Tips Menabung Sesuai Kepribadian Anda Supaya Modal Usaha Cepat Terkumpul!

0

Tips Menabung Sesuai Kepribadian Anda Supaya Modal Usaha Cepat Terkumpul! (Ralali.com) ― Maunya sih buka usaha, tapi pingin jajan juga. Wah, kalau begini kapan modal usaha bisa terkumpul, ya? Sudah cari tips dan trik menabung di internet tapi kok masih tidak ada kemajuan juga, ya? Nih Ralali.com bantu jawab.

Semua tips menabung itu nggak bisa asal diaplikasikan. Apalagi manusia itu berbeda-beda kepribadiannya. Maka dari itu, saran dan tips menabung yang sesuai kepribadian Anda tentunya sangat diperlukan!

Si Semangat di Awal

Kalau Anda adalah tipe ini, biasanya Anda akan menabung banyak di awal, lalu perlahan berkurang dan malah tidak jadi menabung sama sekali. Benar tidak?

Nah, untuk tipe ini, tips menabung untuk Anda ialah menjalankan strategi menabung secara bertahap. Sebagai awalan, tetapkan besaran target tabungan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Lalu tabunglah dalam jumlah kecil, tapi ditambahkan nominalnya sedikit demi sedikit setiap bulan. Cara ini akan membuat Anda terus bersemangat untuk menabung setiap bulan.

Untuk membantu supaya Anda disiplin dengan target Anda, minta bantuan pada teman atau anggota keluarga untuk menjadi partner pengecekan Anda. Selain untuk melihat apakah Anda menabung sesuai jadwal dan target tabungan tercapai, mereka juga bisa menjadi pengingat dan penyemangat Anda agar semakin giat menabung. Dan semoga saja modal usaha impian Anda cepat terkumpulkan!

Si Perencana Detil

Untuk kepribadian yang satu ini, biasanya Anda sudah memiliki rencana ini itu. Per bulan wajib menabung sekian, bulan depan mau beli ini, bulan depan wajib bayar itu, dan sebagainya. Kalau dilihat sekilas nampaknya tipe seperti Anda ini nggak mungkin susah menabung. Namun biasanya kalau ada masalah tak terduga datang, bisa-bisa membuat Anda kehilangan arah. Dan besar kemungkinan Anda jadi malas untuk menabung lagi, karena keadaan tidak sesuai dengan rencana semula.

Padahal faktanya, tidak ada yang pernah bisa menduga apa yang akan terjadi untuk ke depannya. Jadi bagaimana kalau Anda kehilangan pekerjaan atau ada pengeluaran tak terhindarkan yang tidak terduga?

Tips menabung yang cocok untuk Anda adalah membagi rencana besar untuk jangka panjang menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Sesuaikan target menabung setiap 6 atau 3 bulan sekali, agar Anda bisa lebih mudah melakukan antisipasi jika terjadi hal yang tidak diperkirakan sebelumnya dan fokus menabung untuk modal usaha impian Anda.

Si Tidak Tahan Godaan

Ini nih, tipe yang paling susah untuk menabung. Saking tidak kuat menahan godaan diskon dan promo, uang yang tadinya dijanjikan untuk ditabung pun melayang ditukar dengan barang baru yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Hayo, apa Anda termasuk tipe kepribadian ini?

Tenang, ada tips menabung yang bisa membuat Anda  berhasil menabung.

Caranya mudah kok, cukup alokasikan sejumlah uang dari rekening Anda pada tanggal tertentu setiap bulannya di rekening terpisah, simpelnya autodebet. Yang penting rekening terpisah ini jangan disertakan kartu ATM, dengan cara ini, Anda pasti akan lebih berkomitmen untuk menabung demi modal usaha Anda.

Simpel banget, kan? Memang kalau ada niat pasti ada cara, kok. Kalau ingin berhemat, pasti ada jalan juga. Namanya juga bercita-cita, harus ada usaha. Semangat selalu!

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.