11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui

15

Sebagai negara maju, produsen produk industri kian merebak termasuk vacuum cleaner, meski belum menyeluruh namun penggunaan alat penyedot debu ini kian banyak diminati, tertutama kaum urban di ibu kota Negara bekembang yang memiliki aktivitas tinggi dan lebih menyukai kepraktisan dalam mengerjakan perkerjaan rumah.

Baca juga : Vacuum Cleaner Berkualitas Dengan 7 Kali Penyaringan

Nah, seperti apa perangkat praktis untuk membersihkan kotoran dan debu dalam dan luar ruang? Berikut adalah beberapa jenis vacuum cleaner yang perlu Anda ketahui;

11 Jenis Vacuum Cleaner

1. Upright

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Jenis-Penyedot-Debu-Upright

Jenis ini banyak digunakan dalam membersihkan lantai ruangan yang memiliki lapisan karpet, karena semua bagian menyatu, mulai dari penghisap yang ada di bagian paling bawah dan menempel dengan lantai, bagian penyaring dan pegangan untuk mengarahkan bagian mana yang belum dibersihkan.

Desain upright lebih pas untuk membersihkan ruangan lapang tanpa banyak perabot karena bentuknya sederhana dan memiliki corong penghisap lebar di bagian bawah.

2. Canister

Jenis-Penyedot-Debu-Upright
Canister-Penyedot-Debu

Jenis vacuum cleaner ini cukup fleksibel, berbeda dengan jenis Upright yang tidak memiliki pipa sebagai penyedot agar mempermudah bagian tersembunyi untuk dibersihkan.

3. Drum

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Jenis Drum

Penyedot debu tipe ini juga memiliki tingkat fleksibiltas jangkauan mirip dengan canister, hanya saja bentuk tabung sebagai tempat untuk menyaring debu menyerupai bentuk sebuah drum namun berukuran kecil.

4. Wet/dry

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Jenis-Wet-and-Dry

Untuk vacuum cleaner jenis ini lagi-lagi memiliki bentuk yang mirip dengan alat hisap canister serta drum, hanya saja teknologi yang diadopsi oleh jenis ini memiliki kemampuan menghisap lebih kuat atau bisa dioperasikan saat keadaan basah atau kering.

Artinya bagian filternya telah dilengkapi teknologi sedemikian rupa agar lebih kuat dibanding dengan jenis lain yang mampu menghisap kotoran atau debu pada lantai serta karpet disaat kering.

5. Pneumatic

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Penyedot-Debu-Pneumatic

Ini tak jauh beda dengan Wet/ Dry Vacuum Cleaner karena jenis ini juga memiliki kemampuan menghisap debu atau kotoran ketika lantai atau karpet saat basah dan kering. Produk ini sepertinya cocok untuk perusahaan industri manufaktur.

6. Backpack

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Backpack-Penyedot-Debu

Seperti nama yang dimiliki, maka jenis ini merupakan jenis portable yang bisa digendong belakang tanpa menggunakan kabel, namun sebelumnya lakukan pengisian baterai agar kinerja makasimal dalam melakukan pemberishan debu di bagian atap atau gorden yang tidak terjangkau ketika menggunakan jenis upright atau canister. Biasanya ini digunakan oleh jasa pembersih rumah yang mampu membersihkan semua sudut rumah, mulai dari lantau, hingga eternity.

Jual Vacuum Cleaner
Jual Vacuum Cleaner

7. Hand-held

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Jenis-Hand-held

Nah, inilah jenis vacuum cleaner yang juga kerap disukai oleh pemilik pengendara yakni jenis handheld, yang mana alat ini mampu membersihkan sudut sempit dan tak terjangkau karena ukuran yang dimiliki juga kecil dan mudah dipindah atau dijinjing ketika sedang membersihkan. Hanya saja daya hisap yang dimiliki tak sekuat alat penyedot debu jenis drum, canister ataupun pneumatic.

8. Robotic

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Penghisap-Debu-Robotic

Semakin canggih tekologi maka beberapa vendor industri juga tak mau kalah untuk melakukan inovasi teknologi, termasuk untuk penyedot debu. Kini tersedia jenis penyedot debu jenis robotic yang cara kerjanya hampir 90% dikontrol dengan digital atau remote control.

9. Cyclonic

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Cyclonic-Dust-Cleaner

Yang juga tak kalah canggih adalah jenis ini, karena sistem penghisap yang dimiliki agak berbeda dengan penghisap debu konvensional. Sistem kerja mekanisnya memiliki teknologi hisap yang mereduksi partikel debu menjadi lebih minim kotoran yang tersaring.

Hanya saja jenis ini jarang digunakan karena harga penyedot debu yang satu ini cukup mahal dibandingkan dengan tipe vacuum cleaner lain.

10. Central Built-In

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Central-Built-In-Penyedot-Debu

Jenis ini biasanya banyak digunakan oleh negara maju, pasalnya penggunaan alat penghisap debu ini dipasang langsung saat instalasi rumah dan biasanya berbarengan dengan soket listrik agar mempermudah pengunaan (built-in).

Cara kerja built-in ini langsung dicolokkan pada panel listrik yang terhubung dengan pipa instalasi setiap sudut rumah dan terhubung dengan penyaring central yang dipasang di bagian tertentu. Jenis ini belum banyak digunakan apalagi di Indonesia.

11. Constellation

11 Jenis Vacuum Cleaner Yang Perlu Anda Ketahui
Constellation-Penyedot-Debu

Sebagai urutan paling akhir, fungsi kerja penyedot debu tak berbeda dengan jenis lainnya, hanya bentuknya saja yang berbeda dengan lainnya. Agak lebih bundar namun sistem kerja nya tak ubahnya seperti jenis canister.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian penyaring debu dari vacuum cleaner yang terdapat pada bagian dalam atau sekitar pangkal pipa penyaring, jangan biarkan kotoran tersebut mengendap ketika alat ini tidak digunakan.

Baca juga : Tips Merawat Vacuum Cleaner Agar Tidak Mudah Rusak

Biasakan membersihkan bagian tersebut sebelum menyimpan kembali, karena kotoran atau debu yang mengendap bisa mengantarkan penyakit.

Jual Vacuum Cleaner
Jual Vacuum Cleaner

Daftar Brand Nama Merk Vacuum Cleaner

Harga Vacuum Cleaner Mulai 200 ribuan merek Idealife sampai jutaan rupiah.

Untuk rekomendasi vacuum cleaner yang bagus, kembali lagi tergantung kebutuhan anda dalam menggunakan vacuum cleaner tersebut, apakah tujuannya untuk area yang sempit atau luas ?. Jika sempit tidak lebih dari 1 meter luasnya, anda bisa menggunakan vacuum cleaner mini. Sedangkan jika lebarnya lebih dari 1 meter bisa menggunakn vacuum cleaner yang besar dengan harga di atas 1 jutaan.

Beli Vacuum Cleaner Harga Diskon Disini

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat
15 Komen
  1. cuci sofa jakarta berkata

    makasih info nya bermanfaat sekali
    kalau untuk corong vacum cleaner apa nama nya ya?
    mohon info nya

    1. ahmad Vei berkata

      Itu namanya Nozzle 🙂

  2. Erwin berkata

    thanks for infonya, kalau untuk vacuum cleaner yang daya sedotnya paling kuat jenis/type apa ya karena punya merek M****a tidak kuat untuk menyedot jenis kotoran yang ada di karpet akhirnya disapu kasar baru hilang. Mohon infonya, harga berapa dan beli dimana ?

    1. Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Untuk beragam vacuum cleaner bisa di beli di Ralali.com, apabila bingung untuk memilih produk mana yang terbaik dan ingin mengetahui lebih detail silahkan hubungi :

      Call Center Ralali.com: 021-3005 2777 / 085100316506
      Email: [email protected]
      Line: @ralalicom

      Bisa pula kirimkan nomor telepon Anda di kolom komentar ini atau kirim ke email saya di [email protected]

      Selanjutnya tim kami akan menghubungi Anda.

      Terima Kasih

  3. setia irawan berkata

    vacum cleaner yg kecil daya sedot tinggi wet & dry buat rumah dengan komsumsi acc apa ya dengan harga yg super murah jg kwalitas yg ok?
    terima kasih.

    1. Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah membaca artikel ini.

      Apabila ingin membeli vacuum cleaner. di Ralali.com tersedia vacuum cleaner dengan beragam merek, jenis, berkualitas dan harga terjangkau.

      Untuk informasi lebih detail mengenai vacuum cleaner bisa menghubungi :
      Ralali Center: 021 – 3005 2777
      E-mail : [email protected]

      Atau bisa pula tinggalkan nomor Telepon yang bisa dihubungi di komentar ini atau ke email saya [email protected] . Selanjutnya tim Ralali.com akan menghubungi bapak.

      Terima kasih.

  4. Arif Subagyo berkata

    Saya butuh Vacuum Cleaner, yang bisa juga dipakai untuk membersihkan lantai keramik (menyapu ).
    Type apa yang direkomendasikan ?
    Thanks n Rgds

    1. Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Untuk beragam vacuum cleaner bisa di beli di Ralali.com, apabila bingung untuk memilih vacuum cleaner mana yang terbaik dan ingin mengetahui lebih detail silahkan hubungi :

      Call Center Ralali.com: 021-3005 2777
      Email: [email protected]

      Atau bisa pula tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi di komentar ini atau ke email saya [email protected]

      Selanjutnya tim Ralali.com akan menghubungi bapak.

      Terima kasih.

  5. Mas Nur berkata

    min kalo ralali punya yang robotic gak? harga kisaran berapa ya?

    1. Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Untuk vacuum cleaner robotic untuk saat ini di display website belum tersedia, namun bapak bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi:

      Call Center Ralali.com: 021-3005 2777 / 085100316506
      Email: [email protected]
      Line: @ralalicom

      Bisa pula kirimkan nomor telepon bapak di kolom komentar ini atau kirim ke email saya di [email protected]

      Selanjutnya tim kami akan menghubungi bapak.

      Terima Kasih

  6. yoan sinaga berkata

    sya punya vacum cleaner tapi tidak bisa nyala juga.vacum cleaner yg sya pakai wat nya 2000 tapi listrik yg sya gunakan wat 1300 ..
    mohon bantu jawab karna sya tidak bsa memakai nya

  7. […] keadaan seperti demikian, maka ada baiknya usaha laundry mempunyai mesin penyedot debu agar hasilnya benar-benar bersih dari debu dan tentunya pelanggan pun akan merasa puas dengan […]

  8. […] Jika ternyata Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan semua area di dalam rumah Anda, maka akan sangat tepat jika Anda menggunakan peralatan pendukung untuk hal tersebut, yakni dengan menggunakan alat penyedot debu. […]

  9. Riri berkata

    Mau tanya, kantor saya habis kebakaran debunya banyak menempel di dinding dan plafond karna kebetulan kebakarannya tidak merusak dinding dan plafond hanya banyak menimbulkan debu hitam yang tebal. kira-kira vacum yang cocok untuk menyedot debu di dinding dan di plafond agar waktu di cat ulang bisa tetap bagus apa ya? saya bingung menentukannya harus membeli vacum yang seperti apa. Mohon bantu jawab ya terimakaish

    1. Muamar Angga berkata

      Mungkin bisa menggunakan jenis no 4. wet /dry atau nomor 5. pneumatic yang daya sedotnya lebih kuat. Untuk kedua jenis tersebut bisa Anda beli barangnya disini -> https://www.ralali.com/c/vacuum-cleaner-accessories-hl1094
      Semoga bisa membantu yah ?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.