Rekomendasi Franchise yang Cocok untuk Memulai Bisnis

0

Memulai bisnis adalah sebuah keinginan bagi banyak orang, terlebih untuk kawula muda sekarang ini memulai bisnis adalah hal yang diinginkan karena pahamnya yang sangat kuat tentang berwirausaha. Semua itu memang tidak akan ada salahnya, namun yang perlu diketahui adalah franchise mana yang sekiranya cocok untuk memulai sebuah bisnis.

rekomendasi franchise
image source : bubblestranslation

Bagi Anda yang masih pemula dalam bidang bisnis, mungkin ini adalah tangangan yang berat mengingat mengelola sebuah bisnis bukan hal yang mudah. Namun, dengan Anda jika memilih rekomendasi franchise yang tepat, pastinya akan membuat bisnis franchise Anda menjadi lebih mudah untuk dijalankan dan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda tersebut.

Franchise Adalah

Mari mengenal terlebih dahulu pengertian franchise. Franchise atau franchise yang sering umum digunakan di Indonesia, adalah jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu (penerima franchise) tetapi diberi merek dan diawasi oleh perusahaan yang jauh lebih besar. Ini biasanya nasional atau multinasional (pemberi franchise).

Ketika Anda membeli hak untuk membuka jenis bisnis ini, Anda membeli hak untuk menggunakan model dan sistem bisnis yang telah terbukti.

Apa Itu Sistem Franchise

Dari pengertian franchise diatas, terdapat pembahasan dimana ada sistem bisnis yang sudah terbukti. Namun, sebenarnya apa yang disebut dengan sistem franchise?

Sistem bisnis franchise bisa berkaitan dengan harga, produk, dan teknik pemasaran yang telah terbukti. Anda juga membeli hak atas merek: Anda mendapatkan akses penuh ke materi merek dagang perusahaan termasuk logo, slogan, dan papan nama, pokoknya apa pun yang berkaitan dengan merek.

Kerjasama antara keduanya (pemilik dan pembeli franchise) memang saling harus berkaitan terkait dengan izin. Ada Batasan-batasannya juga yang membuat franchise ini masih dikontrol dari pemilik franchise.

Contoh Sistem Franchise

Dalam menjalankan bisnis franchise, terdapat sistem franchise yang perlu untuk Anda ketahui, seperti yang sudah disebutkan diatas adalah pengertian dari sistem sebuah franchise. Namun, bagaimana contohnya?

Franchise adalah hubungan bisnis antara dua entitas di mana satu pihak mengizinkan pihak lain untuk menjual produk dan kekayaan intelektualnya. Misalnya, beberapa rantai makanan cepat saji seperti Pizza Hut dan McDonalds beroperasi di Indonesia melalui waralaba.

Ide Franchise

Berpikir untuk berbisnis franchise? Dalam bisnis ini memang tidak akan ada yang namanya berhenti dalam inovasi. Ada banyak sekali bisnis franchise yang sekarang ini menjamur di berbagai sudut kota. Siapapun memang bisa memilikinya. Maka dari itu, ini merupakan hal yang menguntungkan bagi Anda yang ingin memulai dalam berbisnis.

Rekomendasi franchise bisa terdiri dari beberapa ide mulai dari makanan dan minuman, jasa, minimarket, elektronik, produk siap jual, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa ide franchise yang perlu Anda ketahui.

Franchise untuk Pemula 

Untuk seorang pemula dalam bidang bisnis terlebih dalam bidang franchise, memilih franchise dengan biaya awal atau modal yang murah adalah pilihan yang tepat. Ini sangat cocok dan merupakan rekomendasi franchise yang tepat untuk Anda.

Berikut ini adalah beberapa franchise yang cocok untuk pemula:

Nyoklat Kress – Rp2,9 juta

Nyoklat Kress merupakan waralaba minuman coklat dengan varian rasa dan krispi di dalamnya. Franchise murah ini menawarkan Sembilan rasa dari original chocolate, chocolate banana, chocolate hazzlenut, chocolate tiramisu, chocolate milk, chocolate oreo, chocolate cake, chocolate cappuccino dan chocolate mocha. 

Jagung Susu Keju (JaSuKe) – Rp2,05 juta

Jasuke telah menjadi makanan ringan favorit masyarakat lokal semenjak dulu dan dapat ditemukan hampir dimana saja. Harga jual jagung manis susu keju amat terjangkau merupakan Rp3000 sampai Rp5000.  Meskipun harga yang murah, namun bisa mendapatkan profit yang cukup baik dengan modal yang minim.

 Roti Bakar Nusantara – Rp2 juta

Roti bakar merupakan kuliner kegemaran masyarakat Indonesia. Melihat kondisi hal yang demikian, Roti Bakar Nusantara mendirikan bisnis franchise mereka dengan harga terjangkau. Paket usaha RBN dapat dilakukan dengan modal Rp2 jutaan. 

Cappucino Cincau Tempo Doeloe – Rp2 juta

Franchise yang berasal dari Gresik ini menawarkan biaya franchise murah dari Rp2 juta, walaupun demikian paket hal yang demikian tidak datang dengan gerobak, mitra cuma mendapatkan spanduk.

Contoh Usaha Franchise di Indonesia

Kita tahu bahwa KFC, McDonalds, Pizza Hut, merupakan sebuah franchise multinasional. Memang mereka ini adalah franchise yang bisa dikatakan sangat besar yang memang kurang cocok untuk pemula, terlebih modal awalnya tentu sangat mahal.

Jika ingin mencari rekomendasi franchise yang murah dan pastinya cocok untuk memulai sebuah bisnis, berikut ini adalah contoh usaha franchise di Indonesia yang mungkin cocok untuk Anda.

Sabana Fried Chicken

Kalau yang ini memang sudah tidak diragukan lagi jika merupakan salah satu franchise makanan yang paling laris di Indonesia.

Mengapa bisa sangat laris? Walaupun modalnya terbilang murah, franchise ini terbilang memiliki omset yang cukup tinggi, merupakan Rp20 juta per bulannya jika Anda berhasil.

Martabak San Fransisco

Ada Martabak San Fransisco yang menjadi pilihan yang menarik. Walaupun memang ini merupakan franchise yang bisa dibilang tidak murah karena modal awalnya 90 juta. Tapi, untuk profit jangan diragukan lagi.

Martabak ini sangat terkenal di Bandung dan sudah ada sejak tahun 1965. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa sampai 30 juta perbulannya loh!

Bakso Benhil 

Pernah dengar Bakso Benhil? Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya karena ini merupakan salah satu franchise yang seringkali ditemukan di berbagai media cetak atau elektronik.

Sebagai mitra Bakso Benhil, Anda akan dikasih pelatihan dalam menentukan layout rumah makan, pelayanan, harga, perhitungan keuntungan, sampai strategi promosi.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.