Pilihan Bisnis Franchise Terbaik di Indonesia

0

Dalam sebuah bisnis franchise, hal yang perlu untuk diperhatikan adalah bagaimana untuk memilih franchise terbaik. Memilih franchise yang bagus tentunya akan membuat keuntungan yang bagus untuk Anda. Bagaimana cara memilih franchise yang bagus agar memenuhi prospek bisnis franchise yang Anda inginkan?

franchise terbaik di indonesia
imagesource : ukmindonesia

Tentunya ada beberapa kriteria yang perlu untuk diperhatikan. Karena tidak semua franchise memang bisa mengundang keuntungan yang bagus, ada yang hanya sekedar balik modal saja. Tapi memang semuanya tergantung Anda bagaimana menjalankan bisnis franchise yang Anda kelola tersebut. Apa saja pilihan bisnis franchise terbaik di Indonesia? Mari kita cari tahu!

Pengertian Bisnis Franchise

Mari cari tahu terlebih dahulu mengenai bisnis franchise atau waralaba yang merupakan istilah yang juga umum di Indonesia. 

Bisnis waralaba atau franchise adalah bisnis yang dimiliki oleh seorang pengusaha atau kelompok wirausaha, yang menawarkan produk atau layanan yang diberi label oleh perusahaan yang memberikan bantuan dalam setiap aspek bisnis, dengan imbalan kombinasi biaya tetap, ditambah biaya berdasarkan keuntungan atau penjualan.

Ada sangat banyak sekali bisnis franchise yang ada di Indonesia bahkan menjamur di berbagai daerah kota bahkan kabupaten. Namun, bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini, mengerti tentang apakah franchise tersebut prospek bisnisnya bagus atau tidak adalah yang paling penting.

Persyaratan Franchise Terbaik

Dalam memilih sebuah franchise, operasinya bisa dilihat dari lima point, yaitu:

  • Biaya dan pendapatan
  • Ukuran dan pertumbuhan
  • Support system
  • Kekuatan merek dan
  • Kekuatan dan stabilitas keuangan

Ketika 5 syarat tersebut dirasa sudah memenuhi kriteria Anda, maka bisa dikatakan sebuah franchise terbaik di Indonesia yang Anda cari sudah tepat.

Macam-macam Usaha Franchise

Franchise bukan hanya sekedar makanan saja, ada beberapa macam usaha franchise di Indonesia yang mungkin Anda tidak mengerti apa saja bentuk-bentuk dari franchise ini. Franchise bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Diantaranya adalah franchise makanan dan minuman atau produk, franchise jasa, dan bisa juga yang berbentuk campuran.

Franchise Produk

Ini adalah jenis franchise yang mungkin saja Anda sudah tahu kalau ini memang sudah sangat menjamur di Indonesia. Franchise dalam bentuk produk bisa berupa makanan atau minuman, pakaian, sepatu, dan masih banyak lagi yang berbentuk produk fisik.

Franchise Jasa

Macam franchise selanjutnya adalah franchise yang bergerak dalam bidang jasa. Mungkin Anda pernah tahu jika franchise ini bisa bernentuk agen travel, lembaga pendidikan, asuransi, dan juga ada berupa bimbingan belajar.

Franchise Campuran

Mungkin ini masih terdengar awam bagi Anda, namun franchise juga ada yang berbentuk campuran. Artinya, bukan hanya menawarkan produk saja, tapi juga menawarkan jasa. Misalkan saja Salon Rudy yang menjual berbagai macam produk perawatan rambut serta juga ada jasa salon juga.

Franchise Terlaris yang Bisa Dipertimbangkan

Mempertimbangkan franchise memang bisa menghadapi sebuah kegalauan. Karena pada dasarnya memilih franchise terbaik di Indonesia bukanlah hal yang mudah, terlebih jika dengan modal yang terbatas. Mungkin, Anda pernah berpikir jika mempertimbangkan franchise hanya sekedar harus terlihat laris saja dan dengan harga yang mahal. Hal tersebut memang tidak ada salahnya, namun untuk franchise modal minim juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Contoh saja JNE Express. Apakah Anda tahu jika JNE ini adalah franchise dalam bentuk jasa pengiriman? Untuk berkemitraan dengan JNE, Anda cuman hanya membayar royalty sebesar 5 jutaan saja, namun keuntungannya bisa bagus jika Anda mengelola bisnis franchise Anda dengan baik.

Peluang Franchise 

Melirik dari pertimbangan diatas, jadi sebenarnya apa saja peluang franchise yang sekiranya sangat cocok untuk Anda? Kembali lagi, sesuaikan dengan passion Anda agar Anda menjalani bisnis franchise Anda dengan mudah.

Selama ini, franchise di Indonesia yang menjadi peluang terdiri dari berbagai bidang, seperti:

  1. Franchise ayam goreng atau ayam crispy
  2. Franchise Korean food
  3. Franchise yang menjual kopi
  4. Franchise boba dan juga thai tea
  5. Franchise crepes
  6. Franchise kebab
  7. Franchise jasa pengiriman barang
  8. Franchise laundry
  9. Franchise snack Taiwan
  10. Franchise Japanese food

Membeli Franchise

Pertimbangan franchise terbaik di Indonesia memang sangat banyak, yang terbaik juga banyak, sesuaikan saja dengan passion Anda dan keinginan Anda. Jadi, setelah keputusan Anda sudah bulat, bagaimana cara membeli franchise?

Pastikan Tentang Alasan Anda

Memiliki franchise (atau bisnis apa pun, dalam hal ini) dapat menjadi pekerjaan besar secara emosional, fisik, dan finansial.

Cari Tahu Franchise Mana yang Mungkin Ingin Anda Miliki

Hanya karena franchise populer tidak berarti franchise itu tepat untuk Anda. Saat Anda memilih franchise, lakukan penelitian signifikan tentang cara perusahaan induk bekerja dengan pemegang franchise, serta pasar lokal tempat franchise Anda akan beroperasi.

Mulailah Proses Aplikasi

Setelah Anda memutuskan franchise mana yang Anda pilih, saatnya untuk memulai proses aplikasi. Ini adalah area di mana seorang pengacara dapat membantu.

Terapkan Untuk Pembiayaan

Sebagian besar pewaralaba akan membutuhkan pembiayaan untuk meluncurkan waralaba mereka. Bagi banyak orang, ini akan datang dalam bentuk pinjaman bank.

Tinjau dan Kembalikan Dokumen Franchise Anda dengan Sangat Hati-hati

Kontrak ini cenderung panjang dan dapat mencakup kata-kata yang membingungkan, jadi mungkin bermanfaat untuk berkonsultasi dengan pengacara atau orang yang sudah berpengalaman untuk membantu proses ini.

Beli atau Sewa Lokasi

Pada titik ini dalam prosesnya, Anda telah memilih kota atau kota untuk franchise Anda. Sekarang, saatnya untuk secara fisik keluar dan membeli atau menyewa ruang komersial.

Dapatkan Pelatihan dan Dukungan

Anda bergabung dengan merek mapan; ia memiliki logo, pesan, pedoman, dan produk. Ini adalah langkah yang akan Anda ambil untuk benar-benar memantapkan diri dalam bisnis ini.

Ralali Food Program

Bergabunglah dengan Ralali Food Program untuk mengembangkan bisnis horeca dan fnb Anda.


Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.