Harga Gula Dipercaya Naik hingga Ramadan 2022, Ini kata IKAPPI.

0

Harga gula pasir di pasaran kini mencapai Rp 14.000 per kg. Abdullah Mansuri, selaku Ketua IKAPPI atau Ikatan Pedagang Pasar Indonesia menuturkan bahwa mulai terjadi kenaikan harga komoditas gula di pasar tradisional. Kenaikan ini masih tergolong fluktuatif, namun tingkat harga gula saat ini sudah cukup tinggi.

Harga Gula Dipercaya Naik Hingga Ramadan 2022. (*dik: Ralali.com)

“Memang belum ada kenaikan signifikan masih sekitar Rp 14.000 per kilogram (kg), tapi menurut kami ini tinggi,” jelas Abdullah Mansuri, selaku Ketua IKAPPI atau Ikatan Pedagang Pasar Indonesia saat melakukan interview dengan Republika, Rabu (9/2/2022).

Dengan melihat pola pergerakan komoditas gula saat ini, IKAPPI mengaku belum dapat memprediksi apakah kenaikan harga gula pasir di pasaran akan terus meningkat hingga Ramadan mendatang. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia sebentar lagi akan memasuki Ramadan pada awal April nanti, dimana biasanya harga pangan pasti meningkat.

Menanggapi hal tersebut, Abdullah Mansuri menambahkan bahwa pihaknya belum melakukan cek secara detail terkait hal tersebut, namun ia memastikan sejauh ini kenaikan harga komoditas rata-rata masih belum konsisten.

Melansir data dari PIHPS atau Pusat Informasi Harga Pangan Strategis, terpantau rata-rata harga gula Rabu (9/2/2022) mencapai Rp 15.550/kg, lebih tinggi 24,4% dari harga acuan pemerintah yakni sebesar Rp 12.500/kg.

Isy Karim, Direktur Bahan Pokok dan Penting Kementerian Perdagangan (Kemendag) memaparkan bahwa hasil pemantauan laporan pabrik gula BUMN dan juga swasta, total stok gula mencapai 689.463 ton per akhir pekan pertama di Januari 2022. Jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan selama 2,65 bulan. Sementara itu, sejumlah pabrik gula baru akan melakukan giling di Mei mendatang, sehingga diperkirakan akan masuk pasar pada bulan Juni. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kenaikan harga komoditas gula apabila tidak melakukan importasi gula sebagai tindakan antisipasi awal.

“Memang, akan terjadi potensi kenaikan harga menjelang Ramadhan dan Lebaran apabila pasokan gula impor tidak segera masuk pasar,” ujar Isy Karim.

Sejak awal tahun, Kementerian Perdagangan telah menetapkan Persetujuan Impor (PI) gula mentah yang akan mulai direalisasikan pada awal Februari. Isy Karim menambahkan dengan begitu, potensi kekosongan gula sebelum masuk musim giling pun tidak akan terjadi.

Temukan harga gula pasir terlengkap dan termurah dengan kualitas terbaik hanya disini. Dapatkan penawaran harga grosir gula pasir terbaik dalam pembelian jumlah banyak. Borong kebutuhan usahamu hanya di Ralali.com. Yuk, bikin cuanmu makin maksimal!

Daftar Harga Gula Pasir Populer Di Ralali.com

  1. ROSE BRAND Gula Pasir Putih 1 Kg Rp 10.000
  2. SANIA Gula Pasir 1 Kg Rp 11.300
  3. Gula Pasir PSM 1 Kg Rp 12.000
  4. Gula Pasir Curah Pack 1 Kg Rp 12.000
  5. Gula Pasir Gunung Madu 1 Kg Rp 12.500
  6. Gula Pasir 1 Kg Rp 12.500
  7. GULAKU Gula Pasir Premium 1kg Rp 13.000

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.