Inilah Dampak dari Tekanan Ban Terlalu Tinggi dan Rendah yang Wajib Diketahui

0
Dampak dari Tekanan Ban Terlalu Tinggi dan Rendah
Dampak dari Tekanan Ban Terlalu Tinggi dan Rendah

Setiap kendaraan mempunyai karakter tekanan ban yang berbeda, menyesuaikan bentuk, ukuran, bobot serta fungsi kendaraan yang ditopangnya. Standar ukuran ban setiap produsen pun berbeda-beda, semuanya mempunyai standar ukuran tersendiri.

Memeriksa atau Mengukur tekanan ban adalah hal yang tak boleh dianggap sepele, sebab mempunyai pengaruh besar terhadap kenyaman berkendara. Selain itu, melakukan pemeriksaan tekanan ban pun bertujuan untuk menjaga performa kendaraan supaya tetap maksimal.

Menyepelekan tekanan ban bisa menyebabkan sejumlah kerugian, antara lain kerugian secara materi, hilangnya sensasi berkendara yang tenang, dan kerugian yang paling parah yakni mengancam keselamatan si pengendara itu sendiri.

Tekanan ban kendaraan tidak boleh terlalu tinggi dan tidak oleh terlalu rendah. Keduanya mempunyai beberapa kerugian, berikut ulasannya.

Dampak dari Tekanan Ban Terlalu Tinggi dan Rendah

Tekanan Ban Terlalu Tinggi

Tekanan ban terlalu tinggi ataupun berlebihan bisa memberikan efek kurang nyaman bagi pengendara sebab tekanan ban terlalu tinggi mempunyai tekstur yang keras sehingga sangat sensitif terhadap jalan yang dilalui. Selain itu, tekanan ban terlalu tinggi pun bisa menyebabkan kerusakan pada sejumlah bagian kendaraan dikarenakan getaran keras yang terjadi, kemudian ban dengan tekanan yang tinggi pun bisa mempercepat umur ban.

Kemungkinan yang paling buruk dari tekanan ban yang tinggi ialah meletus. Pada umumnya hal ini terjadi ketika cuaca sedang panas, dan temperatur aspal pun ikut memanas sehingga sewaktu beradu dengan ban yang bertekanan tinggi, maka gesekan yang terbentuk pun menjadi besar sehingga angin yang ada di dalam ban mendesak keluar dan akhirnya meletus.

Tekanan Ban Terlalu Rendah

Tekanan ban pun tidak boleh terlalu rendah, sebab bisa mempercepat terjadinya aus pada ban. Dampak yang terburuk yaitu pecahnya ban, dan kerusakan velg. Selain itu, ban dengan tekanan rendah pun membuat aktivitas mengendarai menjadi lebih berat, alhasil kendaraan pun menjadi lebih boros bahan bakar.

Untuk mengukur tekanan ban bisa dilakukan dengan beragam cara, namun cara yang paling mudah dan cukup akurat yaitu dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin. Untuk memperoleh alat ini tidak sulit, alat pengukur tekanan angin sudah banyak di jual di berbagai tempat, salah satunya Ralali.com. Di Ralali.com jual alat pengukur tekanan angin dengan harga terjangkau dan berkualitas terbaik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.