Hati-hati! Jangan Asal Pilih Oli

1

Hati-hati! Jangan Asal Pilih Oli

Minyak pelumas mesin atau lebih dikenal dengan oli mesin merupakan cairan fluida yang berfungsi melindungi mesin ketika bekerja, menghindari kerusakan mesin ketika dijalankan, agar performa mesin lebih maksimal dan lainnya.

Oli terbagi menjadi tiga jenis, yaitu oli mineral, oli sintetis, dan oli semi sintetis. Oli mempunyai peran penting dalam performa sebuah kendaraan. Oli akan mengurangi gesekan yang terjadi antar logam atau komponen mesin sehingga mesin bergerak lebih halus.

Selain itu, oli pun berfungsi mencegah terjadinya korosi atau karat pada mesin kendaraan. Sebab oli ini mencegah reaksi oksidasi pada komponen mesin serta menghilangkan reaksi kimiawi dengan panas ketika terjadi proses pembakaran yang mana reaksi kimiawi dengan panas akan mengakibatkan korosi.

Melihat fungsi oli pada mesin sangat vital, maka sangat penting untuk menjaga kualitas oli yang dipakai pada kendaraan. Gantilah oli apabila sudah tidak layak pakai. Sebab oli yang sudah tidak layak pakai bisa merusak mesin kendaraan.

Dalam mengganti oli tidak bisa sembarang pakai, perhatikanlah kekentalan oli tersebut. Oli berkualitas bagus mempunyai kekentalan yang stabil atau mempunyai daya tahan terhadap suhu rendah ataupun tinggi.

Untuk mengetahui tingkat daya tahan oli terhadap suhu ialah dengan memperhatikan Society of Automotive Engineers (SAE) pada kemasannya. Jika pada kemasan tersebut tertulis SAE 5W-40, menunjukkan oli akan tetap mempunyai kekentalan 5 pada suhu rendah, serta akan tetap mempunyai kekentalan 40 pada suhu tinggi.

Semakin kecil kekentalan oli, maka akan semaki bagus pula kualitasnya. Misalnya, oli SAE 5W-30 lebih baik dari oli SAE 5W-40.

Apabila suhu cuaca dingin, maka diperlukan oli dengan tingkat kekentalan rendah atau oli dengan kode 5W. Misalnya negara dengan suhu dingin yang ekstrem seperti negara Prancis dan Swedia. Namun apabila suhu cuaca panas, maka diperlukan oli yang lebih kental. Di Indonesia sendiri lebih disarankan untuk memakai oli berkode SAE 15W-30. Penggunaan kekentalan oli yang tidak disesuaikan dengan suhu negara tersebut akan membuat oli tidak akan berfungsi atau tidak bekerja sama sekali.

Untuk melihat bermacam pelumas mesin, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual pelumas mesin berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Sugiono AP berkata

    pasti min. harus diperhatiin sih kalo pilih oli itu. aku tuh biasanya pake 10w-30 nya federal oil buat motor beatku hehehe. btw makasi min buat artikelnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.