Inilah 5 Bunyi Aneh di Mobil yang Harus Diwaspadai

0
Inilah 5 Bunyi Aneh di Mobil yang Harus Diwaspadai
Inilah 5 Bunyi Aneh di Mobil yang Harus Diwaspadai – www.obsev.com

Sikap acuh terhadap bunyi yang tidak normal pada kendaraan merupakan salah satu kesalahan yang bisa berdampak buruk.

Banyak pengendara tidak melakukan pengecekan apapun meski selalu mendengar bunyi yang tidak normal sewaktu mengendarai kendaraannya. Padahal bunyi tersebut bisa menjadi tanda bahwa terdapat ancaman kerusakan yang lebih serius pada kendaraan. Jika kita mendengar bunyi yang tidak normal pada kendaraan segera lakukan pemeriksaan.

Lantas seperti apa saja bunyi-bunyi tersebut yang harus diwaspadai? berikut ulasannya.

5 Bunyi Aneh di Mobil yang Harus Diwaspadai

1. Bunyi dengung di mesin

Apabila mendengar bunyi dengung di mesin jangan didiamkan saja, apabila didiamkan begitu saja bisa berdampak pada Water pump serta alternator atau dinamo ampere yang bisa menyebabkan mesin overheating ataupun aki tidak memperoleh pengisian arus yang nantinya akan menyebabkan mogok.

2. Bunyi dengung di roda

Penyebabnya bisa terjadi ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi yaitu di atas 40 kilometer per jam. Periksalah bagian kaki-kaki mobil terutama bagian bearing roda. Bisa saja bearing roda sudah aus dan harus diganti.

3. Bunyi berisik seperti logam bertubrukan di bagian depan

Bunyi ini terdengar sewaktu kendaraan melalui permukaan jalan yang rusak atau berlubang. Periksalah bagian kaki-kaki kendaraan terutama bagian tierod serta endrod. Kemungkinan besar komponen tersebut sudah aus atau tidak presisi lagi sehingga menimbulkan bunyi ketika mobil dioperasikan.

4. Bunyi kasar di mesin saat AC dihidupkan

Apabila mendengar bunyi kasar di mesin ketika AC dihidupkan, periksalah bagian kompresor AC. Kemungkinan terdapat bearing kompresor AC yang rusak maupun oli kompresor bermasalah seperti terdapat kebocoran. Apabila hal seperti ini dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan kerusakan pada bagian kompresor itu sendiri.

5. Bunyi kasar seperti dua logam berbenturan

Bunyi seperti ini biasanya terdengar sewaktu gas dihentakkan. Masalah seperti ini biasanya terjadi pada kendaraan bersistem penggerak roda belakang. Periksalah bagian propeller shaft (kopel), kemungkinan Cross Joint sudah aus atau pecah. Tidak hanya menimbulkan bunyi kasar, dampak lain ialah bodi mobil akan bergetar terlalu keras.

Itulah 5 bunyi aneh yang harus di waspadai. Bunyi aneh tersebut bisa menjadi tanda bahwa terdapat ancaman kerusakan yang lebih serius pada kendaraan. Segera lakukan pemeriksaan. Apabila terdapat komponen yang sudah tidak layak pakai maka gantilah dengan komponen baru. Jika dibiarkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Jual Aksesoris Mobil dan Motor

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar