Kenali Kelebihan dan Kekurangan Franchise bagi Pemula

0
kelebihan dan kekurangan bisnis franchise
image source : marbleslabfranchise

Memulai usaha atau berbisnis memang banyak sekali caranya, mulai dari membuka usaha dengan nama sendiri hingga membeli sebuah usaha franchise. Sistem bisnis franchise yang mana salah satu bisnis yang menjanjikan. Apa sih itu franchise dan apa saja kelebihan dan kekurangan franchise? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Apa Arti Franchise

Kata franchise sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti keistimewaan atau kebebasan. Bahasa Indonesia franchise ini dapat diterjemahkan sebagai waralaba. Wara artinya lebih, sedangkan laba artinya untung. Yang mana artinya usaha yang mencari keuntungan yang lebih.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba menyebutkan pengertian waralaba ini adalah hak khusus yang dimiliki individu maupun badan usaha terhadap sistem bisnis.

Dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang sudah terbukti sukses dan dapat dimanfaatkan oleh pihak lain dengan perjanjian franchise.

Dengan kata lain franchise ini merupakan sistem usaha atau perjanjian pembelian hak dalam menjual dan memproduksi merek dagang baik barang maupun jasa dari pemilik merek dagang tersebut.

Bisnis Franchise

Bermula dari praktis bisnis di benua Eropa yang mana diabad pertengahan banyak bangsawan diberikan wewenang oleh seorang raja untuk menjadi tuan tanah dan memanfaatkan tanah tersebut. Dengan syarat para bangsawan tersebut memberikan upeti dan pajak terhadap kerajaan dengan sistem yang mirip waralaba tersebut.

Format waralaba ini terus diterapkan di era modern seperti saat ini yang mana pertama di terapkan oleh John S. Pemberton, pendiri Coca Cola. Selain itu ada beberapa usaha perintis waralaba lainnya seperti di sektor otomotif, makanan dan minuman, hingga restoran.

Contoh Franchise

Berkaitan dengan apa saja keuntungan dan kekurangan franchise tentu bergantung pada apa jenis franchise yang diterapkan. Adapun beberapa contoh franchise yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan antara lain :

  • Fast food
  • Otomotif
  • Hotel
  • Property
  • Restoran
  • Kafe
  • Travel
  • Toko Retail dan Mini Mart

Sistem Bagi Hasil Franchise

Dalam membeli sebuah franchise kita perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan terutama dalam hal pembagian keuntungan. Adapun sistem bagi hasil yang memiliki beberapa metode, Anda perlu mengetahui apa saja resiko yang mungkin bisa terjadi yang masuk dalam perjanjian yang sudah dibuat.

Tentu setiap berbisnis akan memiliki resikonya tersendiri namun kedua belah pihak baik franchisor (pemilik merek dagang) dan franchisee (pembeli franchise) bermusyarawah dan mencarikan solusi bersama.

Bagi Hasil Franchise

Apa saja keuntungan dan kerugian franchise?, dalam menjawab pertanyaan ini tentu kita ingin sekali mengetahui keuntungan dari bagi hasil franchise ini. Keuntungan dari franchise ini antara lain:

  • Memiliki perkembangan bisnis yang relatif cepat, ya benar karena merek dagang yang sudah terkenal maka tidak perlu repot-repot lagi melakukan promosi dengan modal yang cukup besar. Sehingga pembeli franchise tinggal menjalankan bisnis dengan lebih mudah.
  • Memiliki rekan bisnis yang profesional, dipastikan dalam membeli franchise maka pembeli waralaba otomatis memiliki rekan bisnis dari franchisor yang sudah profesional dalam bisnis tersebut. Sebagai pembeli franchise hanya perlu fokus menerapkan semua pengetahuan yang sudah diberikan dari franchisor mulai kebutuhan fasilitas, sistem pengoperasionalan, hingga strategi pengembangan bisnis.

Selain keuntungan franchise diatas tentu ada kekurangannya, berikut ini kekurangan dari sistem franchise antara lain:

  • Bahan baku mengandalkan dari franchisor, ya semua fasilitas hingga bahan baku berasal dari franchisor yang nama harga yang lebih murah dan lebih berkualitas. Namun begitu Anda tidak bisa merubah supplier yang ditentukan oleh franchisor sehingga sewaktu-waktu terjadi kendala pasokan bahan baku Anda hanya dapat menunggu dari franchisor saja.
  • Inovasi yang terbatas, sebagai pemilik bisnis pasti ingin melakukan variasi inovasi agar bisnisnya terlihat menarik namun tidak dengan franchise yang mana Anda tidak bisa mengubah ataupun berinovasi sesuka hati Anda.

Apa Perbedaan Franchise Dan Franchisor

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari franchise. Nah apa sih perbedaan antara franchise dan franchisor?. Mungkin masih saja ada yang belum mengerti arti dari franchisor sendiri. franchisor adalah orang yang memiliki merek dagang baik barang maupun jasa dari franchise tersebut. Bagaimana sudah mengetahui perbedaannyakan sekarang? Semoga membantu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.