Inilah 8 Bahan Bangunan yang Kuat & Kokoh

0

Untuk kesekian kalinya bangunan di India runtuh, dan kali ini terjadi pada sebuah gedung di Kota Greater Noida , bagian Uttar Pradesh pada Selasa larut malam (17/7/2018). Sebanyak 20 orang dikhawatirkan tewas terperangkap reruntuhan.

Kejadian ambruknya gedung Di India ini bukan untuk pertama kalinya, karena kejadian serupa ini pernah terjadi pada 2017 lalu. Diduga ambruknya gedung di India terjadi karena cara pembangunan yang buruk serta penggunaan bahan di bawah standard. Dengan adanya peristiwa ini seharusnya membuat kita semakin berhati – hati saat memilih bahan bangunan yang tepat  untuk hunian atau kantor Anda.

Berikut ini adalah pilihan bahan bangunan terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan

 

  • Batu Bata

Bahan Material
source: unsplash

Tentunya kita semua mengenal baik bahan bangunan yang satu ini. Sudah lama material dinding yang terbuat dari tanah liat yang dibakar ini, digunakan untuk membangun sebuah hunian atau kantor.  

Namun seiring perkembangan zaman bahan pembuat dinding ini mulai ditinggalkan. Popularitasnya mulai tergantikan oleh gipsum dan bambu, yang harganya relatif lebih murah. Meski begitu batu bata tetap unggul dari segi ketahanannya.

 

  • Tanah liat / Lumpur

Bahan material
source: unsplash

Berbeda dengan batu bata,bahan material dinding yang juga berasal dari tanah ini tidak diolah sama sekali. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran yang dicampur dengan PC, semen merah ataupun kapur. Nantinya semua bahan ini akan menjadi bahan perekat yang akan dicampur dengan pasir.

 

  • Batu

Bahan Material
source: unsplash

Untuk memberikan kesan alami terhadap ruangan, Anda dapat menggunakan material dinding batu alam. Disamping memberikan kesan yang alami, batu alam adalah bahan material dinding yang dapat digunakan untuk finishing bangunan Anda.

Meskipun kaku dan berat, batu adalah bahan bangunan yang padat sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal. Batu alam sendiri terdiri dari berbagai jenis dan dapat digunakan sesuai kebutuhan ruangan Anda.

 

  • Besi Beton

Baja - Bahan bangunan
source: unsplash

Kokoh dan kuat adalah sifat utama bahan material yang satu ini. Selain itu kelebihan besi beton lainnya adalah, daya tahan yang kuat terhadap air dan api. Hal inilah yang membuat material ini menjadi pilihan banyak orang saat akan membangun gedung.

Meskipun demikian besi beton juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan, seperti diperlukannya waktu pemasangan yang cukup lama. Selain itu diperlukan kontrol yang maksimal terhadap proses penuangan dan perawatannya

 

  • Semen

Bahan material - semen
source: pexels

Bahan material semen biasanya berfungsi sebagai perekat, dan seringkali digunakan saat pembuatan pondasi, dinding bangunan, plesteran dan juga untuk pengerjaan rumah lainnya. Pilihlah semen yang baik dan berkualitas agar dinding bangunan tidak mudah retak.

 

  • Baja

Baja - Bahan material
source: pexels

Baja adalah salah satu elemen yang membuat pondasi bangunan Anda menjadi kokoh serta berfungsi sebagai penguat dinding. Bahan material ini seringkali dipasang vertikal, dan dapat Anda temukan pada bagian pojok rumah atau dimana adanya pertemuan dua dinding. Selain itu bahan material baja juga cocok dijadikan penahan atap.

 

  • Batako

Batako- bahan material
Source: https://bit.ly/2NwR1n0

Bahan material yang terbuat dari campuran pasir dan semen ini lebih dikenal sebagai  alternatif pembuat dinding. Harganya yang relatif murah dapat membuat banyak kalangan masyarakat Indonesia memilih batako sebagai alternatif dari batu bata. Namun harus diingat bahan material ini memiliki kekurangan seperti mudah merembes karena sifatnya yang menyerap air.

 

  • Kayu

Wood- bahan material
source: pexels

Bahan material kayu adalah bahan material yang multifungsi karena dapat digunakan sebagai  bahan furniture, dan juga dapat digunakan untuk lantai maupun tembok Anda. Selain itu kayu memiliki sifat yang kokoh dan cocok di segala musim.

Penting untuk diingat bangunan yang kokoh harus dimulai dengan memilih bahan material yang tepat. Sehingga bangunan Anda bukan saja dapat bertahan lama tapi juga dapat menjadi tempat yang aman untuk penghuninya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.