Ide Bisnis Franchise Kekinian yang Patut Dicoba

0

Sistem usaha Waralaba atau franchise di Indonesia semakin banyak dan mudah sekali ditemukan di berbagai wilayah. Adapun modal membeli franchise tidak selalu mahal, bahkan ada beberapa franchise yang tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan memiliki merek dagang yang cukup terkenal loh.

ide bisnis franchise
image source : ireappos

Walaupun begitu banyak sekali orang yang masih awam seputar usaha waralaba ini, yang mana tidak sedikit juga yang gagal dalam menjalankan bisnisnya. Nah maka dari itu diartikel kali ini kita akan membahas seputar apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuka franchise dan apa ide bisnis franchise yang cocok dengan passion Anda. 

Definisi Franchise

Definisi franchise sendiri berawal dari bahasa Perancis yang artinya kebebasan atau keistimewaan. Sedangkan di bahasa Indonesiakan waralaba, wara artinya lebih dan laba artinya untung sehingga kalau digabung menjadi usaha yang mencari keuntungan yang lebih. 

Pengertian franchise adalah hubungan berdasarkan kesepakatan dan persetujuan terhadap salah satu pihak dalam menggunakan dan memanfaatkan hak dari kekayaan intelektual. 

Sistem Franchise

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, waralaba ini merupakan hak khusus bagi seseorang dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Adapun sistem franchise berdasarkan Asosiasi franchise Indonesia adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa ke pelanggan dengan franchisor yang memberikan hak kepada individu atau badan usaha lain terkait penggunaan merek dagang, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Hak Dan Kewajiban Para Pihak Dalam Franchise

Dalam menjalankan bisnis franchise ada beberapa pihak yang harus menjalankan hak dan kewajiban sesuai kesepakatan yang dibuat sebelumnya. Misalnya franchisor atau sebagai pemilik dagang wajib memfasilitasi semua kebutuhan franchise seperti bahan baku, hingga pekerja. Sedangkan pihak franchisee atau pembeli franchise wajib menyetujui sistem bagi hasil yang diberikan oleh franchisor baik itu 50:50 atau 40:60 dan sebagainya. 

Ide Bisnis Franchise

Mungkin bagi orang awam seputar franchise ini muncul pertanyaan usaha apa saja yang bisa franchise? Berkaitan dengan ide bisnis franchise ini Anda perlu mengetahui passion Anda sendiri baik itu menjalankan bisnis usaha jasa ataupun berjualan produk barang.

Selain itu Anda perlu meneliti tentang kredibilitas dari produk franchise yang akan Anda pilih sudah terpercaya. Anda dapat melakukan riset melalui internet dan bertanya ke orang yang terpercaya. 

Untuk menjalankan sebuah bisnis franchise Anda memerlukan modal yang perlu Anda keluarkan. Sesuaikan dengan modal yang Anda miliki dalam membeli franchise. Jangan membeli franchise yang mahal karena kesuksesan dalam menjalankan bisnis adalah ditentukan dari kreatifitas dan inovasi dari pemilik bisnis franchise tersebut.

Dan juga yang terakhir adalah lokasi yang strategis adalah kunci sukses dalam menjalankan bisnis. Bayangkan Anda membuka usaha ditempat yang tidak strategis otomatis akan sepi pembeli, tentu hal ini tidak Anda ingikan bukan. Maka ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan acuan seperti di sekitar area kampus perguruan tinggi, ataupun di dekat pusat perbelanjaan. Namun hal ini memerlukan modal yang sedikit lebih besar berkaitan dengan sewa tempat di tempat yang ramai.

Franchise Terkini

Dalam mengikuti trend franchise di Indonesia masa kini ada beberapa ide bisnis franchise yang bisa Anda pertimbangkan mulai dari bisnis franchise makanan dan minuman, hingga franchise umum seperti jasa pengiriman, apotek, logistik, bengkel, hingga laundry sepatu.

Contoh Bisnis Franchise Di Indonesia

Untuk contoh ide bisnis franchise yang ada di Indonesia Anda dapat memilih bisnis makanan misalnya:

  • Franchise makanan Ayam goreng
  • Franchise makanan Kebab
  • Franchise makanan Pecel Lele
  • Franchise makanan snack Taiwan
  • Franchise makanan Crepes

Sedangkan contoh franchise minuman yang ada di Indonesia seperti:

  • Franchise minuman Minuman Teh
  • Franchise minuman Boba
  • Franchise minuman Minuman Mangga
  • Franchise minuman Kopi
  • Franchise minuman Minuman Coklat

Itulah pembahasan kita seputar apa saja ide bisnis franchise yang mungkin bisa memberikan Anda wawasan dan pertimbangan jika ingin membuka bisnis franchise ini. Semoga membantu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.