Hadiah Yang Gokil di Hari Perempuan Untuk Ibu, Pacar, Saudara, Teman

0

Hari perempuan internasional jatuh pada tanggal 8 Maret – Lalu apa yang patut dirayakan pada hari perempuan ini? Tampaknya ada banyak hal, antara lain adalah mengangkat isu-isu yang terkait dengan perempuan, seperti kesetaraan gender, kekerasan dalam rumah tangga dan pemerkosaan. Nah sebelum masuk ke hal tersebut, mari kita simak terlebih dahulu sejarah dari peringatan ini.

 

Peringatan Hari Perempuan Pertama

Peringatan hari perempuan pertama diselenggarakan pada 28 Februari 1909 di New York. Acara ini diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika dalam memperingati mogok kerja Serikat Pekerja Garmen Perempuan Internasional pada tahun 1908.

Rapat Umum Sosialis Internasional Kedua

Pada Agustus 1910, Konferensi Wanita Internasional diselenggarakan untuk mengawal rapat umum Sosialis Internasional Kedua di Kopenhagen, Denmark. Luise Zietz, seorang sosialis Jerman yang terinspirasi oleh sosialis Amerika mengajukan penyelenggaraan Hari Perempuan Internasional tahunan. Dia dibantu oleh rekan sesama sosilais dan pemimpin komunis Clara Zetkin. Namun tak ada disebutkan tanggal dari konferensi tersebut. Para delegasi yang terdiri dari 100 perempuan dari 17 negara menyetujui gagasan tersebut sebagai strategi untuk mempromosikan kesetaraan hak, termasuk hak pilih untuk perempuan.

Perayaan Hari Perempuan di Berbagai Negara Eropa

Pada tahun berikutnya, pada 19 Maret 1911, Hari Perempuan Internasional dirayakan pertama kalinya oleh lebih dari sejuta orang di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss. Di Kekaisaran Austria Hungari sendiri ada 300 demonstrasi. Di Wina, para perempuan melakukan pawai di Ring Road membawa spanduk menghormati martir dari Komune Paris. Para perempuan tersebut menuntut diberikan hak pilih dan menjalankan kantor publik. Mereka juga memprotes diskriminasi seks. Amerika terus merayakan hari perempuan nasional pada hari Minggu terakhir di bulan Februari. Pada tahun 1913, perempuan Rusia merayakan Hari Perempuan Internasional mereka pada hari Sabtu terakhir pada bulan Februari.

Kendati ada beberapa mogok kerja, pawai dan protes lainnya yang dipimpin oleh perempuan, sebelum tahun 1914 tak ada yang dilakukan di 8 Maret. Nah pada tahun 1914 Hari Perempuan Internasional diselenggarakan pada 8 Maret. Mungkin karena saat itu hari Minggu. Dan saat ini peringatan ini selalu diselenggarakan pada tanggal 8 Maret di semua negara. Pada tahun 1914, di Jerman perayaan ini didedikasikan untuk hak perempuan untuk memilih. Sayangnya perempuan Jerman tidak menang sampai tahun 1918.

Di London, ada pawai dari Bow ke Trafalgar Square demi mendukung hak pilih perempuan pada 8 Maret 1914. Sylvia Pankhurst ditangkap di depan stasiun Charing Cross saat perjalanan untuk berbicara di Trafalgar Square.

Pada tahun 1917 perayaan Hari Perempuan Internasinal di Saint Petersburg pada Kamis terakhir bulan Februari, jika menggunakan kalender Gregorian tanggal tersebut jatuh di 8 Maret. Perayaan tersebut mengawali Revolusi Februari. Para perempuan di Saint Petersburg melakukan mogok kerja menuntut pemberhentian Perang Dunia I, mengakhiri kekurangan pangan Rusia dan mengakhiri tsar.

Leon Trotsky menulis bahwa 23 Februari (8 Maret) adalah Hari Perempuan Internasional dan diramalkan ada rapat dan aksi. Tetapi kami tak membayangkan bahwa hari perempuan ini akan mengawali revolusi. Aksi revolusi telah diramalkan tetapi tanpa tanggal. Tetapi di pagi hari, meskipun perintah bertentangan, para buruh tekstil meninggalkan pekerjaan mereka di beberapa pabrik dan mengirim delegasi untuk meminta dukungan mogok kerja.. yang mengarah ke mogok kerja.. semua orang turun ke jalanan.

Perayaan Hari Perempuan oleh Negara Komunis dan Sosialis

Dari revolusi Soviet tahun 1917 hari raya ini biasanya diperingati di negara-negara komunis dan sosialis. Hari tersebut dirayakan oleh komunis Cina dari tahun 1922 dan komunis Spanyol dari tahun 1936. Setelah pendirian Republik Rakyat Cina pada 1 Oktober 1949, para 23 Desember dewan penasehat negara memproklamirkan bahwa 8 Maret disermikan menjadi hari libur resmi di Cina dengan memberikan libur setengah hari.

Hari Perempuan  PBB

Di barat, Hari Perempuan Internasional pertama kali diperingati menjadi acara yang populer setelah tahun 1977 di mana Majelis Umum PBB mengundang negara-negara anggota untuk memproklamasikan 8 Maret sebagai Hari PBB untuk hak perempuan dan perdamaian dunia. Tetapi para perempuan yang berasal dari Eropa Timur di Amerika Utara merayakan Hari Perempuan Internasional ini puluhan tahun lebih dahulu. Selama Perang Dunia II, beberapa negara barat menandai tanggal ini dengan menekankan kontribusi perempuan pada perjuangan perang dan untuk mengalahkan fasisme.

Melanjutkan Perjuangan Perempuan

Dengan menelaah perjuangan perempuan demi mencapai kesetaraan hak dan mendapatkan hak pilih, tentu kita dapat lebih memahami betapa beratnya posisi perempuan di masa lalu. Perjuangan pun belum berakhir, masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, contohnya adalah pelecehan seksual di tempat kerja atau di tempat umum, kekerasan dalam rumah tangga, pemerkosaan dan masih banyak lagi. Perjuangan masih panjang.

Tentu perayaan hari perempuan saat ini tetap harus mengusung hal-hal penting yang patut diperjuangkan. Perjuangan perempuan lebih berat ketimbang perjuangan seorang artis memilih jenis bulu mata palsu apa yang akan digunakan untuk tampil di muka umum.

Esensi perjuangan memang hal yang penting. Namun jika memang tetap ingin tampil cantik dalam rangka merayakan hari perempuan ini pun tak ada salahnya sih. Seperti dengan mencocokkan warna lipstik matte dengan busana kerja yang dikenakan.

Hadiah / Kado Menyambut Hari Perempuan 2017

Hadiah Yang Gokil di Hari Perempuan Sedunia Untuk Ibu, Pacar, Saudara, Teman

Menyambut hari perempuan rasanya kurang tepat jika tidak memberikan sesuatu yang berkesan/bermakna bagi seseorang yang di-hati, ibu contohnya, atau kekasih. Nah berikut beberapa pilihan produk yang bisa anda gunakan sebagai hadiah di hari perempuan yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2017 ini.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.