Ini Akibatnya Jika Mengabaikan Kondisi Ban

0
Kondisi Ban
Ini Akibatnya Jika Mengabaikan Kondisi Ban – Image: www.firstonline.info

Jangan pernah menyepelekan kondisi ban, sebab ban merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan. Sebelum kendaraan digunakan untuk touring ataupun hanya sekedar beraktivitas sehari-hari saja, sebaiknya periksalah terlebih dahulu ban kendaraan Anda.

Kondisi ban pada kendaraan berperan penting pada keselamatan dalam berkendara. Ban kendaraan yang kondisinya tidak layak pakai berpotensi besar terjadinya kecelakaan.

Saat ini kondisi ban kendaraan yang tidak layak pakai, menempati urutan ketiga penyebab kecelakaan, terlebih di musim hujan. Maka dari itu janganlah menyepelekan ban kendaraan. Apabila disepelekan, bisa jadi nyawa taruhannya.

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa ban hanyalah berperan sebagai pelengkap kendaraan saja. Padahal sebenarnya ban pada kendaraan mempunyai fungsi yang cukup vital. Salah satunya ialah sebagai penyangga beban kendaraan.

Ban yang sudah aus, ketika menahan beban kendaraan maka ban sangat mudah retak. Apabila kondisi seperti demikian diabaikan, sewaktu-waktu ban bisa meledak dan pada akhirnya terjadi kecelakaan.

Tidak hanya berfungsi sebagai penahan beban kendaraan saja, namun ban pun mempunyai fungsi sebagai pengereman. Daya pengereman pada kendaraan tidak hanya diberikan oleh bagian rem saja, namun juga karena ban yang ‘menggigit’ jalur yang dilalui ketika pengemudi mengerem kendaraan.

Ban yang sudah aus tidak dapat ‘menggigit’ jalur, secara otomatis tidak akan memberi respons pengereman yang baik.

Jadi, tidak hanya rem saja yang membuat kendaraan berhenti, namun juga kondisi ban kendaraan tersebut. Ban yang halus atau botak akan mengakibatkan kecelakaan.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, sebelum melakukan perjalanan sangat disarankan untuk selalu memeriksa kondisi ban. Apabila ban sudah tidak layak pakai, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Jual Ban

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.