujukan terbaik untuk beberapa keperluan. Baja ringan sendiri sebenarnya adalah salah satu jenis baja yang mana baja tersebut di produksi dalam model yang ringan-ringan saja, namun memiliki kualitas yang tinggi dan  bisa di andalkan.

Dalam hal ini baja ringan memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah pemasangan produk yang semakin mudah sehingga proyek pun juga akan berjalan dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu sebenarnya masih ada  beberapa keuntungan lain yang dimiliki sesuai jenis baja ringan karena pada dasarnya ada beberapa jenis baja ringan yang bisa di temui di pasaran.

Cara Pemasangan Baja Ringan

Selanjutnya, berkaitan dengan cara pemasangan baja ringan, perlu diketahui bahwa cara ini tidak mudah. Apalagi saat baja di aplikasikan sebagai atap baja ringan. Ada beberapa hal yang perlu Anda kenali lebih jauh terkait caranya. Sedangkan untuk ulasan terkaitnya, jangan khawatir karena di bawah ini Anda bisa simak cara pemasangan baja ringan dan tips terkaitnya.

Mengenali Tentang Baja Yang Akan Di Pasang Dan Kondisi Lapangan

Dalam hal ini, sebelum melakukan pemasangan, maka jangan lupa memastikan terlebih dahulu apa saja hal-hal yang berkaitan dengannya. Mulai dari yang namanya kondisi lapangan, hingga jenis dan spesifikasi baja itu sendiri. Tujuannya tidak lain adalah agar pemasangan berjalan tidak hanya lancar dari proses awal sampai akhir, tetapi juga tepat.

Selanjutnya, apa saja yang perlu masuk persiapan dalam  proses pemasangan baja ringan? Dalam hal ini salah satunya adalah penghitungan volume kebutuhan terhadap baja ringan itu sendiri. Hal ini  juga sekaligus dalam rangka menyiapkan harganya. Selain itu, pastikan juga bagaimana bentuk pada pemasangannya skarena hal tersebut berkaitan langsung dengan estetika hasil akhir nanti.

Selain itu, pastikan juga bagaimana kerangka pemasangan baja ringan ini sendiri. Paling tidak ada gambarannya sehingga akan semakin mempermudah setiap proses persiapan dalam pemasangan itu sendiri. Di samping itu, jangan lupa memberi perhatian khusus pada kualitas produk. Usahakan baja ringan sebagai bahan utama ini sudah berlabelkan SNI sehingga lebih terjamin dan teruji klinis.

Daftar Persyaratan Teknis Pemasangan

Dalam hal ini, perlu Anda ketahui bahwa pemasangan baja ringan ini tidak bisa serta merta di pasang begitu saja. Ada beberapa syarat yang harus di penuhi untuk menjamin berbagai aspek penting di dalamnya. Dan tentu saja syarat ini harus di penuhi sejak masa persiapan hingga masa pemasangan. Tujuannya lebih lanjutnya adalah untuk memberikan kemaksimalan dalam hasil pemasangan sendiri.

Selanjutnya, dalam hal ini perlu diketahui bahwa sejak proses persiapan Anda harus memastikan bahwa baja tersebut sudah sesuai standart yang sudah di tetapkan dalam uji cobanya. Selain itu, ada lagi yang cukup penting dalam hal ini yakni kerataan produk ketika pemasangan baja ringan ini dijadikan tumpuan atau sejenisnya. Kerataan  ini penting untuk menjaga keseimbangan dalam hasil.

Langkah – Langkah Pemasangan Yang Harus Anda Cermati

Kalau untuk langkah-langkahnya, tentu saja ada beberapa tahap memang yang harus di lalui dalam setiap pemasangan baja ringan ini. Tahapan ini pun harus di lalui secara umum sehingga dalam pemasangannya pun juga lebih baik dan benar-benar maksimal. Dan secara garis besar, setidaknya ada 3 tahapan dalam pemasangan tersebut sebagaimana list di bawah ini.

  1. Persiapan kerja

    Yang pertama tentu saja adalah persiapan kerja. Jadi, disini yang dilakukan sebagai salah satu tahap pemasangan baja ringan, Anda perlu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengannya. Termasuk untuk bajanya sendiri, peralatan yang di siapkan, hingga informasi mengenai spesifikasinya. Selain itu juga perlu beberapa pendukung, misalnya penutup atap untuk proyek atap baja ringan.

  2. Leveling dan marketing

    Selanjutnya, Anda perlu melakukan yang namanya leveling dan marketing.  Secara lebih umum, aktivitas ini sebenarnya bisa di pahami sebagai aktivitas pengukuran terhadap baja ringan itu sendiri. Jadi, di pastikan berapa dan potongan yang bagaimana kebutuhannya dan disesuaikan langsung sehingga tidak akan menjadi masalah saat benar-benar di pasang.

  3. Tahap pemasangan

    Terakhir, di sini tentu saja akan di lakukan yang namanya proses pemasangan sesuai lokasi proyeknya dan fungsi baja ringan yang di inginkan. Jika di atap maka pengangkatan kerangka atap, jika dijadikan pagar atau dinding maka di lakukan pemasangan lanjutan dan pada proyek lain pun demikian. Untuk kemaksimalan hasil, langkah inilah yang menentukan. Untuk 2 langkah di atas hanya pendukungnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara pemasangan baja ringan dan beberapa tips menarik terkaitnya. Jika saat ini Anda sedang dalam proyek yang sama, maka bisa mencoba untuk mengikuti langkah di atas dan menerapkan apa saja hal penting yang memang perlu menjadi perhatian secara khusus di

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.